Lembah Baliem dengan Tradisi yang Dipertahankan
Travel

7 wisata ini pasti bakal bikin kalian segera berangkat ke Papua.

WowKeren - Lembah Baliem merupakan tempat tinggal suku Dani, Tali dan Lali yang terletak di sekitar Pegunungan Jaya Wijaya. Lokasi ini berada di ketinggian 1.600 m di atas permukaan laut yang membuat suhu udara bisa mencapai 10-15 derajat Celcius saat malam hari.

Penduduk Lembah Baliem lebih tradisional dibandingkan Desa Wisata Sauwandarek. Mereka masih mengenakan pakaian tradisional berupa koteka bagi pria dan rok rumbai untuk perempuannya. Beberapa tradisi juga masih dijaga, lho. Seperti pesta bakar batu, mandi lumpur dan potong jari sebagai bentuk ungkapan sedih saat ada yang meninggal.

Jika berkunjung pada bulan Agustus, kalian dapat menyaksikan Festival Lembah Baliem. Festival ini sebenarnya adalah cara pemerintah untuk menghapus perang antar suku yang sering terjadi di sini dengan mengadakan pertunjukan seni dan budaya. Festival ini juga diadakan berdasarkan skenario. Biasanya skenario perang bermula dengan penculikan perempuan atau hewan ternak. Kemudian perang akan berlangsung dengan diawali tarian suku dan diiringi musik tradisional.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait