YouTuber Pemula Wajib Tahu! Ini 7 Aplikasi Edit Video Mudah Hanya di Ponsel
Tekno

Mau edit video mudah buat saluran YouTube kalian? Pakai aplikasi ini aja!

WowKeren - YouTuber merupakan salah satu "pekerjaan" impian anak mudah saat ini. Melalui YouTube, mereka bisa menuangkan kreativitas tak terbatas namun tetap mendapatkan penghasilan. Apalagi saat ini, YouTube tengah naik daun.

Sebelumnya, WowKeren telah membahas terkait kamera yang dapat digunakan. Rekomendasi kamera tersebut cocok untuk pemula lantaran mudah digunakan serta murah meriah. Untuk selengkapnya, kalian bisa simak di sini.


Namun, menjadi YouTuber tak hanya tentang kamera bagus. Kalian juga harus mengandalkan editing video. Agar penonton dapat menikmati hal karya kalian, tentu tampilan video harus bagus dan tidak membosankan.

Nah, berikut ini terdapat 7 aplikasi edit video yang mudah dan bisa kalian lakukan hanya lewat ponsel, lho. Mau tahu apa saja? Simak di bawah ini, yuk!

1. FilmoraGo, Mudah Banget untuk Digunakan


FilmoraGo, Mudah Banget untuk Digunakan

Aplikasi edit video pertama adalah FilmoraGo. Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur yang dapat kalian gunakan. Penggunaannya juga sangat sederhana dan tentu akan memudahkan kalian. Perlu kalian ketahui bahwa FilomoraGo berasal dari aplikasi dekstop yang bernama Wondershare Filmora.

Dalam aplikasi FilmoraGo, kalian dapat menggabungkan foto maupun video dalam satu kerangka. Pengguna juga dapat menambahkan musik, lho. Tentunya terdapat pengaturan suara seperti yang kalian inginkan, misalnya dengan mengecilkan dan mengeraskan musik tersebut.

Fitur lainnya yang terdapat dalam FilmoraGo adalah Text. Penambahan tulisan dalam vlog merupakan hal yang penting. Kalian bisa memanfaatkan template yang disediakan oleh FilmoraGo agar tidak tampak seperti tulisan biasa dan lebih bervariasi. Selain itu, FilmoraGo memiliki fitur lain seperti, tema, frame, overlays, filter dan lainnya.

2. PowerDirector untuk Edit Video di Ponsel


PowerDirector untuk Edit Video di Ponsel

Salah satu aplikasi edit video yang banyak diminati adalah PowerDirector. Keunggulan aplikasi satu ini adalah banyak fitur di dalamnya yang dapat digunakan secara gratis. Seperti diketahui, banyak aplikasi edit lainnya yang mengharuskan pengguna membeli beberapa fitur.

Nah, buat yang awam dalam editing video, kalian dapat memilih Quick Editing. Fitur ini membuat mengedit video bisa dilakukan lebih cepat dengan navigasi yang mudah dijangkau. Selain itu, terdapat Video Effect untuk menambahkan efek khusus pada video, seperti menambahkan audio dan transisi. Kalian juga bisa membuat gabungan gambar untuk dijadikan video, lho.

Fitur keren lainnya dalam PowerDirector, yakni Movie Maker. Pengguna dapat menikmati pengalaman membuat video seperti film. Mulai dari menambahkan soundtrack, suara sendiri dan mengedit volume musik yang ditambahkan. Lebih keren lagi, aplikasi satu ini punya fitur Slow Motion, lho.

3. KineMaster Bakal Bantu Kalian Edit Video di HP


KineMaster Bakal Bantu Kalian Edit Video di HP

KineMaster menghadirkan aplikasi edit video sekelas pro hanya dalam ponsel. Saat pertama kalian menggunakan aplikasi ini, kalian akan ditawarkan dua tipe project, yakni Project Assistant dan yang kedua Empty Project. Apa sih bedanya? Seperti namanya, Project Assistant akan menawarkan bantuan dengan rangkaian proses pembuatan video yang sistematis sehingga lebih mudah. Selain itu, Project Assistant akan membantu kalian mulai dari pemilihan video, tema, filter dan lainnya.

Fitur yang terdapat dalam KineMaster cuka cukup banyak. Salah satunya Tema, kalian akan diberi opsi Basic, Scene, On-Stage, Serene dan Travel. Kalian bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan, ya. Fitur seperti teks, audio, tool editing juga terbilang lengkap. Tertarik mencoba?

4. Edit Video Mudah? Coba Gunakan VivaVideo


Edit Video Mudah? Coba Gunakan VivaVideo

Kalian pasti sudah tidak asing dengan VivaVideo, kan? Video ini cukup jadi tren dikalangan anak muda untuk proses editing video lebih mudah. Apalagi aplikasi satu ini memiliki fitur menarik dan dapat diunggah secara gratis.

Salah satu keunggulan VivaVideo adalah untuk membuat storyboard. Jika kalian tidak tahu, storyboard merupakan sebuah video yang berisikan dialog atau teks sehingga nampak seperti komik yang sedang berjalan. VivaVideo mampu melakukannya dengan baik lantaran terdapat banyak pilihan kotak dialog dengan berbagai bentuk yang bisa ditempatkan dimanapun.

Selain itu, aplikasi ini dapat mengganti suara dalam video. Hal ini dapat dilakukan jika video yang direkam memiliki kualitas suara yang buruk. Kalian dapat menggantinya dengan musik lainnya.

5. Gunakan Adobe Premiere Clip untuk Edit Video di Ponsel


Gunakan Adobe Premiere Clip untuk Edit Video di Ponsel

Pernah tahu software edit video Adobe Premiere di PC, kan? Nah, Adobe menciptakan aplikasi tersebut agar dapat digunakan pada ponsel, yakni Adobe Premiere Clip. Pengguna Android maupun iOS bisa mengunggahnya secara gratis, lho.

Sama seperti KineMaster, saat menggunakan Adobe Premiere Clip, kalian akan diberi dua opsi yakni Automatis dan Freeform. Untuk Automatic, aplikasi ini akan meng-edit video yang kalian pilih. Kalian juga bisa memilih kecepatan dan musik yang diinginkan. Sementara Freeform, proses editing dapat kalian lakukan sendiri.

Adobe Premiere Clip juga memiliki fitur yang cukup lengkap. Selain itu, kalian dapat langsung membagikan video atau menyimpannya dalam gallery. Pengguna juga bisa menyimpan video dalam kualitas tinggi, yaitu 720 (HD) dan 1080 (FHD).

6. Splice dapat Membatu Edit Video dengan Mudah


Splice dapat Membatu Edit Video dengan Mudah

Splice merupakan aplikasi yang diperkenalkan oleh GoPro. Penggunaan aplikasi ini terbilang sangat mudah. Cocok banget buat kalian yang masih belajar untuk meng-edit vlog. Ada bergam fitur yang digunakan, mulai dari trim clips, filter, slow motion dan maish banyak lagi.

Selain itu, fitur audio dalam Splice juga sangat menarik. Kalian dapat menggunakan multiple track dan beragam suara latar belakang yang dapat dipilih. Kalian juga dapat memberikan efek suara atau rekaman sendiri pada bagian video yang diinginkan.

7. Edit Video Mudah dengan Movie Maker Filmmaker


Edit Video Mudah dengan Movie Maker Filmmaker

Aplikasi edit video mudah di ponsel yang terakhir adalah Movie Maker Filmmaker. Aplikasi ini mampu mengolah hasil rekaman dari ponsel kalian menjadi seperti kualitas film bioskop. Apalagi aplikasi ini memiliki fitur yang enggak kalah keren dari lainnya.

Tak hanya memotong atau menambahkan musik, kalian dapat memberikan filter pada video. Penggunaan filter tersebut mampu membuat tampilan gambar video lebih menarik. Selain itu, terdapat fitur seperti animasi teks, musik slideshow dan masih banyak lagi.

You can share this post!

Related Posts
Loading...