8 Tips Menyembuhkan Beseran yang Bikin Sering Buang Air Kecil
Health

Mengalami beser tentu tidak menyenangkan. Kalian harus bolak-balik toilet begitu sering bahkan pada malam hari ketika tidur. Istirahat pun menjadi tidak nyaman dan nyenyak.

WowKeren - Beser merupakan keinginan untuk buang air kecil yang sering terjadi seolah tidak ada habisnya. Seseorang yang mengalami beseran dapat buang air kecil hingga 8 kali sehari, lho.

Mengalami beser tentu tidak menyenangkan. Kalian harus bolak-balik toilet begitu sering bahkan pada malam hari ketika tidur. Istirahat pun menjadi tidak nyaman dan nyenyak.


Nah, berikut 8 cara untuk mengatasi beser agar tidak sering buang air kecil. Simak di bawah ini!

(wk/nris)

1. Hindari Makanan Pedas dan Asam


Hindari Makanan Pedas dan Asam

Jika kalian mengalami beser, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan yang asam dan pedas. Jenis makanan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kandung kemih membuat gejala inkontinensia lainnya menjadi lebih buruk. Buah-buahan seperti jeruk, nanas, tomat dan lainnya akan membuat kalian pipis lebih sering.

Kalian juga memerlukan asupan serat yang cukup. Atur porsi makan dengan baik. Selain itu, berhenti makan dan minum 2 jam sebelum tidur untuk membantu mengatasi masalah beser.

2. Konsumsi Air Putih Sesuai Porsi


Konsumsi Air Putih Sesuai Porsi

Mengonsumsi air putih yang cukup menjadi salah satu cara mengatasi beser. Idealnya, minum air putih 8-10 gelas setiap harinya agar asupan cairan dalam tubuh terpenuhi.

Sebagian orang memilih mengurangi cairan karena merasa malah membuat beser tidak membaik. Namun, hal tersebut lama kelamaan akan membuat keadaan memburuk karena mengurangi kapasitas kandung kemih kalian. Maka dari itu, konsumsi air putih yang cukup, tidak kurang dan tidak lebih.

3. Lakukan Senam Kegel


Lakukan Senam Kegel

Cara selanjutnya untuk mengatasi beser adalah melakukan senam kegel secara rutin. Senak ini dilakukan dengan cara menahan kencing. Otot yang ikut bereaksi saat kalian menahan kencing inilah yang dilatih untuk menguatkan dasar panggul dengan mudah.

Selain untuk mengatasi beser, senam kegel memiliki banyak manfaat untuk wanita. Salah satunya adalah wanita dapat merasakan orgasme yang hebat.

4. Membatasi Asupan Kafein


Membatasi Asupan Kafein

Jika kalian mengalami beser, sebaiknya ucapkan selamat tinggal pada kopi, teh atau minuman lainnya yang memiliki kadar kafein tinggi. Minuman berkafein bersifat diuretik yang artinya akan menguras air di dalam tubuh sehingga kalian akan sering kebelet kencing.

Gantilah kopi dan teh dengan minuman yang lebih sehat, seperti air putih. Kalian juga dapat mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air cukup tinggi.

5. Hindari Mengangkat Beban yang Berat


Hindari Mengangkat Beban yang Berat

Mengangkat beban berat akan membuat otot-otot panggul tegang. Untuk mengatasi beser, kalian harus menghindari kegiatan seperti ini. Jika diperlukan mengangkat sesuatu yang berat, kencangkan otot-otot dasar panggul kalian sebelum dan selama mengangkat beban.

6. Ramuan Herbal dari Daun Jamblang


Ramuan Herbal dari Daun Jamblang

Tips selanjutnya untuk menyembuhkan beser adalah menggunakan ramuan alami yang terbuat dari daun jamblang. Untuk membuatnya, kalian akan membutuhkan 3 lembar daun jamblang, 2 kulit pohon jamblang sebesar jari tangan dan 1 buah kunyit satu ruas jari.

Kalian hanya perlu merebus bahan-bahan tersebut dalam 5 gelas air hingga hanya tersisa 3 gelas. Minum ramuannya sebanyak 3 kali dalam sehari masing-masing setengah gelas sesudah makan. Jika rutin mengonsumsinya, beser perlahan-lahan akan sembuh.

7. Lakukan Olahraga Secara Rutin


Lakukan Olahraga Secara Rutin

Perlu kalian tahu bahwa olahraga memiliki peranan penting untuk mengatasi beser. Dengan berolahraga, cairan tubuh akan dikeluarkan lewat keringat. Lakukan olahraga yang paling banyak mengeluarkan keringat seperti jogging atau bersepeda agar sisa cairan tubuh yang harusnya dikeluarkan lewat pipis dapat tergantikan dengan keringat.

8. Latihan Menahan Kencing


Latihan Menahan Kencing

Menahan kencing merupakan kebiasaan yang tidak baik bagi kesehatan. Namun, jika mengalami beser, kalian diperbolehkan melakukannya. Sebaiknya coba tahan kencing dalam waktu 30 menit, tidak lebih.

Terapi seperti ini akan membantu melatih kandung kemih agar tidak manja saat kebelet kencing. Sambil menahan pipi, coba tarik napas dalam-dalam secara perlahan dan buat dirimu menjadi rileks.

Selain itu, simak pula cara mengatasi infeksi saluran kemih dengan bahan-bahan alami di sini. Kalian juga perlu tahu penyebab infeksi saluran kemih, simak di sini.

You can share this post!

Related Posts