Ingin Tetap Sehat dan Bertenaga Saat Cuaca Panas? Ikuti 7 Tips Ini Biar Terhindar dari Dehidrasi
Health

Meski sering disepelekan, dehidrasi bisa mengganggu jalannya fungsi tubuh jika tak ditangani dengan baik. Sebelum itu terjadi, ada baiknya untuk melakukan beberapa langkah pencegahan dehidrasi di tengah cuaca panas seperti berikut ini.

WowKeren - Saat ini Indonesia tengah mengalami masa kemarau yang cukup panjang. Dan beberapa waktu terakhir suhu di berbagai wilayah Indonesia terasa sangat menyengat. Di beberapa daerah bahkan suhunya bisa mencapai 34 hingga 36 derajat Celcius.

Suhu panas ini sendiri disebabkan karena posisi matahari yang sedang dekat dengan garis khatulistiwa. Beberapa wilayah yang terdampak suhu panas ini di antaranya adalah Sumatera bagian Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Selatan dan Tenggara.


Karena cuaca yang sangat panas ini, tidak sedikit orang mengalami berbagai masalah kesehatan. Salah satu yang paling rentan menyerang adalah dehidrasi. Dehidrasi sendiri adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan.

Meski dianggap sebagai salah satu gangguan kesehatan yang tidak perlu penanganan serius, dehidrasi tetap perlu diwaspadai. Sebab jika tidak ditangani dengan baik, dehidrasi bisa mengganggu jalannya fungsi tubuh. Kamu pasti tidak mau itu terjadi kan?

Karena itu sebelum dehidrasi menyerang, ada baiknya untuk melakukan beberapa upaya pencegahan. Mau tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi di tengah cuaca panas? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Perbanyak Minum Air Putih Saat Cuaca Panas Agar Terhindar dari Dehidrasi


Perbanyak Minum Air Putih Saat Cuaca Panas Agar Terhindar dari Dehidrasi

Dalam tubuh manusia, sebagian besar terdiri dari air. Saat suhu di lingkungan meningkat, tubuh akan berkeringat untuk mendinginkan suhu tubuh. Saat itulah tubuh akan mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Tubuh pun akan lemas, tak bertenaga bahkan pusing juga akan menyerang.

Nah, untuk mencegah terjadinya dehidrasi, sebaiknya perbanyak konsumsi air putih dengan suhu normal alias sejuk. Hindari minum air panas karena bisa memicu keringat yang dikeluarkan tubuh semakin banyak. Dan sebaiknya hindari minum air dingin karena bukan pilihan yang tepat, sebab meski menyegarkan suhu akan menurun dengan sangat cepat.

2. Mengecek Warna Urin Bisa Mencegah Dehidrasi, Kok Bisa?


Mengecek Warna Urin Bisa Mencegah Dehidrasi, Kok Bisa?

Untuk mencegah dehidrasi, kita disarankan untuk minum banyak air putih. Meski demikian, jangan sampai berlebihan ya. Sebab terlalu banyak minum air bisa membuat perut jadi kembung dan harus bolak-balik ke kamar mandi. Akibatnya, aktivitas kita akan terhambat meski berhasil mencegah dehidrasi di tengah cuaca panas.

Jadi untuk memastikan kebutuhan air telah tercukupi atau belum, kamu bisa melihatnya dari warna urin yang dikeluarkan oleh tubuh. Jika warnanya bening menandakan jika kebutuhan cairan dalam tubuhmu tercukupi dengan baik. Tapi jika warnanya kuning pekat, maka tubuhmu mengalami dehidrasi. Sehingga saat itu terjadi, segera tingkatkan cairan tubuh dengan mengkonsumsi banyak air.

3. Cegah Tubuh Mengalami Dehidrasi dengan Mengkonsumsi Buah dan Sayur Saat Musim Panas


Cegah Tubuh Mengalami Dehidrasi dengan Mengkonsumsi Buah dan Sayur Saat Musim Panas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kehilangan banyak cairan. Sehingga untuk menanganinya kita harus meningkatkan cairan tubuh, salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Hal ini disebabkan karena buah dan sayur adalah bahan makanan yang mengandung banyak air.

Pilih buah segar yang mengandung banyak air, misalnya semangka, jeruk, melon, belimbing atau nanas. Menurut seorang ahli kesehatan, mengkonsumsi 3 buah segar setiap hari sama halnya dengan minum satu cangkir air. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung banyak kalori yang bisa menyumbang energi untuk mendukung aktivitas harian.

4. Beraktivitas di Luar Ruangan Saat Panas? Gunakan Perlengkapan Pendukung Buat Cegah Dehidrasi


Beraktivitas di Luar Ruangan Saat Panas? Gunakan Perlengkapan Pendukung Buat Cegah Dehidrasi

Saat cuaca sedang panas kita biasanya enggan melakukan aktivitas di luar ruangan. Namun, beberapa orang terpaksa melakukan aktivitas di luar ruangan karena berbagai tuntutan, salah satunya adalah karena pekerjaan. Karena itu, kamu harus melakukan upaya pencegahan untuk membentengi diri dari terserang dehidrasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan berbagai perlengkapan yang mendukung.

Sebaiknya gunakan pakaian tipis dan bisa menyerap keringat, karena bisa membuat suhu panas tubuh mereda. Hindari pakaian berwarna gelap karena bisa memicu panas menyerap lebih banyak ke tubuh. Selain itu, gunakan perlengkapan pendukung seperti topi, payung maupun tabir surya untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.

5. Jangan Beraktivitas Berlebihan Saat Cuaca Panas, Bisa Menyebabkan Dehidrasi!


Jangan Beraktivitas Berlebihan Saat Cuaca Panas, Bisa Menyebabkan Dehidrasi!

Beberapa orang memiliki kecenderungan aktif dan suka bergerak. Karena itulah, mereka akan sering beraktivitas, bahkan saat cuaca sedang panas sekalipun. Tapi saat sedang musim panas, sebaiknya hal ini diminimalisir. Sebab aktivitas yang berlebihan bisa menguras banyak tenaga dan menyerap energi tubuh.

Tapi jika memang harus beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya hindari paparan langsung dengan sinar matahari. Hal ini perlu dilakukan agar tidak mudah lelah dan kulit tetap terjaga kelembapannya. Selain itu, usahakan untuk minum air terlebih dahulu sebelum mulai beraktivitas. Jangan menunda-nunda, karena risiko mengalami dehidrasi akan semakin besar.

6. Hindari Minum Kopi dan Soda Saat Cuaca Panas, Bisa Bikin Dehidrasi!


Hindari Minum Kopi dan Soda Saat Cuaca Panas, Bisa Bikin Dehidrasi!

Tubuh memang kekurangan banyak cairan jika sedang dehidrasi. Karena itu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, minum banyak air putih adalah salah satu cara untuk mencegahnya. Tapi jangan salah ya, sebab ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya dihindari, karena bisa membuat dehidrasi semakin parah.

Minuman itu adalah kopi dan soda. Hal ini disebabkan karena tubuh akan mengeluarkan lebih banyak cairan setelah meminum kopi dan soda. Hal ini disebabkan karena kedua minuman itu mengandung gula yang cukup banyak. Karena itu, ginjal akan menjalankan fungsinya dengan membantu membuang kelebihan gula tersebut melalui urin. Dan semakin sering membuang urin, tubuh akan kehilangan cairan sehingga risiko dehidrasi pun meningkat.

7. Ingin Olahraga Tapi Takut Dehidrasi? Maka Lakukan di Dalam Ruangan atau Saat Sore


Ingin Olahraga Tapi Takut Dehidrasi? Maka Lakukan di Dalam Ruangan atau Saat Sore

Olahraga memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh dan kesehatan. Karena itu, beberapa orang yang rajin berolahraga biasanya memiliki fisik yang prima. Dan untuk mempertahankan fisiknya itu, orang-orang biasanya tak mempedulikan cuaca panas dan tetap berolahraga.

Tapi, sebaiknya perhatikan juga daya tahan tubuhmu. Sebab berolahraga di tengah cuaca panas tentu dapat menyebabkan dehidrasi. Jika kamu tak ingin itu terjadi, sebaiknya berolahraga di dalam ruangan saja, yang dilengkapi AC maupun kipas angin. Selain itu, ada baiknya juga untuk berolahraga di sore hari atau saat sinar matahari mulai redup. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari risiko terserang dehidrasi.

Demikian tujuh tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah diri mengalami dehidrasi di tengah cuaca panas. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips menjaga kesehatan saat musim kemarau. Selain itu kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai tips untuk tetap sehat saat stres melanda.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait