Mau Liburan Seru tapi Budget Pas-Pasan? Ikuti Saja 8 Tips Berlibur Hemat Ala Mahasiswa Ini
Travel

Masa kuliah adalah salah satu waktu terbaik untuk berpetualang ke banyak tempat. Namun tidak sedikit mahasiswa yang enggan berlibur karena masalah dana. Karena itu, simak beberapa tips ini untuk mengetahui cara liburan hemat ala mahasiswa.

WowKeren - Liburan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang, tak terkecuali para mahasiswa. Apalagi setelah menjalani rutinitas harian yang sangat melelahkan dan membuat jenuh. Karena itu, liburan bisa jadi salah satu obat paling ampuh untuk mengembalikan semangat saat sedang lelah-lelahnya menjalani dunia kampus.

Tapi tidak sedikit mahasiswa yang berpikir dua kali sebelum melakukan liburan panjang, terutama karena masalah dana. Karena sumber keuangan mahasiswa biasanya masih berasal dari orangtua maupun beasiswa. Sehingga ada banyak mahasiswa yang tak mau melakukan liburan agar bisa menghemat uang yang dimilikinya.


Sehingga bagi sebagian mahasiswa, liburan seolah jadi "mimpi besar" yang harus ditunda hingga memiliki penghasilan lebih suatu hari nanti. Padahal, beberapa orang justru hampir tidak memiliki waktu yang cukup untuk sekedar berlibur saat sudah bekerja. Sehingga, kita pasti akan cukup kesulitan untuk merealisasikan mimpi tersebut.

Selain itu, masa kuliah juga jadi waktu terbaik bagi kita untuk berpetualang ke mana saja. Karena itu, para mahasiswa sebaiknya menyimak beberapa tips berikut ini jika ingin berlibur ke berbagai tempat yang menyenangkan, meski memiliki budget terbatas.

(wk/eval)

1. Ingin Liburan Tapi Budget Minim? Awali Dulu dengan Menabung secara Rutin


Ingin Liburan Tapi Budget Minim? Awali Dulu dengan Menabung secara Rutin

Jika ingin berlibur ke banyak tempat, tentu kita membutuhkan uang. Untuk itu, menabung adalah tips pertama yang harus kamu lakukan. Sebab dengan demikian, kamu bisa merealisasikan liburan yang kamu impikan. Beberapa orang mungkin kesulitan untuk menabung, tapi jika benar-benar ingin berlibur kamu harus melakukannya dengan tekun.

Mulailah untuk menyisihkan sebagian uang bulanan dan mengurangi pengeluaran. Kamu harus menetapkan berapa besar jumlah uang yang ingin kamu sisihkan dalam sehari dan menabunglah dengan rutin. Selain itu, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menabung. Misalnya mengikuti arisan mahasiswa atau membuat tabungan dengan teman dekat di kampus.

2. Ingin Liburan Hemat Ala Mahasiswa? Pilih Waktu yang Tepat Ya


Ingin Liburan Hemat Ala Mahasiswa? Pilih Waktu yang Tepat Ya

Nah setelah uangmu terkumpul, kamu harus memperhatikan waktu yang tepat untuk pergi berlibur. Maksudnya adalah sebaiknya jangan memilih waktu liburan umum, seperti hari libur nasional ataupun weekend. Sebab jika kamu pergi di saat-saat tersebut, destinasi wisata akan cenderung ramai.

Selain itu, biasanya harga transportasi, makanan maupun tiket masuk wisata juga akan lebih mahal dibanding biasanya. Jika sudah demikian, selain tidak nyaman kamu juga harus merogoh kantong lebih dalam jika pergi berlibur di waktu-waktu tersebut. Karena itu, sebaiknya pilih waktu di mana orang-orang pada umumnya bekerja atau sekolah, dan bukan di hari libur.

3. Mahasiswa Punya Budget Nipis Tapi Ingin Liburan? Cari Destinasi Wisata yang Murah Aja


Mahasiswa Punya Budget Nipis Tapi Ingin Liburan? Cari Destinasi Wisata yang Murah Aja

Salah satu prinsip yang harus dipahami oleh mahasiswa adalah bahwa liburan itu tak harus mahal. Karena itu, sangat penting untuk menemukan tempat tujuan yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Bagi mahasiswa kebanyakan yang biasanya memiliki budget nipis, mengunjungi destinasi wisata yang murah adalah salah satu pilihan terbaik.

Meskipun murah, bukan berarti tempat wisata itu tidak menyenangkan. Misalnya kamu bisa mencari tahu tentang objek wisata yang baru dibuka. Sebab tempat-tempat seperti ini biasanya akan memberikan harga tiket yang murah karena belum terlalu dikenal. Selain itu, kamu juga bisa mencari destinasi wisata yang ada di sekitar tempat tinggal. Sebab dengan begitu kamu bisa menghemat biaya transportasi dan penginapan.

4. Mahasiswa Harus Buat Daftar Rencana dan Skala Prioritas Biar Bisa Liburan Hemat


Mahasiswa Harus Buat Daftar Rencana dan Skala Prioritas Biar Bisa Liburan Hemat

Sebelum pergi liburan, sebaiknya kamu membuat daftar rencana dan maksimal pengeluaran saat berlibur. Hal ini sangat berguna, agar pengeluaranmu tidak berlebihan. Perhitungkan jumlah pengeluaran secara bijak, tentukan destinasi mana saja yang kamu kunjungi, perkiraan harga tiket, makan hingga penginapan.

Selain itu, buat skala prioritas kesenangan juga ya. Sebab dengan uang terbatas, kamu akan kesulitan untuk mendapatkan semua kesenangan dalam waktu yang bersamaan. Terkadang memang sulit menahan diri dari berbelanja, apalagi jika kita melihat berbagai barang yang menarik. Tapi jika kamu benar-benar ingin liburan, sebaiknya fokus saja pada cara untuk bersenang-senang di destinasi tujuan tanpa perlu banyak berbelanja.

5. Ingin Liburan Hemat? Berlibur Ramai-Ramai Saja Bareng Teman


Ingin Liburan Hemat? Berlibur Ramai-Ramai Saja Bareng Teman

Jika kamu ingin berlibur dengan lebih hemat, ada baiknya pergi bersama teman-teman. Sebab liburan ramai-ramai bisa sangat membantu menekan pengeluaranmu. Misalnya untuk pembayaran penginapan, sehingga jauh lebih hemat. Karena mencari penginapan dengan kapasitas banyak orang tentu akan lebih murah, belum lagi jika biayanya kita bagi rata dengan sesama teman. Pasti lebih menguntungkan!

Lebih menarik lagi jika teman yang kamu ajak berlibur bisa diajak berhemat. Sebab dia akan menguatkan kamu ketika tergoda belanja berbagai barang yang tidak begitu perlu. Jadi, sudah terpikir teman yang ingin diajak berlibur bersama?

6. Ingin Dapat Diskon Saat Liburan? Manfaatkan Saja Statusmu sebagai Mahasiswa


Ingin Dapat Diskon Saat Liburan? Manfaatkan Saja Statusmu sebagai Mahasiswa

Di beberapa tempat wisata maupun penginapan, pemilik akan memberikan harga khusus bagi para mahasiswa. Sebab jika memiliki status sebagai pelajar atau mahasiswa, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Karena itu, berstatus sebagai mahasiswa akan menambah keuntunganmu dalam berwisata. Sehingga jangan lupa untuk selalu membawa kartu mahasiswa kemanapun kamu pergi ya.

7. Jangan Malu Cari Promo Jika Ingin Liburan Hemat Ala Mahasiswa


Jangan Malu Cari Promo Jika Ingin Liburan Hemat Ala Mahasiswa

Hal berikutnya yang bisa kamu terapkan untuk berlibur dengan budget pas-pasan adalah mencari berbagai promo. Jangan malu untuk mencari promo, karena hal ini bisa sangat membantumu dalam menekan pengeluaran. Terus pantau media sosial, sebab biasanya akan ada banyak sekali promo yang diberikan di waktu tertentu.

Kamu bisa mencari promo tiket pesawat, kereta api maupun hotel. Jika kamu berhasil mendapatkan tiket dengan harga promo, tentunya kamu bisa melakukan liburan yang menyenangkan tanpa harus mengeluarkan banyak dana. Kamu hanya perlu rajin-rajin mengecek situs penyedia tiket untuk mengetahui promo yang sedang diadakan.

8. Minta Bantuan Pada Relasi Saat Liburan Bisa Sangat Menekan Pengeluaranmu Loh


Minta Bantuan Pada Relasi Saat Liburan Bisa Sangat Menekan Pengeluaranmu Loh

Tempat penginapan tentu sangat diperlukan jika kamu ingin berlibur ke tempat yang relatif jauh. Karena itulah, cari tempat penginapan yang murah, aman dan juga nyaman. Kalau perlu, minta bantuan pada relasi seperti teman, keluarga atau siapapun yang kamu kenal. Karena dengan bantuan mereka, kamu bisa menekan pengeluaran.

Karena jika kamu menginap di rumah relasi, kamu bisa menghemat biaya penginapan. Selain itu, kamu juga bisa dipandu untuk pergi ke berbagai tempat wisata yang mungkin masih asing bagimu. Jika kamu pergi ke luar negeri dan tak memiliki kenalan, kamu bisa tinggal bersama warga lokal karena mereka biasanya akan memberi harga yang relatif murah. Dengan begitu kamu bisa menekan biaya sekaligus memperluas pertemanan. Asyik banget kan?

Demikian 8 tips liburan hemat ala mahasiswa yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga beberapa tips ini jika ingin melakukan perjalanan liburan yang nyaman dan aman dengan kereta api kelas ekonomi. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa tempat wisata di Indonesia yang mirip dengan milik luar negeri.

You can share this post!

Related Posts