Mata Lelah karena Seharian Bekerja di Depan Komputer? Atasi Saja dengan 8 Cara Mudah Ini
Health

Mata lelah karena menatap layar komputer seharian tentu membuat kita tidak nyaman dan mengganggu produktivitas kerja. Karena itu, sebaiknya lakukan delapan cara mudah ini untuk mengatasi mata lelah.

WowKeren - Bagi kebanyakan pekerja kantoran, mata lelah setelah menatap layar komputer seharian sudah jadi makanan sehari-hari. Kondisi ini tidak hanya membuat kita tidak nyaman, tapi bisa menyebabkan produktivitas kerja mengalami penurunan.

Gejala mata lelah sendiri cukup beragam. Mulai dari mata yang terasa pedih, berair, kering hingga pandangan kabur. Dalam beberapa kondisi, mata lelah juga bisa menyebabkan nyeri leher, punggung hingga sakit kepala.


Karena gejala mata lelah sangat mengganggu, tidak sedikit orang yang mencari cara untuk meringankan kondisinya. Karena dengan begitu, mereka bisa kembali beraktivitas secara normal.

Untuk itu, tim WowKeren telah merangkum beberapa cara mudah untuk mengatasi mata lelah dengan cepat. Mau tahu apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Kompres Mata untuk Mendinginkan Mata yang Lelah


Kompres Mata untuk Mendinginkan Mata yang Lelah

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi mata lelah adalah dengan mengompresnya. Hal ini sangat diperlukan untuk membuat mata jadi lebih rileks. Selain itu, mengompres mata juga bisa mendinginkan mata yang lelah.

Untuk melakukan itu caranya cukup mudah. Pertama ambil handuk bersih dan masukkan ke dalam baskom yang berisi air dingin. Peras handuk itu hingga kering dan tutupi mata dengan kompres tersebut dan lakukan dengan posisi tiduran. Lalu diamkan hingga 5 - 10 menit.

2. Atur Pencahayaan Ruangan yang Sesuai Bisa Membantu Mengatasi Mata Lelah, Kok Bisa?


Atur Pencahayaan Ruangan yang Sesuai Bisa Membantu Mengatasi Mata Lelah, Kok Bisa?

Salah satu penyebab mata lelah adalah cahaya yang terlalu terang. Baik karena sinar matahari di luar ruangan yang masuk melalui jendela maupun dari pencahayaan ruang kantor yang berlebihan. Akibatnya, kita harus sering mengernyitkan mata saat bekerja.

Karena itu, mengatur pencahayaan yang sesuai adalah salah satu cara yang tepat untuk mengatasi mata lelah. Kurangi cahaya dari luar dengan menutup tirai, serta kurangi pencahayaan interior dengan menggunakan lebih sedikit lampu dengan intensitas rendah. Selain itu kamu juga bisa memposisikan layar komputer di samping jendela, bukan di depan atau di belakangnya. Dan jika memungkinkan, cat dinding ruanganmu dengan warna yang lebih gelap dengan hasil akhir matte.

3. Atur Gelap Terang dan Kontras Sinar Laptop atau Komputer untuk Mengatasi Mata yang Lelah


Atur Gelap Terang dan Kontras Sinar Laptop atau Komputer untuk Mengatasi Mata yang Lelah

Selain pencahayaan ruangan, sebaiknya perhatikan pula pencahayaan pada layar laptop atau komputer yang kamu gunakan. Sesuaikan layar kira-kira sesuai dengan kecerahan di sekitar tempatmu bekerja. Selain itu pertimbangkan juga untuk memasang layar anti glare pada monitor.

Sesuaikan juga kontras ukuran dan warna teks untuk kenyamanan mata, terutama saat harus membaca atau menyusun dokumen yang panjang. Biasanya, teks berwarna hitam dengan latar belakang putih adalah kombinasi yang terbaik untuk membuat mata merasa nyaman.

4. Ingin Mengatasi Mata Lelah? Lakukan Saja Olahraga Mata


Ingin Mengatasi Mata Lelah? Lakukan Saja Olahraga Mata

Untuk mengurangi risiko mata lelah karena terus terpaku pada layar komputer, kamu perlu berpaling dari komputer setiap 20 menit. Setelah itu tatap benda jauh (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Melihat kejauhan dapat melemaskan otot mata, sehingga bisa mengurangi rasa lelah pada mata.

Selain itu jika mata terasa kering, ada baiknya untuk mengedipkan mata dengan lebih sering. Hal ini disebabkan karena berkedip dapat membasahi mata dan mencegah mata kering.

5. Atasi Mata Lelah dengan Menggunakan Kacamata Khusus Komputer


Atasi Mata Lelah dengan Menggunakan Kacamata Khusus Komputer

Jika kamu biasa menggunakan kacamata saat bekerja, sebaiknya pilih lensa dengan pelapis anti reflective (AR). Sebab lapisan ini dapat mengurangi silau dengan meminimalkan jumlah cahaya yang memantul dari permukaan depan dan belakang lensa kacamata.

Untuk lebih nyamannya, kamu juga bisa memodifikasi resep kacamata untuk membuat kacamata yang disesuaikan dengan komputer. Hal ini sangat diperlukan, apalagi untuk kamu yang biasa memakai lensa kontak dan sering mengalami mata kering dan tidak nyaman selama bekerja di depan komputer.

6. Ingin Terbebas dari Mata Lelah? Coba Pejamkan Mata untuk Sesaat


Ingin Terbebas dari Mata Lelah? Coba Pejamkan Mata untuk Sesaat

Menurut studi terbitan NIOS, salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi mata lelah adalah dengan memejamkannya selama beberapa saat. Kamu juga bisa melanjutkannya dengan melakukan peregangan otot sederhana hingga 4 kali selama 5 menit sepanjang hari saat bekerja.

Cukup berdiri dan berjalan-jalanlah sejenak. Lalu lemaskan dan putar-putar tungkai lengan dan kaki saat berdiri. Setelah itu putar bahu dan punggung untuk mengurangi kelelahan pada otot. Jika memungkinkan, usahakan untuk tidur siang sejenak hingga mata dan tubuh terbebas dari lelah.

7. Mencuci Mata dengan Air Dingin dan Menempatkan Irisan Mentimun di Atasnya Bisa Mengatasi Mata Lelah


Mencuci Mata dengan Air Dingin dan Menempatkan Irisan Mentimun di Atasnya Bisa Mengatasi Mata Lelah

Mencuci mata dengan menggunakan air dingin selama beberapa kali sehari juga bisa membantu mengatasi mata lelah. Hal ini disebabkan karena air dingin dapat membuat mata rileks dan mengurangi ketegangan yang memicu kelelahan.

Selain itu kamu juga bisa menaruh potongan mentimun atau kentang di mata dan diamkan selama 15-20 menit. Pilihan lainnya yang bisa kamu gunakan adalah stroberi yang sebelumnya telah disimpan dalam lemari es. Seperti sebelumnya, taruh irisan stroberi di kelopak mata sambil terpejam.

8. Segera Periksa ke Dokter Jika Mata Lelah yang Kamu Rasakan Tak Kunjung Sembuh


Segera Periksa ke Dokter Jika Mata Lelah yang Kamu Rasakan Tak Kunjung Sembuh

Sebaiknya lakukan pemeriksaan mata secara rutin setiap 6-12 bulan sekali. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya masalah pada mata. Mata lelah memang bukan kondisi yang serius, tapi jika terus dibiarkan hingga menunjukkan berbagai gejala lain tentu bisa berbahaya. Karena itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian delapan cara mudah untuk mengatasi mata lelah yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai cara agar tetap sehat meski sedang stres karena pekerjaan. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai tips agar tubuh terhindar dari dehidrasi meski cuaca sedang panas-panasnya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait