Kulit Wajah Tunjukkan 7 Masalah Ini? Awas, Bisa Jadi Kamu Alergi Kosmetik!
Lifestyle

Ada beberapa tanda yang ditunjukkan kulit wajah saat mengalami alergi kosmetik. Mau tahu apa saja gejalanya? Langsung saja simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Kebanyakan wanita hampir tidak bisa lepas dari kosmetik. Sebab kosmetik biasanya dapat membuat wanita tampil lebih cantik dan menawan. Dengan demikian, ia bisa lebih percaya diri saat berhadapan dengan orang-orang.

Karena digunakan langsung pada kulit, kita tentu harus berhati-hati dalam memilih produk kosmetik. Sebab tidak semua produk kosmetik aman bagi kulit. Beberapa kosmetik mengandung bahan kimia yang bisa bereaksi buruk di kulit, salah satunya adalah alergi.

Alergi kulit bisa berkembang dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan menit. Alergi yang lebih parah bisa terjadi pada orang yang memiliki kulit sensitif. Sebelum alergi bertambah parah, kita harus mengetahui ciri-ciri alergi kosmetik pada wajah seperti berikut ini.

(wk/eval)

1. Kemunculan Ruam di Wajah Bisa Jadi Tanda Alergi Kosmetik


Kemunculan Ruam di Wajah Bisa Jadi Tanda Alergi Kosmetik

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan timbulnya ruam kemerahan di wajah, salah satunya adalah karena alergi produk kosmetik. Umumnya, produk makeup dan skin care mengandung formula allergenic inactive yang bisa menyebabkan iritasi atau kemerahan pada kulit.

Seorang ahli dermatologis dari Beverly Hills, Tsipopora Shainhouse, MD, menjelaskan bahwa ruam dapat disebabkan oleh bahan pengawet, wewangian atau asam akrilat yang biasa ditemukan dalam komponen kosmetik. Jika ruam ini muncul, sebaiknya kamu mengunjungi dokter kulit untuk melakukan konsultasi dan agar diberi perawatan yang tepat.

2. Wajah Terasa Gatal hingga Biduran? Awas, Bisa Jadi Kamu Alergi Kosmetik


Wajah Terasa Gatal hingga Biduran? Awas, Bisa Jadi Kamu Alergi Kosmetik

Jika tiba-tiba kamu biduran disertai gatal, bukan tidak mungkin kamu sedang alergi kosmetik. Reaksi ini biasanya akan terjadi jika wajah terpapar zat yang bersifat alergen. Rasa gatal ini sendiri biasanya terjadi di lapisan bagian dalam. Sehingga gatalnya tidak akan langsung hilang meski kamu menggaruk bagian wajah yang gatal.

Sedangkan biduran sering ditandai dengan rasa panas atau perih di kulit wajah, sensasi kesemutan hingga kulit yang terasa gatal dan bengkak. Gejala ini biasanya akan muncul beberapa menit setelah kamu terpapar oleh alergen. Biasanya gejala ini akan mereda setelah 24 jam, namun jika tak kunjung hilang sebaiknya kamu melakukan konsultasi dengan dokter kulit.

3. Alergi Kosmetik Biasanya Ditandai dengan Kulit Berminyak dan Wajah Berjerawat


Alergi Kosmetik Biasanya Ditandai dengan Kulit Berminyak dan Wajah Berjerawat

Jika kulit terasa lebih berminyak dari biasanya, bisa jadi ini adalah salah satu tanda alergi kosmetik. Pasalnya penggunaan produk kosmetik yang tidak tepat atau ketika wajah tak mendapat cukup pelembab, kulit biasanya akan memproduksi semakin banyak minyak.

Selain itu, jerawat dan komedo juga bisa jadi gejala alergi kosmetik lainnya. Jika jerawat yang timbul setelah pemakaian produk tak kunjung hilang setelah lebih dari 3 hari, bisa saja kamu menggunakan produk yang tidak tepat. Hal ini merupakan reaksi yang ditunjukkan kulit ketika terkena paparan alergen.

4. Jika Kulit Terasa Panas dan Terbakar, Bisa Jadi Kamu Alergi Kosmetik Loh


Jika Kulit Terasa Panas dan Terbakar, Bisa Jadi Kamu Alergi Kosmetik Loh

Di antara gejala yang ditunjukkan kulit saat mengalami alergi kosmetik adalah rasa panas, perih hingga seperti terbakar di kulit wajah. Jika rasa perih tetap muncul dalam waktu yang lama, berarti kamu alergi pada kandungan zat kimia dalam kosmetik.

Jika mengalami hal ini, segera bersihkan wajah dengan air bersih. Kamu juga harus menghindari produk yang mengandung retinol dan merekomendasikan produk yang memiliki kandungan vitamin C atau resveratol. Tapi usahakan juga untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memastikannya ya.

5. Mata dan Bibir Bengkak? Awas, Kamu Mungkin Alergi Kosmetik


Mata dan Bibir Bengkak? Awas, Kamu Mungkin Alergi Kosmetik

Gejala lain yang ditunjukkan kulit saat mengalami alergi kosmetik adalah mata yang bengkak dan berair. Kondisi ini bisa ringan dan juga parah, bahkan bisa menyebar ke pipi bagian atas.

Selain itu, saat alergi kosmetik mata juga bisa mengalami iritasi, apalagi setelah mengoleskan eyeliner atau maskara. Ini adalah infeksi selaput transparan mata yang membuat pembuluh darah jadi terlihat dan daerah putih pada bola mata jadi merah. Saat gejala ini muncul, kamu mungkin merasa sakit dan lebih peka pada cahaya silau.

Selain area mata, alergi kosmetik juga ditunjukkan oleh bibir. Sebab alergi lipstik, lip balm atau produk lainnya bisa menyebabkan peradangan pada bibir. Kondisi ini biasanya menyebabkan bibir terasa gatal, kering, kemerahan bahkan bengkak.

6. Kulit Kering dan Mengelupas adalah Gejala Lain dari Alergi Kosmetik


Kulit Kering dan Mengelupas adalah Gejala Lain dari Alergi Kosmetik

Tanda lainnya yang ditunjukkan kulit saat mengalami alergi kosmetik adalah kulit yang kering hingga mengelupas. Sebaiknya perhatikan lagi, apakah produk peeling dan pembersih wajah yang kamu gunakan mengandung acid tinggi? Jika benar, sebaiknya hentikan pemakaian. Sebab kombinasi antara alphahudroxy acid, salisylic acid, dan retinol yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan pengelupasan berlebihan pada kulit.

7. Kulit Terasa Semakin Kencang Setelah Menggunakan Produk Baru? Bisa Jadi Kamu Alergi Kosmetik Loh


Kulit Terasa Semakin Kencang Setelah Menggunakan Produk Baru? Bisa Jadi Kamu Alergi Kosmetik Loh

Jangan mudah tertipu dengan rasa kencang yang ditimbulkan setelah membersihkan wajah dengan produk tertentu. Sebab hal itu mungkin saja adalah tanda jika produk yang kamu gunakan tidak sesuai dengan kulitmu, sehingga kulit menunjukkan reaksi alergi.

Menggunakan pembersih wajah yang tidak tepat malah bisa mengurangi kandungan minyak. Padahal minyak berperan sebagai pelindung alami untuk mencegah dehidrasi, iritasi dan rasa kering. Selain itu, sensasi kencang yang kamu rasakan juga menunjukkan bahwa pembersih yang kamu gunakan tidak memiliki pH yang seimbang.

Demikian tujuh tanda yang ditunjukkan kulit saat mengalami alergi kosmetik. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa kesalahan dalam mencuci wajah yang sering banget dilakukan. Selain itu kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa tips memilih kosmetik yang aman bagi kulit.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait