Baik Untuk Kesehatan Pencernaan dan Sistem Imun, Ini 8 Makanan yang Kaya Akan Probiotik
Health

Probiotik memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk bagi sistem pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Karena itu, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi 8 makanan yang kaya akan probiotik berikut ini.

WowKeren - Probiotik merupakan mikroorganisme yang bisa membantu mencegah dan menanggulangi beragam penyakit. Probiotik yang juga dikenal sebagai bakteri baik diketahui dapat membantu sistem pencernaan dan meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, bakteri baik satu ini juga dapat membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar, tubuh lebih berenergi, membuat kita lebih fokus dan menciptakan mood yang baik.

Probiotik memang diproduksi secara alami dalam tubuh kita. Akan tetapi, Anda juga bisa mendapatkan probiotik alami dari berbagai makanan maupun camilan sehat. Dengan mengkonsumsinya sehari-hari, kita akan mendapatkan asupan makanan yang lebih sehat. Penasasan makanan apa saja yang kaya akan probiotik? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Yoghurt


Yoghurt

Salah satu sumber probiotik yang paling populer adalah yoghurt. Yoghurt mengandung biakan hidup dan aktif seperti lactobacillus bulgaricus yang mampu menghasilkan asam laktat dan berguna untuk melawan bakteri buruk. Selain itu, yoghurt juga baik untuk pencernaan, menurunkan hipertensi dan meningkatkan kesehatan tulang.

Sebelum membeli yoghurt, sebaiknya perhatikan kadar gula yang ada di dalamnya dan pilih yoghurt yang rendah atau bebas lemak. Selain itu, ada baiknya juga untuk mengkonsumsi yoghurt Yunani (Greek Yoghurt) karena memiliki kandungan gula yang lebih sedikit namun kaya akan protein.

2. Kimchi


Kimchi
iStockphoto

Makanan berikutnya yang kaya akan probiotik adalah kimchi. Makanan yang berasal dari Korea ini terbuat dari sayuran asin dan fermentasi seperti kol dan lobak yang dibumbui dengan bubuk cabai, jahe, lada dan bawang putih. Itulah yang menjadikan kimchi mengandung lactobacillus brevis, bakteri baik yang mampu menjaga kesehatan pencernaan.

Selain mengandung bakteri yang bermanfaat, kimchi juga kaya akan beta-carotene, kalsium, zat besi, dan vitamin A, C, B1, dan B2. Karena kimchi juga terbuat dari bawang putih dan lada, makanan tradisional ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Tempe


Tempe
Shutterstock

Makanan khas Indonesia satu ini juga mengandung probiotik yang tinggi loh. Selain itu, tempe juga mengandung protein dan vitamin B12 yang biasanya ditemukan dalam produk susu maupun daging. Tak hanya itu, makanan yang berasal dari fermentasi kacang kedelai ini juga diyakini memiliki antibiotik alami yang bisa menangkal beberapa jenis bakteri tertentu.

Karena itulah sebaiknya konsumsi tempe secara rutin sebagai lauk pendamping nasi. Jika bosan dengan menu yang itu-itu saja, Anda bisa mengkreasikannya menjadi beragam masakan. Seperti dijadikan sup, sandwich, dimakan dengan salad, dipanggang, digoreng atau sebagai pengganti daging dalam hidangan pasta.

4. Acar


Acar

Acar kerap dipandang remeh karena dianggap sebagai tambahan saja. Padahal, kuliner satu ini merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan probiotik. Selain mengandung probiotik yang tinggi, acar juga rendah lemak dan kalori serta kaya akan serat, vitamin A dan K yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Tapi perlu diingat bahwa tidak semua acar mengandung probiotik, khususnya acar yang dicampur cuka. Jika Anda ingin mengkonsumsi acar yang mengandung probiotik, maka pilih acar yang difermentasi dengan air garam. Meski demikian, sebaiknya kita mengkonsumsi acar dalam porsi sewajarnya saja karena tingginya kandungan natrium yang ada di dalamnya.

5. Kefir


Kefir

Kefir merupakan minuman hasil fermentasi susu kambing yang dicampur dengan kefir grain. Kefir dibuat dengan mencampurkan biji-biji kefir yang merupakan kumpulan probiotik ke dalam susu kambing atau sapi.

Selain mengandung bakteri lactobacilli dan bifidus, kefir juga kaya akan antioksidan, kalsium dan protein. Karena beragam kandungannya tersebut, kefir dapat meningkatkan perasaan kenyang, melindungi diri dari infeksi serta meningkatkan kesehatan tulang.

6. Cokelat


Cokelat

Cokelat tak hanya lezat, namun juga menyehatkan. Khususnya dark chocolate yang terbuat dari minimal 70 persen cocoa. Di dalamnya terkandung prebiotik, probiotik serta antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Karena berbagai kandungan tersebut, cokelat mampu membantu meningkatkan bakteri baik di usus. Cokelat juga akan melindungi bakteri saat masuk ke lambung sehingga bisa diserap usus halus dengan baik. Selain itu, cokelat juga bisa menjadi salah satu anti aging karena kandungan antioksidan yang dimilikinya.

7. Pisang


Pisang
iStockphoto/Jeanette Fellows

Buah pisang yang lezat juga memiliki kandungan probiotik yang cukup tinggi. Di dalamnya terkandung fructooligosaccharides, sejenis prebiotik yang menjadi sumber energi bagi probiotik di dalam usus. Dalam sebuah penelitian, anak yang mengkonsumsi dua buah pisang setiap hari selama 60 hari akan mengalami peningkatan probiotik jenis bifidobacteria di dalam ususnya.

Selain pisang matang, pisang hijau mentah juga memiliki kandungan probiotik, yang sebagian besar adalah pati resisten. Pisang jenis ini juga memiliki dosis serat, vitamin serta mineral. Tapi kalau kamu tidak suka dengan rasanya, coba saja memasaknya dengan cara direbus atau digoreng.

8. Sup Miso


Sup Miso

Bagi Anda pecinta masakan Jepang pasti sudah familiar dengan sup miso. Makanan ini terbuat dari campuran saus miso, yang berasal dari hasil fermentasi antara kacang kedelai, jamur koji dan juga garam. Karena itulah makanan ini merupakan sumber protein, vitamin serta mineral.

Selain tinggi probiotik, sup miso juga kaya akan vitamin B, antioksidan, serat, vitamin K, mangan serta vitamin lainnya. Tak hanya itu, sebab miso juga memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke.

Demikian delapan makanan dengan kandungan probiotik alami yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa kebiasaan sepele yang dapat mengganggu kesehatan ginjal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui bahaya terlalu sering mengantongi ponsel bagi kesehatan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait