Hemat Biaya Dan Anti Ribet, 8 Destinasi Wisata Virtual Mancanegara Ini Janjikan Pengalaman Baru
AFP
Travel

Tur virtual bisa menjadi sarana menyenangkan dan simple untuk memberikan gambaran tentang destinasi tertentu. Selain itu, tur virtual ini bisa menjadi alternatif bagi kalian yang ingin melihat tempat wisata ke luar negeri namun terhalang biaya.

WowKeren - Wisata virtual memang diketahui sudah ada sejak lama, namun jenis wisata satu ini makin diminati akhir-akhir ini. Sejak wabah virus corona meluas, seluruh masyarakat dihimbau untuk tetap berada di rumah demi mengantisipasi penularan virus tersebut. Tak hanya itu, banyak tempat wisata juga diketahui tutup dan tidak beroperasi salah satunya adalah museum.

Untuk itu banyak orang yang mencoba menghindari kebosanan dengan melakuakn wisata secara virtual. Wisata virtual sendiri memang memiliki beragam keuntungan dan keunggulan yang tidak ditemukan di wisata biasanya.


Tur virtual bukan cuma sarana untuk melepas stress saat tak bisa keliling langsung saja. Tur virtual ternyata juga bisa menjadi sarana menyenangkan dan simple untuk memberikan gambaran tentang destinasi tertentu. Selain itu, tur virtual ini bisa menjadi alternatif bagi kalian yang ingin melihat tempat wisata ke luar negeri namun terhalang biaya.

Wisata virtual ke luar negeri memberikan solusi rekreasi yang paling pas dan aman untuk kalian dan keluarga. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 8 destinasi wisata luar negeri yang menawarkan tur virtual. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Sydney Opera House, Australia


Sydney Opera House, Australia
Unsplash/Arvin Wiyono

Sydney Opera House di Sydney, New South Wales adalah salah satu bangunan abad ke-20 yang paling unik dan terkenal. Bagi jutaan turis yang datang, gedung ini memiliki daya tarik dalam bentuknya yang seperti cangkang. Selain sebagai objek pariwisata, gedung ini juga menjadi tempat berbagai pertunjukkan teater, balet, dan berbagai seni lainnya.

Tempat wisata ini menawarkan dua pilihan virtual traveling dalam laman Google Arts & Culture. Untuk pilihan pertama, kalian akan dibawa jalan-jalan menyusuri pinggiran sungai menuju gedung opera. Namun, kalian tidak bisa langsung berjalan masuk ke gedung dan hanya berada di pinggir gedung saja. Sementara itu, pilihan virtual traveling kedua akan membawa kalian masuk ke dalam Sydney Opera House. Di sana, kalian bisa melihat seperti apa bagian dalam gedungnya.

2. Air Terjun Niagara, Kanada


Air Terjun Niagara, Kanada
Unsplash/Kalen Emsley

Jika kalian suka dengan wisata alam yang menantang, pilahan tur virtual ini cocok untuk kalian. Air Terjun Niagara adalah salah satu air terjun paling populer di dunia. Niagara juga terkenal akan pelangi indahnya yang melintang di tengah derasnya air terjun. Keindahan alam yang terdapat di sekeliling Niagara membuat jutaan orang dari setiap belahan dunia mengunjunginya setiap hari.

Nah jika kalian penasaran dengan pemandangan air terjun ini, kalian bisa menyaksikannya melalui wisata virtual yang dipersembahkan oleh Niaga Falls Tourism. Di wisata virtualnya, kalian tentu saja akan merasa seperti turis. Kalian akan dibawa dari mulai pintu masuk hingga tempat mengamati air terjun. Terlebih, ada juga turis lain yang membuat kalian serasa benar-benar sedang mengunjungi Air Terjun Niagara.

3. Taman Nasional Dry Tortugas, Florida


Taman Nasional Dry Tortugas, Florida
Unsplash/Bryan Goff

Taman Nasional Dry Tortugas merupakan salah stau taman nasional yang jarang diketahui karena lokasinya yang cukup terisolasi. Taman nasional ini menampilkan beberapa terumbu karang paling semarak di Florida dan menjadi impian para penggemar kelautan untuk scuba diving, snorkeling, dan memancing di laut dalam.

Sayangnya taman ini hanya dapat diakses melalui pesawat amfibi atau perahu yang hanya mengangkut sekitar 60.000 pengunjung ke Dry Tortugas setiap tahun. Namun jika kalian tetap ingin menengok keindahan taman ini tanpa perlu repot, kalian bisa saja ikut tur virtualnya. Dry Tortugas National Park menyediakan tur virtual yang mengajak kalian menyelam di Wijdjammer Wreck yang terkenal di taman nasional ini.

4. National Palace Museum, Taipei


National Palace Museum, Taipei
The New York Times/Billy H.C. Kwok

Destinasi wisata satu ini sangat cocok untuk kalian yang ingin beriwasat sekaligus mengenal sejarah. National Palace Museum Taipei adalah sebuah museum nasional yang terletak di Shilin, Taipei, Taiwan (Republik Tiongkok). Museum ini memiliki hampir 700.000 buah koleksi tetap artefak kekaisaran dan karya seni Tiongkok kuno, menjadikannya sebagai salah satu yang terbesar untuk tipe museum sejenis di dunia

National Palace Museum juga menyediakan tur virtual di mana kalian bisa menjelajah sekaligus bermain seolah kamu sedang berburu harta karun. Di sini kalian akan diajak untuk melihat berbagai koleksi kerajinan dan seni asal Tiongkok yang bersejarah mulai dari masa neolitik hingga ke era modern.

5. Great Barrier Reef, Australia


Great Barrier Reef, Australia
Unsplash/Carles Rabada

Kalau kalian pernah menonton tayangan di National Geographic Wild, seharusnya kamu tidak asing lagi dengan suara Sir David Attenborough. Beliau adalah pengisi suara profesional dan legendaris, khususnya tentang satwa. Melalui situsnya, kalian bisa melakukan wisata virtual di Great Barrier Reef, Australia. Tak hanya melakukan wisata virtual, kalian juga akan belajar tentang ekosistem laut khususnya batuan karang.

Situsnya pun sangat interaktif di mana kalian tidak hanya akan menonton video tapi juga terlibat dalam menjalankan wisata virtual tersebut. Great barrier reef sendiri adalah adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Terbanyang kan bagaimana serunya mempelajari ekosistem laut di sini?

6. Hutan Hujan Amazon


Hutan Hujan Amazon
Unsplash/Ulrike Langner

Hutan hujan amazon mungkin sudah sering kalian dengar. Hutan hujan satu ini terkenal karena banyaknya jenis satwa dan flora di dalamnya. Amazon juga termasuk hutan tropis paling luas di dunia, dan memiliki dua nama lain, yaitu "paru-paru dunia"karena menghasilkan 30% dari seluruh oksigen di Bumi. Tiga puluh persen dari jumlah seluruh binatang dan setengah dari seluruh spesies tanaman ada di hutan ini.

Namun karena sangat luas dan lebat, sangat susah untuk menjangkau tempat ini apalagi dengan banyaknya satwa berbahaya bagi manusia. Untuk itu, Lembaga Conversation International mengajak kalian untuk mengintip keadaan Amazon melalui wisata virtual. Dengan judul Under The Canopy, kalian akan diajak untuk melihat keindahan alam Hutan Hujan Amazon ini.

7. British Museum, London


British Museum, London
Unsplash/Viktor Forgacs

British Museum adalah salah satu museum yang wajib didatangi saat ke London, Inggris. Namun, museum ini kini bekerja sama dengan Google menyediakan tur museum secara virtual yang dibagi dalam beberapa tema dan area. Mulai dari artefak sampai mumi bisa dilihat di sana.

Penjelasannya pun sangat lengkap. Ada gambar, tulisan, dan audio yang bisa didengarkan dalam bahasa Inggris. Selain itu, museum ini juga adalah salah satu museum terbesar dan terpenting dalam sejarah dan budaya manusia di dunia. Koleksi permanennya berjumlah lebih dari 8 juta benda, yang memberikan gambaran dan dokumentasi sejarah kebuayaan manusia dari awal tercipta hingga masa kini.

8. Planet Mars


Planet Mars
Rawpixel/NASA

Jika kalian masih belum menemukan destinasi wisata menarik di bumi, bagaimana jika mencoba mencarinya di planet lain? Bukan tak mungkin, dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang, kalian juga bisa melakukan wisata virtual ke planet Mars loh. Direkam oleh rover Curiosity milik NASA, kalian akan dibawa mengelilingi Mars.

Tak hanya itu, ada juga misi yang bisa kalian lakukan sehingga membuat tur virtual ini semakin menarik. Sekadar informasi, rover Curiosity ini awalnya diluncurkan di Florida, Amerika Serikat, pada 26 November 2011 lalu. Visi utama peluncuran Curiosity adalah mencari tahu apakah Mars layak dihuni manusia di masa depan loh.

Buat kalian yang tertarik ingin mencoba virtual tour, cobalah untuk melihat artikel ini terlebih dahulu untuk mengetahui tipsnya agar liburan jadi lebih asyik. Simak juga beberapa museum keren yang juga menyajikan program wisata virtual di artikel ini.

You can share this post!

Related Posts