Birthday Spotlight: Happy Kim Chaewon Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Merayakan ulang tahun Kim Chaewon yang jatuh pada Rabu (27/7), tim redaksi WowKeren akan mengulas tuntas perjalanan karier leader LE SSERAFIM untuk Birthday Spotlight kali ini. Yuk, simak selengkapnya.

WowKeren - Kim Chaewon LE SSERAFIM baru saja merayakan ulang tahun ke-22 pada Senin (1/8). Birthday Spotlight kali ini hadir menemani pembaca setia WowKeren dalam rangka mengupas tuntas perjalanan hidup idol yang akrab disapa baby cheetah tersebut.

Dikenal sejak mengikuti program audisi girl grup "Produce 48", Kim Chaewon sudah menunjukkan bakat dan pesonanya saat masih berstatus trainee. Setelah debut bersama IZ*ONE, Kim Chaewon tidak henti-hentinya menunjukkan pesona tak terduga setiap comeback hingga membuatnya meraih popularitas.


Merasakan debut dua kali, Kim Chaewon kini berstatus sebagai leader LE SSERAFIM yang kemunculannya menjadi topik bahasan panas. Konsisten dengan pesona tak terduga, Kim Chaewon juga menunjukkan versi lebih dewasa dirinya daripada di masa lalu.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk simak perjalanan Kim Chaewon sejak sebelum debut hingga menjadi leader salah satu girl grup paling menonjol di generasi 4 ini.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

Kim Chaewon dilahirkan pada 1 Agustus 2000, di Gangnam, Seoul, Korea Selatan. Dibesarkan sebagai bungsu dari dua bersaudara, keluarganya terdiri dari ayah, ibu dan kakak perempuan. Darah seni rupanya diwariskan dari sang ibu yang notabene adalah aktris teater Lee Ran Hee.

Sebelum pindah ke Hanlim Multi Arts hingga lulus pada 2019, Kim Chaewon belajar di Sekolah Menengah Gaepo. Selain itu, ia pernah mengikuti "Korea Children's Song Contest" milik KBS saat berusia 12 tahun.

Pada 2018, Kim Chaewon berpartisipasi dalam program audisi "Produce 48" sebagai trainee Woollim Entertainment bersama Kwon Eunbi dan dua member Rocket Punch semasa trainee Suyun dan Kim Sohee. Meski baru menyandang status trainee selama 11 bulan, Kim Chaewon masuk ke line up debut di peringkat 10 usai memperoleh 238.191 suara.

2. Debut


Debut

Kim Chaewon mengalami dua kali debut di grup yang berbeda. Pertama, Kim Chaewon debut bersama dengan IZ*ONE sebagai pemenang "Produce 48". Girl grup sementara dengan masa kontrak 3 tahun itu merilis EP pertama "COLOR*IZ" dengan title track "La Vie en Rose" pada 29 Oktober 2018.

Setelah kontrak IZ*ONE habis, Kim Chaewon kembali ke agensi asalnya Woollim Entertainment hanya untuk diincar HYBE. Bersama dengan Miyawaki Sakura yang juga pernahh di IZ*ONE, Kim Chaewon menandatangani kontrak eksklusif dengan Source Music.

Pada Mei 2022, Kim Chaewon debut ulang bersama girl grup bentukan HYBE dan Source Music bernama LE SSERAFIM. Menyandang posisi leader, Kim Chaewon mengalami debut yang sensasional setelah LE SSERAFIM merilis EP pertama mereka "FEARLESS".

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Selama di IZ*ONE, Kim Chaewon merupakan salah satu member paling populer. Sosoknya terus menunjukkan perkembangan baik dari segi visual maupun skill bermusik.

Bersama dengan IZ*ONE, Kim Chaewon meraih kesuksesan dengan merilis lagu-lagu yang kuat di chart dan MV yang ditonton jutaan kali di YouTube seperti "La Vie en Rose", "Violeta", "Fiesta", "Secret Story of Swan" hingga "Panorama". Selain itu, IZ*ONE juga pernah menggelar konser debut baik di Korea maupun Jepang, tur "Eyes on Me" pada 2019, dan dua kali konser online "ONEIRIC THEATER" pada 2020 dan "One, The Story" pada 2021.

Pada tahun 2020, Kim Chaewon mematenkan namanya dalam kredit lagu "With*One" di album "Oneiric Diary" atas partisipasinya. Selain itu, ia juga berkontribusi menulis lirik lagu "Slow Journey" untuk EP terakhir grup yang berjudul "One-reeler / Act IV".

Setelah kontrak IZ*ONE berakhir pada Maret 2021, Kim Chaewon masih menjadi nama besar dengan dibuktikan langsung menjadi incaran agensi besar. Saat ini, ia tengah menapaki kariernya bersama grup baru LE SSERAFIM. Meski debut girl grup ini diwarnai skandal member lain, kesuksesan masih terus mengikuti Kim Chae Won.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo
GQ Korea

Baru debut kembali, Kim Chaewon belum banyak mempunyai aktivitas solo. Namun namanya kembali terpampang di kredit lagu "Blue Flame", b-side EP "FEARLESS".

Selama hari-hari di IZ*ONE, Kim Chaewon sempat muncul di "King of Mask Singer" dengan samaran "Formosan Deer". Selain itu, ia juga kerap muncul dalam pemotretan majalah-majalah fashion seperti Esquire, Indeed, dan SIngles.

Sedangkan di LE SSERAFIM yang masih berusia tiga bulan, Kim Chaewon hampir selalu muncul di hadapan publik dengan member girl grupnya. Terpantau dari aktivitas individu dan pergerakan media sosialnya, Kim Chaewon menjadi salah satu model merek mewah Burberry.

5. Kontroversi


Kontroversi

Selama berkarier, Kim Chaewon terlibat beberapa kontroversi baik dari grup maupun secara individu. Sebagai girl grup bentukan ajang surival, IZ*ONE terkena imbas dari kontroversi manipulasi hasil voting "Produce 48" hingga terpaksa hiatus pada 2019. PD Ahn Joon Young mengaku telah memanipulasi 12 member dan mengeliminasi 2 orang yang seharusnya debut bersama grup dengan alasan "membentuk girl grup ideal".

Sebagai akibatnya, IZ*ONE menghentikan aktivitas sementara yang berujung pada pembatalan showcase, promosi dan jadwal-jadwal lainnya. Pada 2020, diputuskan mereka bisa melanjutkan aktivitas sebagai grup.

Selain itu, Kim Chaewon sendiri sempat memantik kontroversi karena percakapan di ASKfm di masa lalu. Kala itu, Kim Chaewon berbicara tentang tipe laki-laki idealnya yang tidak punya standar tertentu selain harus tinggi. Tak ayal, komentar tersebut dianggap ceroboh oleh sebagian netizen namun ada pula yang heran mengapa selera Chaewon harus diperdebatkan.

Yang satu ini bukan kontroversi melainkan cukup menjadi perhatian, yakni tentang gaya Kim Chaewon. Jika dulu sosoknya lekat dengan imej polos dan lembut di IZ*ONE, Kim Chaewon berubah drastis sebagai member LE SSERAFIM. Penampilan Chaewon kini lebih seksi, chic namun tetap imut. Bahkan Kim Chaewon juga berani memakai pakaian "underboob" di teaser debutnya hingga mencuri perhatian banyak pihak.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Twitter/sourcemusic

Kim Chaewon baru memulai kembali kariernya di industri dalam hitungan bulan. Sehingga perjalanannya sebagai leader LE SSERAFIM masih panjang. Apalagi, girl grup beranggota lima orang tersebut sudah menunjukkan awal menjanjikan dengan fanbase kuat dan lagu yang tembus di tangga lagu.

Saat ini, Kim Chaewon disibukkan dengan aktivitas LE SSERAFIM memproduksi konten-konten untuk penggemar. Baru-baru ini, mereka juga muncul di program Na PD "The Game Caterer 2" bersama artis HYBE lainnya seperti SEVENTEEN (II), Fromis_9, TXT, ENHYPEN, Lee Hyun, Baekho dan Hwang Minhyun eks NU'EST.

LE SSERAFIM sendiri digadang-gadang sebagai girl grup yang berpotensi memenangkan rookie tahun ini. Meski sudah memulai dengan kuat, Kim Chaewon dan membernya masih harus menghadapi tantangan untuk menjadi girl grup perwakilan generasi 4.



You can share this post!

Related Posts