'Mencuri Raden Saleh' Berhasil Gaet Penonton di Tengah Gempuran Film Horor
Instagram/visinemaid
Film

Seperti yang diketahui, film terlaris di Indonesia belakangan ini merupakan film dengan genre horor. Meski begitu, film 'Mencuri Raden Saleh' yang bergenre heist pun mampu menggaet penonton.

WowKeren - Film "Mencuri Raden Saleh" yang telah tayang beberapa hari lalu, telah berhasil mencuri perhatian publik. Film ini sendiri disebut termasuk film yang memiliki risiko tinggi dalam menggaet penonton lantaran selain bergenre heist yang belum banyak dibuat menjadi sineas lokal, dengan durasi 154 menit pun berpotensi bisa membuat bosan.

Akan tetapi, dengan garapan film yang epik, "Mencuri Raden Saleh" pun mampu menuai respons positif dari para penonton. Film yang mengisahkan sebuah misi untuk melakukan pencurian karya Raden Saleh ini pun dibintangi oleh sejumlah aktor ternama seperti Iqbaal Ramadhan dan Angga Aldi Yunanda.

Di samping itu, Visinema juga memperkenal rasa baru pada dunia perfilman Indonesia. Mengingat film "Mencuri Raden Saleh" tergolong berisiko karena film laris di Tanah Air didominasi oleh film horor, namun film ini berhasil menyuguhkan suatu warna baru yang dikemas oleh sutradara Angga Dwimas Sasongko dengan stylish, namun tetap membumi dan realistis.

Angga sendiri, sebelumnya juga sempat menyampaikan bahwa ia ingin mematahkan skeptis publik akan perfilman Indonesia yang hanya itu-itu saja. Dan hal ini tampaknya telah terbukti.


Dengan durasi yang terbilang cukup panjang, namun pada film "Mencuri Raden Saleh" itu justru terasa pas. Pasalnya, Angga dan co-writer Husein M. Atmodjo berhasil meracik cerita yang efektif, sehingga tidak terkesan membosankan.

Di sisi lain, film tersebut juga menyuguhkan tensi tinggi yang didukung dengan visual yang dikomando sinematografi Bagoes Tresna Aji dan musik yang digarap oleh Abel Huray. Angga lantas menyampaikan penangkapan Pangeran Diponegoro itu dipilih lantaran memiliki nilai historis serta menceritakan kisah pengkhianatan dan perlawanan.

Photo-INFO

Instagram

Angga menilai bahwa lukisan tersebut juga yang paling "mewakili" Raden Saleh. "Ibaratnya Leonardo da Vinci, penangkapan itu Monalisa-nya Raden Saleh. Karena itu, kami risetnya panjang, dari pigmen warnah merah yang dipakai di lukisan sampai riwayat restorasinya," ungkap Angga dalam press junket di Surabaya, pekan lalu.

Perjuangan serta kerja keras dari para pemain, sutradara, serta seluruh crew yang terlibat pun kini membuahkan hasil. Hingga Senin (29/8) hari ini, "Mencuri Raden Saleh" telah berhasil mendapatkan 550 ribu penonton sejak hari pertama penyangan di tanggal 25 Agustus 2022 lalu.

(wk/tiar)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait