Tembus 2 Juta Penonton, Berikut 8 Fakta Menarik 'Mencuri Raden Saleh'
Instagram/mencuriradensalehfilm
Film

Mengusung tema perampokan, film 'Mencuri Raden Saleh' yang dibintangi para pemeran muda berbakat berhasil menarik hati para pemirsa dengan sejumlah prestasi.

WowKeren - "Mencuri Raden Saleh" telah menjadi salah satu film yang banyak digandrungi saat ini. Film yang dirilis sejak 25 Agustus ini merupakan karya besutan sutradara Angga Dwimas Sasongko. Bahkan sebelum rilisnya pun, film ini memang telah dinanti-nantikan. Bukan tanpa alasan, hal itu disebabkan karena "Mencuri Raden Saleh" menghadirkan jalan cerita yang tak biasa.

Mengusung tema perampokan, film ini juga dibintangi oleh para pemeran yang sudah dikenal oleh penikmat film Tanah Air. Film yang berdurasi 2 jam 34 menit ini bercerita mengenai sekelompok anak muda yang merencanakan pencurian karya ebsar. Seperti judulnya, mereka berniat untuk mencuri lukisan karya maestro bernama Raden Saleh, yang disimpan di dalam Istana Negara.


Tentu saja, aksi yang dilakukan juga tak bisa disamakan dengan aksi pencurian biasa. Pasalnya, tempat lukisan itu berada dijaga ketat sehingga mereka harus memutar otak untuk bisa mendapatkannya. Upaya yang dilakukan pun juga tak main-main. Mereka membentuk sebuah tim solid untuk melancarkan aksi itu yang ditempuh dengan serangkaian aksi berbahaya termasuk pemalsuan dan peretasan.

Mereka pun harus menyusun rencana secara matang agar tidak gagal. Oleh sebab itu, film ini sangat cocok bagi pemirsa yang menyukai genre menegangkan semacam ini. "Mencuri Raden Saleh" akan menunjukkan kepada penonton bagaimana para pemerannya dihadapkan pada tantangan dan risiko besar demi mendapatkan sebuah karya maestro.

Melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak para pemirsa untuk menyelami lebih jauh fakta-fakta menarik apa saja yang ada di balik pembuatan film populer ini, termasuk bagaimana film ini disebut-sebut sebagai film yang menelan anggaran besar. Untuk lebih jelasnya, pembaca dapat menyimak penjelasan di bawah ini.

(wk/zodi)

1. Tembus Lebih dari Dua Juta Penonton Sejak Penayangan Perdana


 Tembus Lebih dari Dua Juta Penonton Sejak Penayangan Perdana
Instagram/anggasasongko

Film "Mencuri Raden Saleh" telah berhasil menarik lebih dari satu juta penonton. Sejak ditayangkan perdana di bioskop pada 25 Agustus lalu, film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan ini berhasil menarik lebih dari 2 juta penonton. Prestasi ini diumumkan lewat unggahan di akun Instagram sang sutradara belum lama ini.

"Terima kasih, 2.000.000 ++ orang sudah jadi bagian dari pencurian terbesar abad ini," bunyi keterangan dalam unggahan tersebut. Sang sutradara tampaknya rajin mengucapkan terima kasih pada para penonton. Sebelumnya, Angga juga mengunggah video ucapan terima kasih ketika "Mencuri Raden Saleh" berhasil menembus 1 juta dan 1,5 juta penonton.

2. Dibintangi Oleh Deretan Pemeran Muda Berbakat


Dibintangi Oleh Deretan Pemeran Muda Berbakat
Instagram/mencuriradensalehfilm

Sutradara menghadirkan deretan pemeran muda berbakat untuk membintangi film ini. Film yang ditulis oleh Husein M. Atmojo Saleh ini selain menampilkan Iqbaal Ramadhan, juga menghadirkan aktor muda Angga Yunanda. Selain itu, penonton juga bisa melihat penampilan Rachel Amanda, Umay Shahab, Ari Irham, hingga Aghniny Haque dalam layar kaca.

Para pemain muda itu telah banyak dikenal di Indonesia dan sudah malang melintang di dunia seni peran. Masing-masing dari mereka, dalam film ini, saling bekerja sama dengan kelebihan masing-masing untuk mendukung keberhasilan misi pencurian mereka yang melibatkan lukisan senilai miliaran rupiah.

3. Film Termahal yang Pernah Digarap Visinema Pictures


Film Termahal yang Pernah Digarap Visinema Pictures
Instagram/mencuriradensalehfilm

Prestasi memuaskan yang didapat "Mencuri Raden Saleh" tak lepas dari besarnya biaya anggaran yang dikeluarkan untuk pembuatan film tersebut. Film garapan Angga ini menelan biaya produksi mencapai 20 miliar rupiah, yang menjadi produksi terbesar Visinema Pictures. Menurut penuturan produser Christian Immanuel, hal itu salah satunya disebabkan karena banyaknya aksi yang dilibatkan.

Selain itu, banyaknya jumlah kamera dan teknologi CGI yang dipakai dalam adegan juga turut menyumbang pada besarnya biasa produksi. Pemakaian kamera dalam jumlah banyak juga dilakukan karena alasan tertentu, yakni agar bisa menangkap momen yang kompleks dengan kecepatan perpindahan yang tinggi.

4. Ide Muncul Saat Sutradara Melihat Lukisan


Ide Muncul Saat Sutradara Melihat Lukisan
Instagram/mencuriradensalehfilm

Inspirasi memang bisa datang kapanpun dan dimana pun. Tak terkecuali bagi Angga selaku sutradara film ini. Angga mengaku jika dirinya mendapat ide untuk membuat film ini ketika dia melihat sejumlah lukisan Raden Saleh di sebuah keraton. Di sana, dia melihat sebuah lukisan karya Raden Saleh yang diletakkan pada titik yang menurutnya kurang aman.

Dari situ, ia pun mulai penasaran dan menggali informasi lebih dalam terkait Raden Saleh. Hingga kemudian ide untuk membuat film yang bercerita mengenai pencurian karya besar pun muncul. Adapun lukisan yang dipilih oleh Angga untuk dihadirkan dalam film ini adalah karya Raden Saleh yang berjudul "Penangkapan Pangeran Diponegoro".

5. Iqbaal Ramadhan Tak Pakai Pemeran Pengganti untuk Adegan Berbahaya


Iqbaal Ramadhan Tak Pakai Pemeran Pengganti untuk Adegan Berbahaya
Instagram/bioskoponlineid

Film "Mencuri Raden Saleh" melibatkan sejumlah aksi menegangkan. Sang pemeran utama, Iqbaal Ramadhan, harus melakukan adegan lompat dari gedung. Menariknya, aktor muda ini rupanya tak memerlukan bantuan pemeran pengganti. Ia mengaku bahwa awalnya, dia ditawari untuk memakai tenaga pemeran pengganti.

Namun karena menurut Iqbaal orang tersebut terlalu lihai, dia justru ragu bahwa adegan yang dihasilkan justru tidak cocok dengannya, sehingga dia pun memberanikan diri untuk mencobanya sendiri. "Sebenarnya gue dikasih stunt tapi dia tuh jago banget, gerakannya jadi bukan gue banget gitu," tuturnya.

6. Raih 5 Nominasi di Festival Film Bandung


 Raih 5 Nominasi di Festival Film Bandung
Instagram/mencuriradensalehfilm

Tak hanya mampu menarik dua juta penonton, "Mencuri Raden Saleh" juga berhasil menorehkan prestasi lainnya dengan masuk ke dalam nominasi untuk lima kategori di Festival Film Bandung. Adapun nominasi yang dimaksud adalah Film Bioskop Terpuji, Pemeran Pembantu Terpuji Film Bioskop untuk Umay Shahab dan Penata Editing Terpuji Film Bioskop untuk Hendra Adhi Susanto.

Sang sutradara juga masuk nominasi untuk kategori Sutradara Terpuji, sedangkan sang kamerawan, Bagoes Tresna Aji, mendapat nominasi untuk Penata Kamera Terpuji Film Bioskop. Adapun pengumuman ini disampaikan melalui akun Instagram resmi "Mencuri Raden Saleh."

7. Film Bergenre Heist Pertama di Indonesia


Film Bergenre Heist Pertama di Indonesia
Instagram/mencuriradensalehfilm

Meski ada banyak film yang mengangkat tema pencurian untuk ceritanya, namun di Indonesia, "Mencuri Raden Saleh" menjadi film pertama yang mengusung genre heist. Pada umumnya, film dengan genre heist menampilkan karakter yang memiliki keterampilan, kelihaian, kecerdikan, dan keberanian para pencurinya untuk melancarkan aksinya.

Menariknya lagi, aksi pencurian karya besar dalam film ini dilakukan oleh sekelompok mahasiswa, yang memiliki kelebihan masing-masing. Oleh sebab itu, tak mengherankan film yang menelan anggaran fantastis ini mampu menarik jutaan penonton sejak perdana ditayangkan di bioskop pada Agustus lalu.

8. Syuting di Kawasan SCBD


Syuting di Kawasan SCBD
Instagram/mencuriradensalehfilm

Sutradara memilih kawasan SCBD Jakarta sebagai lokasi untuk mengambil adegan aksi "Mencuri Raden Saleh". Dalam salah satu adegan, Angga menuturkan bahwa proses produksi melibatkan 20 mobil baru yang kemudian benar-benar hancur. Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan adegan dan agar mendapatkan kesan keaslian aksi.

Bahkan untuk proses syutingnya, sang sutradara harus memblokir salah satu ruas jalan di SCBD, Jakarta Selatan. Selain banyaknya kamera yang digunakan seperti penjelasan di poin sebelumnya, banyaknya mobil yang dipakai juga menjadi alasan mengapa biaya produksi untuk film ini terbilang tinggi.

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait