7 Destinasi Wisata Murah di Banyuwangi Ini Tak Kalah dari Bali
Travel

Meski murah dan terjangkau, 7 lokasi wisata di Banyuwangi ini punya keindahan yang luar biasa, lho. Mau tahu?

WowKeren - Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa. Di zaman yang penuh dengan kemudahan ini, indahnya alam di Tanah Air telah terdengar hingga negara-negara lain. Banyak destinasi wisata kita yang menjadi favorit untuk para wisatawan asing.

Salah satu yang terkenal adalah Bali. Kebanyakan orang luar negeri mengenal Indonesia karena indahnya Pulau Dewata. Bali pun menjadi salah satu ikon Indonesia di mata dunia.

Namun, kalian perlu tahu bahwa tak hanya Bali yang memiliki destinasi wisata yang patut di kunjungi. Tak jauh dari Bali, Banyuwangi pun kini menjadi daerah yang mulai dimanfaatkan keindahan alamnya untuk wisata.

Kalian tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk dapat berlibur di Banyuwangi. Pasalnya, banyak destinasi wisata yang ramah dikantong, lho. Mulai dari pantai, gunung, taman nasional dan banyak lagi.

Mau tahu apa saja? Siap-siap ingin langsung berangkat, ya?

1. Kawah Ijen


Kawah Ijen

Kawah Ijen mungkin menjadi salah satu destinasi wisata di Banyuwangi yang sangat terkenal dan mainstream. Namun, kawah tersebut merupakan tempat wajib yang harus kalian kunjungi. Dijamin pendakian sekitar 2 jam tidak akan sia-sia.

Pasalnya, kawah ijen merupakan salah satu dari dua tempat di seluruh dunia di mana kita bisa melihat Api Biru atau Blue Fire. Fenomena ini juga terjadi di Islandia. Wah, kita patut bersyukur tidak perlu jauh-jauh untuk melihat indahnya Api Biru, ya.

Kalian hanya perlu mengeluarkan uang Rp 5 ribu hingga Rp 7 ribu untuk dapat menikmati keindahan dari atas kawah. Bagaimana menurut kalian? Tertarik berkunjung ke Kawah Ijen?

2. Jawatan Benculuk


Jawatan Benculuk

Bagi kalian yang senang mengambil foto untuk feeds Instagram. Kalian harus datang ke Jawatan Benculuk.

Jawatan Benculuk dulunya bukan tempat wisata, melainkan area resapan air dan penimbun kayu jati yang dikelola oleh Pertunani Banyuwangi. Area ini kini banyak dikunjungi pengunjung karena pesona pohon-pohon trembesi yang menjulang tinggi dan rindang.

Lokasi ini biasanya juga dijadikan tempat foto pra nikah, lho. Kalian juga bisa datang sore hari ke Jawatan Benculuk untuk sekedar bersepeda, jalan-jalan atau bersantai dengan secangkir kopi sembari menikmati indahnya cahaya matahari yang menerobos masuk melalui celah-celah pepohonan.

Masuk ke Jawatan Benculuk, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Namun, jika ingin menikmati aktivitas lain seperti memancing dan arung jeram, jelas ada biaya tambahan, ya.

3. Pantai Sukamade


Pantai Sukamade

Banyuwangi memiliki banyak destinasi wisata pantai. Salah satunya adalah Pantai Sukamade. Pantai ini merupakan surganya untuk penyu bertelur.

Terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, Pantai Sukamade menjadi favorit para penyu bertelur karena lokasinya yang terpencil. Sehingga mereka merasa aman dan minim gangguan dari manusia.

Kalian dapat membantu melepaskan bayi penyu yang lucu ini ke lautan lepas. Unit Pengelola Konservasi Penyu (UPKP) menyediakan fasilitas tersebut dengan hanya membayar sekitar Rp 50 ribu.

4. Teluk Hijau (Green Bay)


Teluk Hijau (Green Bay)

Teluk Hijau atau Green Bay merupakan destinasi wisata yang hits di Banyuwangi. Pemandangannya tidak kalah indah dari Maya Bay di Thailand yang terkenal.

Disebut Teluk Hijau karena dari kejauhan airnya akan berwana hijau. Lokasi tempat wisata ini tersembunyi di antara tebing-tebing karang. Namun, untuk mencapai lokasi ini kalian memerlukan usaha dan nyali.

Setelah sampai di Pantai Rajegwesi, kalian harus menyusuri tebing dan lembah selama kurang lebbih satu jam. Atau kalian dapat menaiki perahu selama kurang lebih 15 menit dengan menghadapi ombak pantai selatan yang cukup ganas. Biayanya hanya sekitar Rp 35 ribu, lho.

5. Pantai Plengkung (G-Land)


Pantai Plengkung (G-Land)

Jika kalian gemar berselancar, di Banyuwangi juga terdapat pantai yang menjadi lokasi favorit untuk melakukan olahraga air tersebut. Pantai ini telah banyak dikunjungi oleh wisatawan dari Amerika, Brasil maupun Australia.

Pantai yang juga dikenal dengan nama G-Land ini diakui sebagai tempat berselancar terbaik di Asia Tenggara. Ombaknya juga merupakan salah satu dari tujuh yang terbaik di dunia, lho.

Namun, jika kalian tidak menyukai aktivitas tersebut, pemandangan di sini juga tak kalah indahnya. Kalian dapat menikmati sunset, snorkeling atau bersepeda menyusuri kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

6. Desa Adat Kemiren, Suku Osing


Desa Adat Kemiren, Suku Osing

Suku Osing merupakan penduduk asli Banyuwangi. Untuk menjaga keaslian suku tersebut, pemerintah kemudian menetapkannya sebagai daerah cagar budaya dan mengembangkannya sebagai Desa Wisata Suku Osing.

Berkunjung ke desa ini kalian dapat melihat rumah-rumah kuno khas Suku Osing dan berbagai aktivitas yang masih tradisional. Kalian juga bakal disuguhi berbagai pertunjukan kesenian suku tersebut.

Tak memerlukan biaya banyak, kalian cukup mengeluarkan uang sejumlah Rp. 5 ribu untuk dapat masuk ke Desa Wisata Suku Osing. Yuk ajak adik-adik atau anak-anak kalian lebih mengenal sejarah dengan berkunjung ke desa ini.

7. Taman Nasional Baluran


Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan di Banyuwangi. Lokasi yang dikenal dengan nama Africa Van Java ini disebut sebagai padang savana terluas di Pulau Jawa.

Kalian bakal merasakan suasana seperti berada di Afrika saat berkunjung ke sini. Semua hewan akan berkeliaran bebas di lokasi ini. Seperti rusa, burung merak, banteng, burung elang, monyet, kancil, bangau dan masih banyak lagi.

Jika ingin berkunjung ke sini, kalian cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 15 ribu, lho. Wah, murah dan terjangkau banget, ya?

Loading...

You can share this post!

Related Posts