Sederet Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Sehari untuk Hindari Depresi dan Penyakit Mental Lain
Health

Kegiatan sederhana, jalan kaki ternyata bisa menjadi solusi agar terhindar dari perasaan depresi dan penyakit mental lainnya.

WowKeren - Akhir-akhir ini penggemar dunia hiburan dikejutkan dengan kabar mengenai Selena Gomez yang mendadak kembali dilarikan ke rumah sakit. Ya, mantan kekasih Justin Bieber tersebut dikatakan menderita gangguan emosional berupa kecemasan dan depresi.

Banyak yang tak menyangka bahwa Selena mengidap penyakit mental tersebut. Selama ini, artis berusia 26 tahun ini dikenal periang. Selena sendiri sudah mendapatkan perawatan dari rumah sakit selama beberapa kali.

Depresi bukanlah sebuah penyakit mental yang mudah dilawan. Selain dukungan dari orang lain, penderita depresi juga harus berusaha melawan beragam pikiran negatif yang menyerangnya.


Selain beragam tips melawan depresi, kamu ternyata juga bisa mengatasinya dengan mudah. Salah satu caranya adalah dengan berjalan kaki.

Ya, berjalan kaki selama 30 menit sehari membawa banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk kesehatan mental. Dilansir dari Hellosehat pada Sabtu (13/10), jalan kaki menurut Jeff Miller, Ph.D, seorang psikolog dari Saint Xavier University, dapat memberikan dampak positif berupa energi. Berjalan kaki juga mampu mengendalikan perasaan berbunga-bunga, antusias tinggi, sukacita, kegembiraan, dan kepekaan. Itu karena meningkatnya hormon endorfin dalam otak.

Apa saja manfaat lain dari jalan kaki untuk menghindari depresi dan berbagai penyakit mental ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

(wk/silm)

1. Jalan Kaki Bisa Memperbaiki Suasana Hati


Jalan Kaki Bisa Memperbaiki Suasana Hati
The Local Sweden

Jalan kaki selama minimal 30 menit sehari banyak memberikan manfaat untuk kesehatan. Bukan cuma pada tubuh, jalan kaki 30 menit sehari juga turut menyumbangkan manfaat baik untuk kesehatan mental.

Berjalan kaki selama 30 menit sehari memiliki manfaat yang sama dengan makan 3 buah dark chocolate. Selama ini, cokelat diketahui menjadi salah satu makanan yang kerap disebut dapat memperbaiki mood. Sayangnya, cokelat juga banyak dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Namun, jika kamu ingin memperbaiki mood tanpa khawatir kenaikan berat badan, jalan kaki selama 30 menit sehari jawabannya.

Orang yang rutin jalan kaki akan mengalami perubahan sistem saraf. Hal itu akan membuat suasana hati menjadi lebih baik dan juga menimbulkan perasaan senang. Kamu bisa mencoba melakukan jalan kaki selama 30 menit sehari untuk memperbaiki suasana hati, membuat harimu lebih produktif, dan senantiasa berpikiran positif agar terhindar dari depresi.

2. Jalan Kaki Bisa Mengurangi Stres


Jalan Kaki Bisa Mengurangi Stres
Reader's Digest

Salah satu penyebab depresi dan penyakit mental lainnya adalah perasaan stres yang berlebihan. Jika dibiarkan berlarut, perasaan stres juga bisa membuatmu terkena berbagai penyakit tubuh lainnya.

Untuk mencegah stres, kamu bisa melakukan hal yang sederhana seperti berjalan kaki selama 30 menit sehari. Berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik yang lain mampu melepaskan hormon endorfin. Hormon tersebut berfungsi untuk membuat perasaanmu lebih baik, mengurangi rasa cemas, dan juga membuat tidur lebih nyenyak.

3. Jalan Kaki Bisa Membuat Otak Lebih Kreatif


Jalan Kaki Bisa Membuat Otak Lebih Kreatif
Livemint

Dipercaya membantu mencegah teridap penyakit mental, jalan kaki 30 menit sehari juga memberikan efek positif lainnya untuk otak. Berjalan kaki selama 30 menit sehari bisa meningkatkan kreatifitasmu.

Sebuah penelitian di Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition pada tahun 2014 lalu membuktikan bahwa berjalan kaki bisa memicu kreativitas. Dengan begitu, kamu juga sekaligus sudah melakukan terapi berpikir positif yang baik untuk kesehatan mental.

4. Jalan Kaki Sebagai Sarana Meditasi


Jalan Kaki Sebagai Sarana Meditasi
Verywell Fit

Untuk mengurangi tekanan mental, beberapa orang memilih untuk melakukan meditasi. Namun, meditasi yang ringan dan tak perlu banyak persiapan bisa kamu lakukan hanya dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari.

Berjalan kaki selama 30 menit sebagai sarana meditasi bisa berguna untuk mencairkan perasaan cemas. Oleh karena itu tak perlu bingung memilih sarana meditasi yang lain, cukup dengan berjalan kaki saja selama 30 menit sehari.

5. Jalan Kaki untuk Meningkatkan Kadar Vitamin D Sebagai Pencegah Depresi


Jalan Kaki untuk Meningkatkan Kadar Vitamin D Sebagai Pencegah Depresi
LakeNormanPublications

Salah satu penyebab depresi adalah kurangnya asupan vitamin D dalam tubuh. Dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari, terutama di luar ruangan, kamu akan sekaligus mendapatkan asupan vitamin D.

Dengan meningkatnya vitamin D dalam tubuh, kamu bisa terhindar dari penyakit mental seperti kecemasan dan juga depresi. Meski bisa didapatkan dari beragam makanan, vitamin D yang didapatkan langsung dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari tentu akan lebih baik.

6. Jalan Kaki Bisa Meningkatkan Harapan Hidup


Jalan Kaki Bisa Meningkatkan Harapan Hidup
Cotswolds AONB

Selain memberikan manfaat untuk kesehatan mental, berjalan kaki selama 30 menit sehari bisa memperpanjang harapan hidupmu. Hasil studi menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit sehari bisa memperpanjang harapan hidup seseorang mulai dai 5 hingga 7 tahun.

Harapan hidup yang bertambah tersebut lantaran berjalan kaki merupakan sebuah kebiasaan sehat. Dengan melakukan jalan kaki 30 menit sehari, tubuh dan jiwa akan menjadi lebih sehat.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru