Hati-Hati, Ini 9 Makanan Diet yang Seharusnya Tidak Dikonsumsi Menurut Para Ahli
thegreencreator.com
Lifestyle

Terkadang, makanan untuk diet memang memiliki kalori yang rendah, tapi tidak untuk kandungan gulanya.

WowKeren - Makanan menjadi satu hal yang sangat mempengaruhi usaha diet kita. Untuk mendapatkan tubuh ideal, seseorang memang harus sangat memperhatikan asupan yang masuk ke tubuh. Mulai dari porsi, kalori dan kandungan-kandungan di dalamnya.

Semakin maraknya metode diet, semakin banyak juga makanan-makanan yang diklaim baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Namun, kalian tidak boleh terlalu mempercayai teknik marketing produsen makanan tersebut.


Terkadang, makanan tersebut memang memiliki kalori yang rendah, tapi tidak untuk kandungan gulanya. Selain itu, beberapa makanan vegan juga memiliki karbohidrat tinggi. Tentu hal tersebut enggak bagus buat diet kalian, kan?

Nah, berikut ini terdapat 9 makanan diet menurut para ahli yang seharusnya enggak dikonsumsi kalau ingin mendapatkan tubuh ideal. Mau tahu? Simak di sini, ya.

(wk/nris)

1. Jangan Konsumsi Diet Soda saat Proses Menurunkan Berat Badan


Jangan Konsumsi Diet Soda saat Proses Menurunkan Berat Badan

Apa kalian pecinta soda dan tidak bisa menahan diri mengonsumsi minuman itu meski sedang diet? Jangan sekali-kali termakan rayu diet soda yang mengklaim dirinya bebas kalori. Hal tersebut memang benar, namun diet soda memiliki pemanis buatan berupa spartame, suclarose, acesulfame-kalium, dan pemanis lainnya yang tidak berkalori.

Perlu kalian ketahui bahwa kandungan tersebut memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan dengan gula biasa. Menurut Brooke Alpert, RD, penulis The Sugar Detox, pemanis tersebut dapat menyebabkan memudarnya indra pengecap kita terhadap makanan yang mengandung pemanis alami.

Selain itu, mengonsumsi diet soda tidak berarti berat badan kalian akan turun. Diet soda memicu insulin yang akan mempengaruhi penyimpanan lemak di tubuh sehingga malah menyebabkan kenaikan berat badan. Resiko diabetes dan sindrom metabolik juga dapat meningkat akibat konsumsi diet soda, lho.

2. Yogurt Aneka Rasa Tidak Baik untuk Tubuh


Yogurt Aneka Rasa Tidak Baik untuk Tubuh

Saat diet, banyak orang yang memilih yogurt sebagai camilan nikmat. Hal ini tidak salah jika kalian mengonsumsi plain yogurt alias yogurs tanpa rasa. Perlu kalian ketahui bahwa yogurt aneka rasa merupakan makanan yang seharusnya tidak dikonsumsi saat diet lantaran memiliki kandungan gula tinggi.

Yogurt aneka rasa dengan takaran penyajian 245 gr memiliki 281 kalori dengan kandungan lemak jenuh sebesar 1,6 gr, 137,2 mg sodium, 486 mg potasium, 42,5 gr karbohidrat, 32,7 gr gula, dan 8,7 gr protein. Jika dibandingkan dengan plain yogurt dengan takaran sama, yogurt aneka rasa memiliki kandungan kalori, karbohidrat, sodium, dan gula yang lebih tinggi.

3. Protein Bars, Cara Terburuk untuk Diet


Protein Bars, Cara Terburuk untuk Diet

Selain yogurt aneka rasa, sebagian orang mengonsumsi protein bar sebagai camilan. Menurut Brian St Pierre, RD, CSCS, direktur kinerja di Presisi nutrisi mengatakan bahwa protein bar terkadang tidak memiliki banyak kandungan protein di dalamnya.

Tetapi, sering kali sebuah protein bar tidak benar-benar memiliki banyak protein di dalamnya," ujar Brian. "Tanpa protein yang cukup, sebuah camilan tidak akan bisa memuaskan rasa lapar kalian dalam waktu yang lama." Hal tersebut tentu menyebabkan kalian ingin memakan bungkusan protein bar kedua.

Selain itu, jika protein baru memiliki dua kalian lebih banyak karbohidrat dibanding protein, kalian bisa saja mengalami kenaikan gula darah. Tubuh tidak perlu menggunakan insulin untuk memproses protein, namun tidak dengan karbohidrat. Lonjakan insulin akibat makan protein bar malah akan membuat tubuh makin lapar, lho.

4. Hindari Konsumsi Buah Kering saat Diet


Hindari Konsumsi Buah Kering saat Diet

Buah diet sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun hanya kandungan gizinya berbeda sebelum diproses. Nutrisi dalam buah yang dikeringkan akan sedikit berkurang selama proses pengeringannya. Selain itu, , ada beberapa buah kering yang dikemas menggunakan sulfus dioksida, yaitu antioksidan buatan dan agen anti bakteri agar tahan lama dan tidak berubah warna.

Hal tersebut membuat buah-buahan tersebut sulful oksidan yang lebuh tinggi dari buah segar. Beberapa orang yang sensitif dengan kandungan tersebut akan menyebabkan masalah pernapasan, sakit kepala bahkan gatal-gatal. Kalian juga perlu tahu bahwa buah kering juga mengandung pemanis buatan.

5. Oatmeal Instan Tak Baik Dikonsumsi untuk Diet


Oatmeal Instan Tak Baik Dikonsumsi untuk Diet

Oatmeal, makanan yang juga kerap dikonsumsi orang yang tengah diet. Makanan ini mengandung biji-bijian gandum yang sebenarnya baik untuk tubuh. Tak hanya menurunkan berat badan, tapi juga untuk kesehatan jantung dan lainnya.

Sayangnya, oatmeal yang kerap dikonsumsi adalah yang instan yang umumnya mengandung kayu manis, gula merah maple dan pemanis lain yang menambah kalori. Maka dari itu, pilih lah oatmeal yang mengandung gandum utuh dan tanpa rasa. Kalian bisa menambahkan pemanis alami sendiri, kok. Sebut saja madu dan buah-buahan segar dapat menjadi topping oatmeal.

6. Tren Diet dengan Acai Bowl


Tren Diet dengan Acai Bowl

Acai bowl disebut sebagai makanan sehat yang menyenangkan. Makanan ini cukup digandrungi masyarakat urban dan mudah ditemukan di mana-mana saat ini. Dalam satu mangkuk, kalian akan mendapatkan smoothies acai dengan tambahan topping buah-buahan, kacang-kacangan yang di susun rapi dan mempercantik tampilannya.

Namun, menurut Lana Muhlstein, R.D, ahli diet di Beverly Hills, California, mengonsumsi acar bowl tak boleh dijadikan sebagai menu utama melainkan untuk camilan sesekali Acai bowl disebut sebagai "sarang gula" karena mengandung 50 gram gula atau setara dengan 12 sendok teh gula. Nah, bukannya kurus kalian bisa-bisa terkena diabetes jika mengonsumsinya setiap hari.

7. Jangan Konsumsi Smooties Bungkusan, Buat Sendiri di Rumah!


Jangan Konsumsi Smooties Bungkusan, Buat Sendiri di Rumah!

Minuman yang banyak dikonsumsi saat diet adalah smoothie. Selain rasanya enak, minuman satu ini membantu banyak untuk diet. Namun, smoothie bungkusan yang dijual di pasaran belum tentu dapat membantu kalian menurunkan berat badan, lho. Kalian tidak pernah mengetahui seberapa banyak gula yang digunakan untuk membuat smoothie tersebut. Jadi, sebaiknya buat saja sendiri di rumah, ya.

8. Frozen Meals dengan Posri Rendah


Frozen Meals dengan Posri Rendah

Saat ini, banyak dijual paket makanan beku yang mengklaim dirinya rendah kalori dan sehat untuk diet. Biasanya makanan ini memiliki porsi yang rendah. Namun, makanan beku tersebut tidak mengenyangkan sehingga kalian akan mengonsumsi makanan lain setelahnya. Tubuh malah akan tambah melar, deh.

9. Makanan yang Berlabel Fat-Free


Makanan yang Berlabel Fat-Free

Makana fat-free alias bebas lemak memang jadi incaran banyak orang yang tengah menjalani diet. Namun, kebanyakan dari makanan tersebut mengandung gula yang tinggi. Makanan yang diklaim memiliki kalori rendah belum tentu kandungan gulanya juga rendah, ya. Jadi kalian harus tetap memperhatikan bagian kemasannya.

Nah, selain makanan di atas, terdapat juga beberapa buah-buahan yang enggak baik dikonsumsi saat diet. Simak di sini. Kalau mau tahu makanan yang bisa membantu kalian cepat kenyang saat diet, simak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru