Vihara Buddhagaya Watugong, Wisata Sejarah di Semarang yang Bernuansa Tiongkok
Travel

Semarang adalah salah satu kota di Indonesia yang menjadi saksi bisu perjuangan bangsa di masa lalu. Karena itu, di kota ini banyak berdiri bangunan bersejarah seperti berikut ini.

WowKeren - Destinasi wisata bersejarah berikutnya yang ada di Semarang adalah Vihara Buddhagaya Watugong. Dinamakan Watugong karena di kawasan vihara ini ditemukan sebuah batu (watu) yang bentuknya seperti gong.

Komplek vihara ini memiliki luas 2,25 hektar yang dilengkapi dengan bangunan ikonik, yakni Pagoda Avalokitesvara yang memiliki tinggi 45 meter dan dibagi menjadi tujuh tingkatan. Tingkatan itu sendiri melambangkan bilangan tingkatan yang harus dicapai oleh pertapa agar bisa mencapai kesucian.

Pagoda yang memiliki warna dominan merah dan kuning ini merupakan bentuk penghormatan pada Dewi Kwan Sie Im yang dikenal sebagai dewi welas asih. Karena itu, kita bisa menemukan patungnya sesaat setelah tangga naik yang ada tepat di depan vihara. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat pohon Bodhi yang ada di pelataran vihara. Di bawah pohon tersebut terdapat Budha berwarna emas yang sedang bertapa dengan berbagai sajian, di depan, kanan dan kirinya.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait