Gereja Blenduk, Ikon Kota Lama Semarang yang Berdiri Sejak 1753 Silam
Travel

Semarang adalah salah satu kota di Indonesia yang menjadi saksi bisu perjuangan bangsa di masa lalu. Karena itu, di kota ini banyak berdiri bangunan bersejarah seperti berikut ini.

WowKeren - Saat berkunjung ke Semarang, ada baiknya untuk menyempatkan diri mengunjungi Gereja Blenduk. Terletak di kawasan Kota Lama Semarang, gereja ini bernama asli GPIB Immanuel Semarang yang dibangun pada tahun 1753 silam. Karena itu, gereja ini dikenal sebagai gereja tertua di Semarang sekaligus salah satu gereja tertua di Indonesia.

Arsitektur gereja ini sendiri bergaya neo-gothik dengan sentuhan Eropa. Gereja ini memiliki kubah berwarna merah bata yang mencolok, kontras dengan badan gereja yang putih bersih. Kubah tersebut adalah ciri khasnya, karena bentuknya yang tidak seperti gereja-gereja lain.

Sebab bagian kubah gereja ini berbentuk dome yang dilapisi dengan perunggu. Karena itulah, warga sekitar menyebutnya Blenduk. Dan meski dikenal sebagai salah satu bangunan bersejarah, gereja ini masih digunakan untuk tempat peribadatan setiap hari Minggu.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait