Gedung Kesenian Sobokartti, Gedung Kesenian yang Merupakan Saksi Bisu Pemberlakuan Politik Etis
Travel

Semarang adalah salah satu kota di Indonesia yang menjadi saksi bisu perjuangan bangsa di masa lalu. Karena itu, di kota ini banyak berdiri bangunan bersejarah seperti berikut ini.

WowKeren - Wisata sejarah yang ada di Semarang selanjutnya adalah Gedung Kesenian Sobokartti. Gedung ini sendiri didirikan oleh Herman Thomas Karsten pada tahun 1929 karena rasa cintanya pada budaya Jawa. Dan hingga saat ini, Gedung Kesenian Sobokartti masih digunakan untuk menampilkan pertunjukan kesenian, seperti pedalangan, tari tradisional, membatik, membuat wayang hingga pentas karawitan.

Selain itu, Gedung Kesenian Sobokartti juga dikenal sebagai saksi bisu pemberlakuan politik etis oleh Belanda. Politik etis sendiri dilatarbelakangi oleh pandangan Thische Richting yang beranggapan bahwa bumiputera dan bangsa Belanda harus bersatu karena saling membutuhkan. Dan politik etis mencakup tiga bidang, yakni irigasi (pengairan), imigrasi (perpindahan penduduk) serta edukasi (pendidikan).

Demikian delapan destinasi wisata sejarah di Semarang yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Jika kamu ingin mencari tempat-tempat bersejarah yang ada di Yogyakarta, ada baiknya untuk menyimak artikel ini. Selain itu, kamu juga bisa memperhatikan rekomendasi wisata museum yang ada di Surabaya berikut ini.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait