7 Cara Mudah untuk Menjaga Paru-Paru Tetap Sehat, Terapkan Sekarang!
Health

Paru-paru merupakan salah satu organ yang cukup vital dan penting bagi manusia karena berhubungan dengan pernafasan. Karena itu, menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk dilakukan.

WowKeren - Paru-paru adalah salah satu organ yang memiliki peran cukup vital dalam tubuh manusia.Karena paru-paru masuk ke dalam sistem pernafasan dan berkaitan dengan sistem sirkulasi darah.

Paru-paru sendiri terdiri dari paru-paru kanan dan kiri. Masing-masing paru memiliki lobus, di mana paru-paru kanan memiliki 3 lobus, sedangkan paru-paru kiri memiliki dua lobus.


Karena peran pentingnya, jika paru-paru bermasalah, maka pernafasan manusia juga akan terganggu. Hal ini disebabkan karena organ yang berperan untuk memompa oksigen ke seluruh pembuluh darah tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Nah, agar pernafasan berjalan dengan lancar, kita perlu menjaga paru-paru dengan baik. Caranya bisa dimulai dengan memberlakukan gaya hidup sehat. Mau tahu cara apa saja yang bisa kamu terapkan untuk menjaga agar paru-paru tetap sehat? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Jangan Merokok Jika Ingin Paru-Paru Tetap Sehat


Jangan Merokok Jika Ingin Paru-Paru Tetap Sehat

Rokok mengandung zat kimia berbahaya yang bisa menyebabkan terjadinya penggumpalan di dalam paru-paru dan merusaknya. Jika ini terus dibiarkan, maka akan terjadi sejumlah komplikasi paru-paru seperti fibrosis paru idiopatik, asma, PPOK hingga kanker paru-paru.

Rokok dan asapnya hanya akan menyebabkan penyempitan pada saluran pernafasan, yang berujung pada gejala sesak nafas dan peradangan pada jaringan paru-paru. Karena itu, salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan berhenti merokok atau menghindari asap rokok. Baik perokok aktif maupun pasif, penghirup asap rokok sama-sama berisiko penyakit paru-paru.

2. Ingin Paru-Paru Tetap Sehat Tanpa Masalah? Maka Rutinlah Berolahraga


Ingin Paru-Paru Tetap Sehat Tanpa Masalah? Maka Rutinlah Berolahraga

Cara untuk menjaga kesehatan paru-paru lainnya adalah dengan berolahraga secara teratur. Hal ini disebabkan karena olahraga dinilai efektif untuk melatih pernafasan, yang bisa berpengaruh besar terhadap fungsi paru-paru.

Tidak perlu olahraga berat, sebab kamu bisa melakukan sejumlah olahraga ringan seperti jogging, jalan santai atau bahkan yoga. Agar manfaatnya benar-benar terasa, lakukan olahraga tersebut secara rutin dan teratur.

3. Hindari Minuman Beralkohol Jika Ingin Paru-Paru Selalu dalam Kondisi Baik


Hindari Minuman Beralkohol Jika Ingin Paru-Paru Selalu dalam Kondisi Baik

Cara terbaik lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga paru-paru tetap sehat adalah dengan menghindari minuman beralkohol. Hal ini disebabkan karena minuman beralkohol memiliki kandungan zat kimia yang disinyalir dapat memicu penyempitan pada paru-paru hingga membuat seseorang kesulitan bernafas.

Alih-alih alkohol, sebaiknya perbanyak minum air putih, setidaknya 8 gelas per hari. Air putih mengandung oksigen yang ampuh menjaga kesehatan paru-paru, membantu kinerja paru-paru dan membersihkan paru-paru dari kotoran atau lendir yang melekat.

4. Hindari Udara Kotor dan Bau Menyengat Agar Paru-Paru Tetap Sehat


Hindari Udara Kotor dan Bau Menyengat Agar Paru-Paru Tetap Sehat

Salah satu penyebab paru-paru bermasalah adalah debu dan polusi udara. Karena itu, jika ingin menjaga kesehatan paru-paru sebaiknya hindari polusi udara di sekitarmu. Saat berada di luar ruangan, usahakan untuk selalu menggunakan masker untuk menutupi saluran pernafasan dari kontaminasi udara kotor.

Selain itu, hindari juga mencium sesuatu yang memiliki bau tajam, seperti bau busuk atau basi karena dapat menyebabkan kinerja paru-paru terganggu. Hal ini dikarenakan ketika bau itu masuk ke hidung, bulu hidung tidak bisa bekerja dengan maksimal untuk menyaring bau.

Alhasil, bau itu akan langsung masuk ke saluran pernafasan dan melemahkan kinerja saluran pernafasan. Tapi jika terlanjur menghirup bau busuk, sebaiknya hirup benda-benda yang dapat menetralisir bau, seperti aromaterapi dan bubuk kopi.

5. Rajin Mencuci Tangan Juga Bisa Membuat Paru-Paru Tetap Sehat Loh, Ini Alasannya


Rajin Mencuci Tangan Juga Bisa Membuat Paru-Paru Tetap Sehat Loh, Ini Alasannya

Kegiatan mencuci tangan yang sering kita abaikan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk menjaga kesehatan paru-paru. Jika tangan jarang dicuci, apalagi setelah melakukan aktivitas yang mengotori tangan, seseorang bisa terinfeksi virus maupun bakteri yang bisa menyerang paru-paru.

Karena itu, mulai sekarang biasakan mencuci tangan setelah beraktivitas ya, terutama di luar ruangan. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan sabun antiseptik dan lebih baik lagi jika dibasuh menggunakan air hangat untuk mempercepat pembasmian bakteri atau kuman.

6. Jaga Kesehatan Paru-Paru dengan Menerapkan Pola Makan Sehat dan Cukupi Suplai Antioksidan


Jaga Kesehatan Paru-Paru dengan Menerapkan Pola Makan Sehat dan Cukupi Suplai Antioksidan

Menerapkan pola makan sehat dipercaya dapat menjaga kesehatan paru-paru. Hal ini disebabkan karena perpaduan makanan bergizi dan susu murni dipercaya ampuh untuk membersihkan paru-paru. Karena itu, makanan seperti keju, ikan, kacang-kacangan dan daging merah sebaiknya selalu ada di menu makanan harian.

Selain itu, usahakan juga untuk mencukupi suplai antioksidan yang bisa didapatkan dari sejumlah makanan, seperti buah dan sayur. Kedua jenis makanan ini kaya akan vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan pencegah kerusakan paru-paru akibat oksidasi.

7. Kelola Stres dengan Baik Agar Paru-Paru Tidak Bekerja Ekstra


Kelola Stres dengan Baik Agar Paru-Paru Tidak Bekerja Ekstra

Paru-paru akan bekerja lebih ekstra saat seseorang dilanda stres, sedih hingga depresi. Jika terus dibiarkan, lama kelamaan fungsi paru-paru bisa mengalami penurunan dan berpotensi terserang penyakit paru-paru.

Karena itu, kendalikan stres dengan baik agar tidak terlalu mengganggu paru-paru maupun organ tubuh vital lainnya. Daripada stres berlebihan, sebaiknya jaga tubuhmu tetap sehat dengan melakukan delapan cara ini.

Demikian tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa kebiasaan mudah yang ampuh untuk menjaga kesehatan otak.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru