Penting Dilakukan, Ikuti 8 Cara Ini Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Puasa
Health

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Saat berpuasa, kita rentan mengalami masalah yang berkaitan dengan gigi dan mulut. Hal ini dikarenakan tubuh tidak mendapat asupan cairan selama berjam-jam hingga membuat bibir menjadi kering. Selain itu, mulut juga akan mengeluarkan aroma tidak sedap meski kita telah menyikat gigi. Belum lagi jika kita mengalami sariawan yang juga sering muncul saat puasa.

Berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut ini tentunya akan membuat kita merasa tidak nyaman. Apalagi jika tengah berinteraksi dengan orang lain, kita mungkin akan merasa kurang percaya diri. Karena itu, penting untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut saat sedang berpuasa. Penasaran bagaimana caranya? Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Menyikat Gigi dengan Benar Setelah Buka dan Sahur


Menyikat Gigi dengan Benar Setelah Buka dan Sahur

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama puasa adalah dengan menyikat gigi secara rutin. Sebaiknya sikat gigimu minimal dua kali sehari setelah sahur dan sebelum istirahat malam. Pastikan kamu menyikat semua bagian gigi, mulai dari permukaan dalam gigi hingga permukaan luar gigi.

Hal ini penting dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang bisa menyebabkan plak atau sarang bakteri pada gigi. Jika perlu, gunakan pasta gigi yang mengandung fluorida agar bisa mencegah pembentukan rongga dan memperkuat gigi.

2. Gunakan Obat Kumur


Gunakan Obat Kumur

Setelah menyikat gigi, jangan lupa untuk berkumur menggunakan obat kumur. Hal ini penting dilakukan agar kamu bisa membersihkan sela-sela gigi, permukaan lidah dan gusi, serta mulut bagian belakang atau kerongkongan.

Selain itu, beberapa obat kumur juga bisa digunakan untuk mengurangi bau mulut, menjaga mulut tetap lembab dan menetralkan zat asam. Usahakan untuk memilih obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Untuk menjaga kesegaran mulut, gunakan obat kumur saat sahur dan setelah berbuka puasa.

3. Gunakan Pembersih Lidah


Gunakan Pembersih Lidah

Selain membersihkan gigi, kita juga perlu menjaga kebersihan lidah. Hal ini bertujuan untuk mencegah bakteri jahat dan jamur berkembang biak. Ada beberapa manfaat jika kamu membersihkan lidah secara rutin. Yakni mencegah bau mulut, membuat nafas jadi lebih segar, mengurangi plak di lidah serta menjaga sensitivitas rasa di lidah.

Untuk membersihkan lidah, sebaiknya gunakan alat pembersih lidah atau tongue cleaner yang terbuat dari plastik atau logam. Jika kamu berisiko muntah saat membersihkan lidah dengan tongue cleaner, sebaiknya lakukan sebelum makan sahur. Dan agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya lakukan pembersihan ini sebanyak dua kali sehari ya.

4. Minum Air Putih yang Cukup


Minum Air Putih yang Cukup

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab masalah kesehatan gigi dan mulut saat berpuasa adalah karena kurangnya cairan yang diterima tubuh. Kondisi ini menyebabkan produksi air liur yang berfungsi untuk menetralkan asam dalam mulut menurun drastis.

Karena itulah, usahakan untuk minum air putih yang cukup setiap hari. Asupan cairan yang disarankan adalah 1,5 - 2 liter per hari atau minimal delapan gelas sehari. Untuk mencapai target itu, kamu bisa menerapkan pola 2-4-2. Pertama minum 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air sebelum tidur dan 2 gelas air saat sahur. Selain itu, usahakan pula untuk meminum air putih hangat karena lebih nyaman dan sehat untuk tubuh.

5. Konsumsi Buah dan Sayur


Konsumsi Buah dan Sayur

Cara lain yang cukup efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur yang mengandung vitamin C serta kalsium yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut dari infeksi, sariawan dan menjadikan mulut lebih sehat.

Selain itu, buah dan sayur ternyata juga dapat mengembalikan zat mineral pada gigi. Manfaat ini diperoleh dari kandungan serat yang ada di dalamnya. Contoh buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin C adalah jeruk, mangga, brokoli, paprika, kacang polong dan sebagainya.

6. Kurangi Konsumsi Makanan Manis dan Berbau Menyengat


Kurangi Konsumsi Makanan Manis dan Berbau Menyengat

Saat berbuka puasa, kebanyakan kita akan memakan makanan manis yang lezat rasanya. Padahal terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dapat merusak gigi dan menimbulkan lubang pada gigi. Jika sudah demikian, gigi akan terasa nyeri dan mulut akan berbau kurang sedap. Karena itulah, usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan manis saat sahur maupun berbuka.

Kurangi juga konsumsi makanan yang berbau menyengat seperti petai, jengkol dan durian. Jenis makanan ini dapat memberikan efek bau yang bertahan lama di dalam mulut. Selain itu, sebaiknya hindari berbagai makanan lengket seperti cokelat, sereal dan keju. Serpihan ketiga makanan ini bisa menyebabkan penumpukan karang gigi dan membahayakan kesehatan gigi dan mulut.

7. Kurangi Kebiasaan Merokok


Kurangi Kebiasaan Merokok

Diketahui bersama bahwa merokok dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk pada gigi dan mulut. Di antara masalah gigi dan mulut yang ditimbulkan oleh rokok adalah bau mulut, penyakit periodontal, perubahan warna gigi, dan peningkatan penimbunan plak gigi.

Karena itu, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan merokok di bulan Ramadan. Jika biasanya kamu menghabiskan 1-2 batang rokok dalam sehari, coba kurangi menjadi separuhnya saja. Jika kamu tidak tahan dan ingin segera merokok, coba makan permen mint atau lakukan kegiatan lain yang bisa mengalihkan perhatianmu. Manfaatkan momen puasa ini sebagai terapi berhenti merokok secara perlahan ya.

8. Periksakan ke Dokter Secara Berkala


Periksakan ke Dokter Secara Berkala

Memeriksakan diri secara berkala ke dokter dapat membantumu menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa. Hal ini diperlukan agar kamu bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut jika ternyata memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, kamu juga bisa meminta dokter gigi untuk memberimu obat kumur agar kesehatan gigi dan mulut senantiasa terjaga saat puasa.

Demikian delapan tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai tips menjalankan puasa saat sedang flu dan batuk. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips membuat tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru