8 Jembatan di Indonesia Ini Terkenal Angker, Berani Menyeberang?
Unsplash/Luke Besley
Travel

Di Indonesia, ada beberapa jembatan yang kental dengan suasana mistisnya. Kesaksian masyarakat sekitar menyebut jika orang-orang yang melintas kerap diganggu oleh makhluk astral.

WowKeren - Mendengar kata tempat angker bisa membuat bulu kuduk siapa pun berdiri. Meski demikian, tempat yang sarat dengan nuansa mistis justru menjadi daya tarik tersendiri. Tak sedikit orang yang justru penasaran dan ingin mendatangi tempat-tempat seperti ini.

Di Indonesia, ada banyak tempat yang diyakini "dihuni" oleh makhluk tak kasat mata. Bahkan tak jarang dilaporkan terjadi penampakan sehingga membuat sebagian orang takut. Penampakan bisa terjadi di mana saja, termasuk di jembatan.

Di Indonesia, ada beberapa jembatan yang kental dengan suasana mistisnya. Kesaksian masyarakat sekitar menyebut jika orang-orang yang melintas kerap diganggu oleh makhluk astral yang dipercaya menjadi penunggu jembatan itu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak lebih lanjut ulasan berikut.

(wk/zodi)

1. Jembatan Ancol, Jakarta


Jembatan Ancol, Jakarta
Instagram/standieabeniel

Berbicara mengenai jembatan angker di Indonesia, nama jembatan legendaris yang satu ini tak boleh ketinggalan. Legenda mistisnya sudah sangat populer hingga sempat diangkat ke layar kaca. Kisah mistis yang terkenal adalah tentang kisah Si Manis Jembatan Ancol yang diyakini sebagai penunggu jembatan tersebut.

Legenda menyebut jika dulunya ada seorang perempuan yang mengalami nahas diperkosa beramai-ramai oleh beberapa orang pria. Kemudian jasad wanita itu dibuang di bawah jembatan. Warga setempat percaya jika arwah wanita ini penasaran hingga suka menghantui tempat tersebut. Kecelakaan yang terjadi di jembatan ini juga sering dikait-kaitkan dengan sosok penunggu tersebut.

2. Jembatan Suramadu, Surabaya-Madura


Jembatan Suramadu, Surabaya-Madura
Instagram/caionugroz

Selanjutnya ada Jembatan Suramadu. Seperti namanya, jembatan sepanjang 5 kilometer lebih ini membentang di atas selat yang menghubungkan Kota Surabaya dengan Pulau Madura. Siapa sangka, jembatan megah yang diresmikan pada tahun 2009 lalu ini menyimpan cerita mistis.

Salah satu cerita yang populer lewat mulut ke mulut adalah mengenai sosok wanita yang disebut sundel bolong ada si sekitar pintu masuk. Mitos juga menyebutkan jika beberapa pengendara terkadang dikecoh dengan jembatan bercabang sehingga mereka akan salah jalan dan mobil mengalami kecelakaan.

3. Jembatan Musi II, Palembang


Jembatan Musi II, Palembang
Instagram/waone_kecevhit

Beralih ke Pulau Sumatera, ada Jembatan Musi II Palembang yang juga diyakini masyarakat menyimpan kisah mistis. Konon, ada sosok hantu wanita yang disebut 'Noni' oleh warga sekitar. Noni adalah panggilan bagi perempuan keturunan Belanda.

Sosok gadis Belanda bernama Elisse Edwind Rikkar van Eindhoven diyakini menjadi penunggu jembatan itu. Legenda menyebut bahwa wanita malang itu meninggal karena diperkosa dan dibunuh di sana. Alhasil, arwahnya diyakini penasaran dan ingin menuntut balas pada setiap lelaki yang melintasi jembatan itu.

4. Jembatan Eretan, Indramayu


Jembatan Eretan, Indramayu
Instagram/andik_ferioembrio79

Bagi masyarakat Indramayu, Jawa Barat, Jembatan Eretan menyimpan cerita tak masuk akal yang sulit dinalar sejak dulu kala. Legenda menyebut jika pengendara yang melintas akan "diganggu" dengan sosok yang meminta tumpangan. Lalu setelah diberi tumpangan, sosok tersebut menghilang dan tempat tujuan berubah menjadi kuburan.

Jembatan ini sendiri dibangun pada masa penjajahan Jepang. Pada tahun 2014 lalu, sempat terjadi kecelakaan ketika sebuah bus penumpang yang melaju cepat melawan arus hingga akhirnya menewaskan seorang gadis. Konon, sosok wanita ini masih kerap menampakkan diri di lokasi kejadian.

5. Jembatan Comal, Pemalang


Jembatan Comal, Pemalang
Instagram/rcosanda

Jembatan ini terletak di perbatasan Comal dan Ampelgading yang dibangun di atas Kali Comal. Jembatan Comal sempat roboh pada tahun 2014 lalu, yang sebelumnya juga pernah terjadi insiden serupa beberapa dekade sebelumnya. Robohnya jembatan ini oleh masyarakat setempat dikaitkan dengan kisah mistis.

Yang lebih menyeramkan lagi, di jembatan yang berada di Jalur Pantura ini sering terjadi kecelakaan tanpa sebab yang jelas. Informasi dari mulut ke mulut menyebut jika pengendara yang lewat akan diganggu oleh tangis dan jeritan bayi, hingga sosok anak kecil yang tiba-tiba melintas.

6. Jembatan Cincin, Sumedang


Jembatan Cincin, Sumedang
Instagram/budi_ryan

Jembatan Cincin adalah sebutan untuk Jembatan Cikuda yang ada di Jatinangor. Penyebutan ini tak lepas dari struktur jembatan itu sendiri yang melengkung layaknya jembatan kereta api di Eropa. Jembatan yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini dulunya digunakan untuk mengangkut hasil perkebunan.

Sistem kerja rodi yang begitu keras memakan korban jiwa. Konon, keselamatan para pekerja waktu itu tidak seberapa diperhatikan. Jembatan ini diketahui tidak memiliki tempat untuk menepi sehingga saat kereta lewat, beberapa pekerja harus melompat ke bawah.

7. Jembatan Barelang, Batam


 Jembatan Barelang, Batam
Instagram/batampiknik

Jika di Jawa Timur ada Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Pulau Madura, di Batam ada Jembatan Barelang yang menghubungkan Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru. Jembatan ini dikenal sebagai tempat untuk bunuh diri.

Legenda yang dipercaya adalah tentang larangan mengambil buah mengkudu yang ada di sekitar jembatan. Konon, ada kisah dari seseorang yang sengaja mengambil buah mengkudu dan justru ia diikuti oleh makhluk astral. Di jembatan ini juga terdapat pemakaman yang juga menyimpan banyak cerita misteri.

8. Jembatan Pasupati Bandung


Jembatan Pasupati Bandung
Instagram/yusufcahyap

Jembatan yang disebut-sebut sebagai salah satu ikon Kota Bandung ini juga menyimpan kisah misteri yang menyeramkan. Konon, di jembatan sepanjang lebih dari 2 kilometer ini sering terlihat penampakan sosok wanita yang diyakini tewas akibat bunuh diri dengan terjun dari jembatan.

Itulah jembatan-jembatan angker di Indonesia yang siap membuat bulu kuduk siapa pun yang melintasinya merinding. Terkecuali bagi mereka para "pemburu" makhluk astral yang memang penasaran, maka hal ini justru akan menarik bagi mereka.

Selain jembatan, ada banyak tempat yang kental akan suasana mistisnya. Bahkan tempat ini dijadikan destinasi wisata, seperti yang bisa kamu simak di sini. Simak juga lokasi wisata lainnya di sini, ya.

You can share this post!

Related Posts