APRIL dan Sederet Grup Ini Bubar Sebelum Rayakan 7 Tahun Debut
Instagram/official.april
Selebriti

Berita bubarnya APRIL masih menjadi topik hangat di kalangan penggemar karena grup tersebut tak sempat merayakan tahun debut ketujuhnya. Tak hanya APRIL, sederet grup ini juga bernasib sama.

WowKeren - Mayoritas idol K-Pop telah menyetujui kontrak kerja dengan agensi selama tujuh tahun sebelum resmi debut. Sebab, hukum yang membatasi kontrak idola paling lama adalah tujuh tahun.

Hal inilah yang memunculkan istilah "kutukan 7 tahun" di kalangan penggemar. Pasalnya, para idol diberi kebebasan untuk memperbarui atau menyelesaikan kontrak dengan agensinya setelah 7 tahun. "Kutukan 7 Tahun" terjadi ketika suatu grup gagal melakukan negosiasi kontrak dengan alasan apapun. Parahnya, keputusan final negosiasi tersebut adalah pembubaran grup tersebut.


Beberapa idol diketahui memutuskan untuk hengkang dari grup karena ingin bersolo karier. Baik di bidang tarik suara maupun seni peran. Tidak mengherankan jika banyak penggemar K-Pop yang menjadi was-was ketika idolanya mulai memasuki tahun ketujuh debut.

Meskipun demikian, sederet grup ini malah bubar sebelum melalui "kutukan 7 tahun". Mereka bahkan belum menginjak tahun ketujuh perayaan debut mereka. Siapakah mereka? Simak selengkapnya berikut ini.

(wk/raud)

1. APRIL


APRIL
Instagram/official.april

Pada 28 Januari lalu, DSP Media mengumumkan bahwa APRIL resmi bubar. APRIL dibubarkan ketika memasuki tahun keenam debutnya. Pihak agensi menyatakan bahwa pembubaran girl grup ini atas kesepakatan bersama.

Meskipun demikian, DSP Media tetap memberikan dukungan dan semangat terhadap masa depan member APRIL. Besar kemungkinan bahwa para member akan berkarier secara individu. Agensi juga mengucapkan terima kasih kepada Fineapple (nama penggemar APRIL) yang telah mendukung dan menyayangi APRIL selama enam tahun terakhir.

2. Pristin


Pristin
soompi

Girl grup Pristin resmi dibubarkan pada 24 Mei 2019. Padahal Pristin masih baru berusia 2 tahun karena debut pada 21 Maret 2017. Pledis Entertainment juga mengungkapkan bahwa tujuh dari sepuluh member Pristin hengkang dari agensi.

Usai Pristin disband, beberapa member fokus ke akting seperti Kyulkyung, Lim na Young, dan Xiyeon. Di sisi lain, ada member yang mencoba peruntungan dengan redebut sebagai idol di grup baru HINAPIA. Namun sayangnya, HINAPIA bubar meski belum setahun debut karena efek pandemi COVID=19.

3. Gu9udan


Gu9udan
Instagram/gu9udan

Gu9udan menjadi grup selanjutnya yang bubar sebelum menginjak usia 7 tahun debut. Pasalnya, grup ini dibubarkan agensi pada tahun keempat debut mereka. Berita pembubaran Gu9udan disampaikan oleh Jellyfish Entertainment pada 30 Desember 2020, sehari sebelum kontrak berakhir.

Sebelumnya, penggemar sudah curiga karena Gu9udan telah hiatus selama hampir 2 tahun. Belum lagi beberapa member sempat curhat di akun sosial media mereka. Bahkan Sally mengungkapkan bahwa agensi telah meminta para member untuk pulang ke rumah masing-masing dan melarang kembali pada tahun 2019.

4. G-FRIEND


G-FRIEND
Instagram/gfriendofficial

Sama seperti APRIL, G-FRIEND dibubarkan pada tahun keenam debut mereka. Sebelumnya, Source Music hanya mengungkapkan bahwa seluruh member G-FRIEND sepakat untuk tidak memperpanjang kontrak. Sehingga G-FRIEND dipastikan berpisah dengan agensi Source Music sejak 22 Mei 2021.

Selang beberapa hari, keenam member G-FRIEND menulis surat kepada fans sebagai salam perpisahan. Surat tersebut seolah menegaskan bahwa G-FRIEND resmi bubar. Source Music juga merilis pernyataan permintaan maaf atas pengumuman mendadak itu serta mengatasi beberapa kekhawatiran fans.

5. The Ark


The Ark
Soompi

The Ark bubar di usia yang sangat dini. Grup beranggota 5 orang ini debut pada 10 April 2015. Sama halnya dengan HINAPIA, The Ark bubar tanpa sempat melakukan comeback. Yuna Kim mengungkapkan alasan pembubaran The Ark di tahun 2016.

Yuna menerangkan bahwa The Ark memiliki masalah dengan agensi, lalu hasil debut mereka yang tak sesuai ekspektasi. Kemudian vokalis utama The Ark harus keluar dari grup karena benjolan pita suara. Agensi sempat berusaha mencari vokalis lain, namun gagal dan The Ark berakhir bubar.

6. 14U


14U
Soompi

Boy grup 14U dibubarkan sebelum merayakan debut keduanya. Grup dengan 14 member ini resmi dibubarkan pada Mei 2019. Kabar pembubaran yang mendadak ini membuat penggemar terkejut. Sehingga beredar rumor bahwa penyebab grup bubar adalah salah satu member terlibat skandal dengan staf agensi yang lebih tua.

Loudi, member 14U yang berasal dari Indonesia ikut buka suara. Loudi menulis surat untuk penggemar via Instagram story dalam empat bahasa. Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan para penggemar dan meminta maaf pada mereka karena 14U bubar.

7. X1


X1
Instagram

Program survival "Produce X 101" tersandung kasus manipulasi voting. Akibatnya, para member X1 dipanggil oleh pihak kepolisian untuk diinterogasi. Polisi berharap para member bisa menjadi saksi untuk kasus manipulasi voting tersebut.

Akibat skandal ini, para agensi member X1 memutuskan untuk membubarkan mereka dan kembali ke perusahaan masing-masing 6 Januari 2020. Kabar ini tentu mengecewakan penggemar. Pasalnya, X1 baru berusia 5 bulan saat dibubarkan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait