Lukman Niode
Instagram/hasinahakim
SerbaSerbi

Pandemi COVID-19 turut menyebabkan kematian sejumlah pesohor Tanah Air, mulai dari penyanyi, aktor, hingga politisi. Simak ulasan profil 11 pesohor Indonesia yang meninggal karena COVID-19, baik yang dikenal karena karya ataupun kontroversinya.

WowKeren - Legenda renang Indonesia, Lukman Niode, juga menjadi korban keganasan COVID-19. Lukman menghembuskan napas terakhir pada 17 April 2020 lalu. Sebelum meninggal dunia, mantan atlet renang yang tampil di Olimpiade Los Angeles 1984 tersebut sempat mengeluhkan sakit lambung. Kala itu, Lukman langsung berangkat ke sebuah klinik di dekat rumahnya.

"Setelah dapat obat, dia cegukan terus. Akhirnya beberapa hari kemudian ke (Rumah Sakit) Setia Mitra dirawat di IGD hingga sembuh, tetapi malamnya mengeluh enggak enak badan lagi. Dari situ sehari kemudian ke RS Pondok Indah (RSPI)," ungkap kakak Lukman, Idrus Niode, kepada CNN Indonesia.

Lukman dinyatakan positif COVID-19 usai hasil tes swab-nya dirilis pada Rabu (15/4). Setelah itu, kondisinya terus menurun hingga Lukman menghembuskan napas terakhir di usia 56 tahun pada hari Jumat.

Semasa hidupnya, Lukman telah menyumbang dua medali emas dari ajang SEA Games 1983. Ia juga mematahkan rekor atlet Jepang Kenji Ikeda di Asia untuk gaya punggung 100 meter.

(wk/Bert)

You can share this post!

Artikel Terkait