Abdul Gafur
SerbaSerbi

Pandemi COVID-19 turut menyebabkan kematian sejumlah pesohor Tanah Air, mulai dari penyanyi, aktor, hingga politisi. Simak ulasan profil 11 pesohor Indonesia yang meninggal karena COVID-19, baik yang dikenal karena karya ataupun kontroversinya.

WowKeren - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) era Presiden Soeharto, Abdul Gafur, meninggal dunia di usia 81 tahun pada 4 September 2020 lalu. Abdul Gafur menghembuskan napas terakhir di RSPAD Gatot Soebroto karena COVID-19. Diketahui, mendiang juga memiliki penyakit bawaan, yakni diabetes tipe-2.

Semasa hidupnya, Abdul Gafur sudah berpengalaman memegang beberapa jabatan penting. Selain sebagai menteri, ia juga sempat menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI pada tahun 1997-1999. Abdul Gafur juga mencetuskan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diperingati setipap 9 September, dan juga menjadi bulan Oktober sebagai Bulan Bahasa saat peringatan Sumpah Pemuda.

Meski demikian, Abdul Gafur kecewa karena Bulan Bahasa sudah tak terdengar lagi gaungnya. "Nama-nama berbau asing malah bertebaran di klaster-klaster dan menjadi nama kota baru yang dibangun para pengembang. Saya tidak anti bahasa asing, tapi sebaiknya gunakan padanannya dalam bahasa Indonesia," jelas mendiang.

(wk/Bert)

You can share this post!

Artikel Terkait