HITSfluencer :  Nhasevia Anderson, Beauty Creator Yang Sukses Bikin Seribu Wajah Lewat Makeup
Dokumentasi Nhasevia
Selebriti
HITSfluencer

Nhasevia Anderson sukses bikin takjub penonton lewat kreasi makeup seribu wajah yang diunggahnya. Seperti apa rahasia sukses transformasi makeup Nhasevia? Simak kisah selengkapnya berikut ini!

WowKeren - Dunia media sosial kini tak berhenti melahirkan banyak konten kreator beauty. Aneka kreasi pun dilakukan para kreator untuk menarik perhatian penonton mulai dari tutorial hingga art makeup. Salah satu kreator yang tampilkan konsep makeup yang unik adalah Nhasevia Anderson. Lewat akun TikTok, @nhasevianderson_, Nhasevia kerap tampilkan transformasi makeup mirip selebritis Tanah Air hingga mancanegara.

Mulai aktif mengunggah konten sejak tahun 2019, akun TikTok Nhasevia kini sudah mengantongi lebih dari 760 ribu pengikut. Selain itu, ia juga berhasil menjaring lebih dari 10 juta likes. Wanita bernama asli Nanda Sevlin Vidiliansyah ini sukses bikin kagum penonton lewat unggahan transformasi makeup yang identik dengan para selebritis.


Salah satu konten transformasi makeup Nhasevia yang sangat populer adalah saat ia membuat wajah mirip aktris Vanessa Angel. Video yang baru diunggah pada 15 Maret 2022 ini begitu menyita perhatian penonton. Hingga kini, unggahan transformasi makeup Vanessa Angel sudah mengumpulkan total lebih dari 14 juta kali penayangan.

Tak hanya Vannesa Angel, Nhasevia juga membuat transformasi makeup mirip selebritis lainnya seperti Nagita Slavina hinga Deddy Corbuzier. Berkat beragam transformasi makeup yang sudah dibuat, ia berhasil mendapatkan julukan "Seribu Wajah" dari para pengikutnya.

Kepada WowKeren untuk rubrik HITSfluencer, Nhasevia secara terang-terangan membeberkan rahasia perjalanannya selama menjadi konten kreator beauty. Penasaran seperti apa kisahnya? Ini dia cerita Nhasevia selengkapnya.

(wk/yoan)

1. Kuasai Ilmu Makeup Secara Otodidak


Kuasai Ilmu <i>Makeup</i> Secara Otodidak
TikTok/nhasevianderson_

Ketertarikan Nhasevia pada dunia makeup bermula di tahun 2013. Saat itu, ia hanya menonton video-video tutorial di Instagram dan YouTube saja. Baru kemudian di tahun 2015, ia mulai belajar mengaplikasikan makeup kepada wajah secara otodidak.

"Awal mula tertarik di dunia makeup itu di tahun 2013. Aku sering banget nonton video di Instagram atau YouTube," kenang Nhasevia. "Di tahun 2015, aku mulai memberanikan diri untuk belajar ke muka sendiri. Jadi, aku cuma nonton dan belajar secara otodidak."

Di sisi lain, perjalanannya sebagai konten kreator diakui berawal dari iseng saat mengisi waktu luang. Ia pun hanya mengunggah konten mengikuti tren TikTok. Namun, unggahannya ini tak kunjung nangkring di FYP (For Your Page). Hingga akhirnya, Nhasevia memberanikan diri mengunggah konten-konten makeup. Tak diduga, videonya ini pun mendapat banyak perhatian dari penonton.

"Perjalananku di TikTok itu panjang, karena juga mengisi waktu luang. Awalnya bukan makeup, cuma ala-ala Tiktokers slow motion dan dance. Tapi, karena enggak FYP akhirnya di tahun 2019 aku hapus semua konten lama," lanjut Nhasevia. "Akhirnya aku beralih ke makeup. Pertama, video makeup Monalisa. Nah, di situ mulai ramainya."

2. Makin Viral Berkat Nama 'Seribu Wajah'


Makin Viral Berkat Nama 'Seribu Wajah'
TikTok/nhasevianderson_

Tak ingin hanya membuat konten biasa, Nhasevia lantas mencari pendekatan konten makeup lain yang unik. Ia akhirnya memutuskan untuk membuat transformasi makeup setelah terinspirasi dari beauty vlogger dari luar negeri.

"Ada beauty vlogger namanya Yuya Mika. Setelah itu, aku berpikir buat makeup mirip artis. Aku coba makeup Ariel NOAH, baru aku memberanikan diri makeup artis yang lain," ungkap Nhasevia. "Karena di Indonesia ini jarang beauty vlogger yang makeup (mirip) artis. Jadi, biar unik saja sih."

Selanjutnya, unggahan transformasi makeup Nhasevia menjadi kian populer. Ia pun melanjutkan konten dengan mencoba wajah-wajah selebritis lainnya. Sampai akhirnya, seorang netizen menjulukinya "Seribu Wajah". Hingga kini, nama unik itu begitu melekat pada dirinya.

"Sekitar 3-4 wajah artis aku buat, ada yang komentar, 'ini sih seribu wajah banget'. Jadi, terpikirlah buat 'seribu wajah' jadi nama uniknya aku," papar Nhasevia. "Jadi, orang kenal aku bukan namaku. Tapi, dikenalnya yang 'seribu wajah'. Biasanya pas kalau ketemu, 'eh, kakak seribu wajah'."

3. Pengalaman Terbaik Di Notice Selebritis


Pengalaman Terbaik Di <i>Notice</i> Selebritis
TikTok/nhasevianderson_

Sejauh ini, Nhasevia sudah membuat total puluhan transformasi makeup mulai dari selebriti Tanah Air hingga mancanegara. Tak jarang, unggahannya pun sampai pernah di notice langsung dari sang selebritis. Nathalie Holscher, istri komedian Sule menjadi salah satu dari sederet selebritis yang pernah notice unggahan Nhasevia. Hingga kini, video transformasi makeup mirip Nathalie Holscher sudah menjaring lebih dari 17 juta penonton.

"Itu kalau dibilang pengalaman terbaik menurut aku. Karena aku enggak menyangka juga kalau bakal di notice sama Kak Natalie. Paginya aku upload, enggak lama kemudian langsung di notice dan di repost sama Kak Natalie," terang Nhasevia. "Selain Kak Natalie, ada Ruben Onsu, Frislly Herlind, Sara Wijayanto, sama siapa ya lupa. Nah, dari situ juga sudah mulai ramai sampai sekarang."

Hanya berbekal referensi foto yang pas, Nhasevia dengan terampil menyulap wajahnya menjadi mirip para selebritis. Agar pengerjaan lebih mudah dan hasil jadi lebih mirip, ia biasanya mencari foto selebritis dari tampak depan. Hal ini dilakukan Nhasevia agar ia bisa melihat dengan jelas detail bentuk wajah dari masing-masing selebritis.

"Foto referensi itu yang muka mereka ke arah kamera. Jadi bentuk wajah dan bibirnya sesuai. Kalau foto yang miring, aku belum bisa menyesuaikannya," ujar Nhasevia. "Seperti Sarwendah, aku belum menemukan foto yang pas. Soalnya dia kalau di foto agak miring, enggak ada pas depan."

4. Rahasia Sukses Transformasi Makeup


Rahasia Sukses Transformasi <i>Makeup</i>
TikTok/nhasevianderson_

Nhasevia mengungkapkan bahwa untuk mendapatkan hasil makeup yang makin mirip, ia tak segan melukis bagian giginya dengan eyeliner. Tak jarang, ia sampai membuat hidung palsu sendiri demi menyamai bentuk dengan sang artis.

"Biasanya, aku buat hidung palsu biar mirip sama artis tersebut. Terus, menonjolkan shading dan contour sesuai bentuk muka, bibir, dan membuat kelopak mata," jelas Nhasevia. "Malah, sampai gigi aku lukis biar sama. Aku menyesuaikan gigi pakai eyeliner. Aku hitamkan biar kelihatan bentuknya. Selain itu, aku juga tambahkan gigi biar ada gingsul. Itu aku menemukan sendiri sih."

Meski dikenal sukses membuat transformasi makeup, Nhasevia mengaku tidak semua selebritis bisa dibuatnya dengan sempurna. Sejauh ini, Nagita Slavina dan Amanda Manopo adalah selebritis yang menurut Nhasevia paling susah untuk dibuat. Ia mengaku sampai beberapa kali melakukan percobaan namun masih belum menemukan celah yang membuat hasilnya bisa sempurna.

5. Tak Terpengaruh Komentar Negatif


Tak Terpengaruh Komentar Negatif
TikTok/nhasevianderson_

Perjalanan Nhasevia sebagai konten kreator nyatanya tak selalu mulus. Sebab, beberapa kali ia sempat mengalami penurunan jumlah views. Saat itu, ia tak menyerah dan terus berupaya mengubah muatan konten hingga mengganti nama unik demi mengembalikan traffic akun TikTok-nya. Usaha ini pun akhirnya membuahkan hasil.

"Kemarin kan aku buat full makeup. Tapi, lama-lama mulai menurun views-nya. Mungkin, karena bosan. Terus, aku melihat beauty vlogger dari luar negeri, dia cuma memakai (makeup) sebelah muka," beber Nhasevia. "Akhirnya aku coba, dan di situ sudah mulai ramai lagi. Karena kelihatan jelasnya mirip apa enggaknya daripada yang full makeup."

Di sisi lain, Nhasevia juga mengaku bahwa ia seringkali mendapat komentar negatif yang membuatnya down. Namun berkat dukungan orang-orang terdekat, ia bisa melaluinya dan tetap semangat membuat konten.

"Aku down itu disaat banyak dapat komentar negatif. Contohnya, 'enggak mirip', 'memaksakan banget, kalau enggak mirip ya sudah', banyak lah. Itu yang bikin aku down, nangis sendiri, dan enggak berani lihat komentar," tutur Nhasevia. "Cuma, banyak juga yang support dan mengapresiasi aku. Mulai dari situ, baru aku semangat lagi buat konten yang lainnya."

6. Tips Buat Konten Beauty yang Menarik


Tips Buat Konten <i>Beauty</i> yang Menarik
TikTok/nhasevianderson_

Bagi kalian yang tertarik berkarir di dunia beauty, Nhasevia berbagi tips bagaimana membuat konten menjadi lebih menarik. Menurutnya, kunci sukses menjadi beauty vlogger adalah keunikannya. Jadi, pastikan menemukan hal unik yang bisa dibagikan agar lebih mudah dikenal oleh penonton.

"Kalau misalkan beauty makeup yang biasa itu kan sudah banyak. Jadi, lebih ke kita harus cari segi uniknya, kita harus makeup yang benar-benar enggak ada atau jarang kita temukan seperti art makeup atau transformasi," saran Nhasevia. "Kita juga harus tetap belajar. Bisa kok otodidak dengan lihat video dan mengikuti step by step-nya. Tetap semangat mengasah skill kalau mau belajar makeup."

Dengan mengasah skill makeup, seseorang akan lebih mudah menumbuhkan ide-ide baru yang unik. Karena itulah, jangan pernah bosan dan berhenti untuk belajar.

7. Tekad Kuat Gapai Cita-Cita


Tekad Kuat Gapai Cita-Cita
TikTok/nhasevianderson_

Nhasevia mengungkapkan bahwa cita-citanya saat ini adalah menjadi seorang MUA (Makeup Artist). Karena itulah, ia tak menyerah dan terus semangat membuat konten. Saat ini, ia mengaku sering mendapatkan banyak tawaran kerja di Jakarta. Namun karena kendala lokasi yang jauh, ia pun terpaksa harus menundanya.

"Impian aku Insya Allah misalkan followers aku sudah satu juta atau lebih, aku mau pindah ke Jakarta, biar lebih dekat dengan kerjaan lain. Karena, sekarang aku masih di Jambi jadi banyak yang cancel," jelas Nhasevia. "Memang aku terjun ke makeup ini biar makin dikenal dan orang menghargai karya aku. Cita-citaku kan memang jadi MUA. Jadi, enggak boleh patah semangat sama sekali."



You can share this post!