Disambut Antusias, 8 Film Indonesia yang Tayang Tahun 2022 Ini Sampai Tembus 2 Juta Penonton
Pexels
Film

Tak kalah dengan film luar, film-film lokal yang ada saat ini juga mampu menarik penonton untuk datang ke bioskop bahkan ada yang berhasil menarik lebih dari dua juta pemirsa.

WowKeren - Menonton film bisa menjadi salah satu opsi untuk meluangkan waktu atau mencari kesenangan setelah berkutat dengan masalah sehari-hari. Aktivitas ini bisa dilakukan di rumah maupun dengan pergi langsung ke bioskop bersama keluarga atau teman terdekat. Bagi sebagian orang, mereka meyakini jika menonton film di bioskop mampu memberikan sensasi yang berbeda dibanding melihatnya di layar kecil di rumah.

Berbicara mengenai bioskop, industri yang satu ini sempat terseok-seok akibat pandemi COVID-19 yang merajalela. Tak hanya terjadi di Indonesia, namun juga dunia. Sekitar dua tahun lamanya pandemi COVID-19 telah melumpuhkan industri bioskop, yang mana itu tak lepas dari berbagai kebijakan pencegahan COVID-19.


Kabar baiknya, industri bioskop mulai bangkit secara perlahan. Satu demi satu film dirilis dan itu mampu membuat orang-orang untuk kembali ke bioskop. Termasuk di Tanah Air, orang-orang yang rindu merasakan sensasi menonton film mulai memadati bioskop. Hal itu juga didukung oleh sejumlah judul film garapan sutradara Tanah Air.

Selama tahun 2022 ini, ada berbagai judul film yang dirilis di bioskop, termasuk judul film lokal. Tak kalah dengan film luar, film-film lokal yang ada saat ini juga mampu menarik penonton untuk datang ke bioskop. Terlepas dari pola promosi yang memang dilakukan secara gencar maupun kabar dari mulut ke mulut, tidak sedikit film Indonesia yang mendapat tanggapan antusias dari penonton.

Bahkan, ada di antara mereka yang mencatat jumlah penonton hingga di atas dua juta. Film-film itu pun berasal dari berbagai genre, selain genre horor tentunya. Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca untuk menyimak film Tanah Air yang berhasil ditonton oleh lebih dari dua juta pasang mata selama penayangannya. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Miracle In Cell No. 7


Miracle In Cell No. 7
Instagram/vinogbastian__

"Miracle In Cell No. 7" telah menjadi salah satu film populer Tanah Air. "Miracle In Cell No. 7", yang merupakan remake dari film Korea dengan judul yang sama, disebut-sebut menghadirkan cerita yang sangat menyesakkan hati hingga membuat banyak penontonnya menangis saat melihat filmnya. Penonton yang penasaran dengan cerita film ini beramai-ramai datang ke bioskop hingga tak ayal jika jumlah penontonnya semakin banyak.

Pada Jumat (16/9) saja, jumlah penonton film ini sudah tembus di angka 2,4 juta orang meski baru dirilis pada 8 September. Pengumuman itu disampaikan oleh pemeran utamanya, Vino Bastian melalui unggahan Instagram yang berbunyi, "2.425.443 kunjungan penjara sampai hari ke-8. Thank you for all the love. Team Miracle In Cell No. 7".

2. Mencuri Raden Saleh


Mencuri Raden Saleh
Instagram/mencuriradensalehfilm

"Mencuri Raden Saleh" digadang-gadang sebagai film pertama di Indonesia yang mengusung genre perampokan atau heist. Dibintangi oleh sederet pemeran muda berbakat, "Mencuri Raden Saleh" mampu menarik hati pemirsa untuk datang ke bioskop menyaksikan aksi seru Iqbaal Ramadhan dan kawan-kawannya mencuri sebuah karya maestro.

Jumlah penontonnya bahkan sudah tembus di angka dua juta. Pada Selasa (20/9), akun Instagram film ini mengunggah pencapaian jumlah penonton sambil mengucapkan terima kasih kepada para pemirsa setia "Mencuri Raden Saleh". "Terima kasih. 2.248.931 orang sudah melewati terowongan SCBD bersama komplotan," bunyi postingan tersebut.

3. Ivanna


Ivanna
Instagram/danurmovie

Selain film bergenre aksi, horor juga memiliki tempat tersendiri di hati para pemirsa Indonesia. Hal itu terbukti dengan bagaimana film horor "Ivanna" mendapat sambutan di bioskop. Selama lima hari sejak tayang perdana pada pertengahan Juli lalu, "Ivanna" bahkan dengan cepat mampu membawa 1 juta penonton untuk datang ke bioskop. Sebagai informasi, film ini tayang setelah "KKN di Desa Penari".

Akhirnya setelah lebih dari satu bulan tayang di layar lebar Indonesia, "Ivanna" undur dari dari hadapan pemirsa. Melalui unggahan di Instagram, akun @danurmovie mengucapkan terima kasih kepada para penonton. "Terima kasih untuk 2.793.775 penonton yang sudah merasakan teror dendam IVANNA di bioskop. Terima kasih atas dukungan dan antusiasme kalian, kini saatnya kami pamit," demikian bunyi keterangan pada 30 Agustus lalu.

4. Pengabdi Setan 2: Communion


Pengabdi Setan 2: Communion
Instagram/pengabdisetanfilm

Masih berbicara mengenai film bergenre horor, "Pengabdi Setan 2: Communion" juga mendapat respons yang tak kalah meriah dari penonton. Film yang bertindak sebagai sekuel pendahulunya, "Pengabdi Setan", juga mampu menembus dua juta penonton. Jumlah penontonnya pun terus bertambah banyak hingga terus melewati angka 5 juta orang.

Pada Minggu (4/9), dikutip dari akun Instagram film itu, jumlah pemirsa yang telah menonton film ini sudah tembus lebih dari 6,3 juta. Hingga terbaru pada Minggu (11/9), sang sutradara Joko Anwar mengumumkan jika "Pengabdi Setan 2: Communion" akhirnya harus turun layar dan pamit kepada para pemirsa, dengan total jumlah penonton yang mencapai 6.391.982.

5. KKN di Desa Penari


KKN di Desa Penari
Instagram/kknmovie

Satu lagi film Indonesia bergenre horor yang tak main-main popularitasnya, "KKN di Desa Penari". Mengalahkan judul-judul film sebelumnya yang disebutkan di atas, film besutan sutradara Awi Suryadi ini telah ditonton oleh lebih dari 9 juta orang Indonesia. Film yang menceritakan kengerian kejadian mistis yang dialami sekelompok mahasiswa saat menjalani KKN di desa terpencil ini tayang selama 75 hari di bioskop.

Lewat unggahan di Instagram, akun @kknmovie mengucapkan pamit kepada para penonton pada 15 Juli lalu. Film yang tayang perdana pada 30 April itu telah ditonton 9.233.847 pemirsa di Indonesia. "KKN di Desa Penari telah menemani pecinta film Indonesia selama 75 hari dan menjadi film terlaris sepanjang masa dengan total 9.233.847 penonton!" demikian tulis akun tersebut.

6. Sayap-Sayap Patah


Sayap-Sayap Patah
Instagram/sayapsayappatahfilm

Beralih ke genre drama , ada "Sayap-Sayap Patah" yang juga berhasil menembus dua juta penonton saat ditayangkan di bioskop. Film yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Ariel Tatum ini menceritakan kisah sepasang suami istri dengan gejolak masalah yang harus mereka hadapi. Tayang serentak di bioskop sejak 18 Agustus lalu, "Sayap-Sayap Patah" mengambil cerita yang didasarkan dari Peristiwa Kerusuhan Mako Brimob 2018.

Di film ini, Nicholas memerankan Aji anggota Densus 88 yang disandera dalam peristiwa kerusuhan, sedangkan Ariel memerankan istri Aji yang harus berjuang dengan persalinan anak pertamanya. Akun Instagram film ini pada Selasa (20/9) mengumumkan bahwa "Sayap-Sayap Patah" telah menembus 2,4 juta penonton. "2.414.405 penonton telah mengejar kami," bunyi unggahan tersebut.

7. Ngeri-Ngeri Sedap


Ngeri-Ngeri Sedap
Instagram/ngeringerisedapmovie

"Ngeri-Ngeri Sedap" merupakan film pertama perusahaan rumah produksi Imajinari yang didirikan oleh Ernest Prakasa dan Dipa Andika. "Ngeri-Ngeri Sedap" adalah film komedi Indonesia yang tayang perdana di bioskop pada 2 Juni lalu. Setelah kurang lebih tayang selama dua bulan, film ini akhirnya undur diri pada 5 Agustus.

Selama kurun waktu itu, film yang dibintangi oleh Indra Jegel, Tika Panggabean, dan Arswendy Nasution ini telah menggaet lebih dari dua juta penonton. Dalam unggahan untuk mengucapkan pamit lewat Instagram, disebutkan jika film ini telah menembus 2,8 juta penonton. "Mauliate godang untuk 2.886.121 pasukan yang sudah ketemu keluarga Pak Domu di bioskop. Kami resmi pamit dari bioskop," bunyi keterangan pada unggahan itu.

8. Kukira Kau Rumah


Kukira Kau Rumah
Instagram/mdpictures_official

"Kukira Kau Rumah" adalah film Indonesia yang mengangkat tema seputar kesehatan mental. Film ini juga merupakan debut Prilly Latuconsina sebagai produser. Meski tayang dalam suasana pandemi COVID-19, film ini mampu meraup lebih dari dua juta penonton, yang membawanya pada penghargaan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia.

Pada 16 Maret lalu, film yang disutradarai oleh Umay Shahab ini berhasil mengantongi penghargaan Rekor MURI sebagai Film dengan Penonton Terbanyak di Masa Pandemi dengan total 2.219.233 penonton. Selain sebagai debut film Prilly sebagai produser, "Kukira Kau Rumah" juga merupakan debut Umay sebagai seorang sutradara.

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait