Turun Layar, Ini Dia 10 Fakta Menarik Film 'Mumun' yang Dibintangi Acha Septriasa
Instagram/deecompany_official
Film

Film horor komedi 'Mumun' yang dibintangi Acha Septriasa dan Mandra telah undur diri dari bioskop Indonesia selama hampir satu bulan sejak tayang perdana pada 1 September lalu.

WowKeren - Genre horor selalu memiliki daya tarik tersendiri di antara para pecinta film Tanah Air. Visual yang mengerikan ditambah dengan pemilihan musik yang mendebarkan selalu menjadi perpaduan yang sempurna untuk menghadirkan kesan menakutkan ke layar lebar. Di antara film garapan sutradara Tanah Air pun, tak sulit untuk menemukan judul genre horor.

Seperti yang baru-baru ini tayang di bioskop, "Mumun". "Mumun" merupakan film horor komedi yang disutradarai oleh Rizal Mantovani dan dibintangi oleh sederet bintang papan atas seperti Acha Septriasa, Dimas Aditya, dan Mandra. Film yang diadaptasi dari sinetron ini mulai rilis perdana sejak 1 September dan baru-baru ini diumumkan bahwa "Mumun" telah turun layar meski belum genap satu bulan tayang di bioskop.


"Mumun" bercerita mengenai sepasang kekasih yang saling mencintai. Dua sejoli itu diperankan oleh Acha sebagai karakter Mumun dan Juned yang diperankan Dimas. Namun sayangnya, kebersamaan mereka di dunia ini harus berakhir ketika Mumun tewas dalam kecelakaan. Alhasil, Juned pun sangat terpukul dengan kepergian kekasihnya.

Menurut mitos yang berkembang di masyarakat, jika tali pocong si jenazah tidak dilepas saat dikuburkan maka jenazah tersebut akan bergentayangan. Di film "Mumun", disebutkan bahwa penggali kubur lupa membuka tali pocong Mumun saat menguburkannya sehingga dia pun menjadi arwah gentayangan yang bangkit dari kubur.

Namun, terlepas dari mitos dan sinopsis itu, ada sejumlah fakta menarik terkait proses pembuatan film "Mumun". Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa saja yang terjadi di balik pembuatan "Mumun". Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Acha Septriasa Perankan 3 Karakter Sekaligus


Acha Septriasa Perankan 3 Karakter Sekaligus
Instagram/deecompany_official

Aktris Acha Septriasa telah didapuk menjadi pemeran utama dalam film horor ini. Tak hanya memainkan satu karakter, namun tiga sekaligus. Acha memerankan karakter Mumun dan saudara kembarnya, Mimin, serta pocong Mumun. Tak ayal jika hal tersebut terkadang membuat Acha merasa kelelahan, seperti yang diungkapkan olehnya.

Pasalnya, dia harus tetap bisa menjaga konsentrasi agar bisa memainkan ketiga karakter itu dengan baik. Acha menggunakan logat Betawi yang berbeda untuk membedakan karakter Mumun dan Mimin yang dimainkannya. Berbeda lagi untuk memerankan karakter Mumun, Acha harus menghabiskan waktu sekitar 45 menit untuk membuat riasan yang sesuai karakternya itu.

2. Digarap Sutradara yang 'Akrab' dengan Cerita Horor


Digarap Sutradara yang 'Akrab' dengan Cerita Horor
Instagram/deecompany_official

"Mumun" merupakan film yang diarahkan oleh sutradara Rizal Mantovani. Bagi pecinta film horor Tanah Air, nama Rizal Mantovani tentu sudah tidak asing lagi. Pasalnya, dia telah banyak menyutradarai film horor Indonesia. Sejak tahun 2001, dia telah menyutradarai horor "Jelangkung". Dia juga terkenal menyutradarai "Kuntilanak" dan dua sekuelnya.

Pada tahun 2017, Rizal juga pernah menyutradarai film "Gerbang Neraka" yang dibintangi oleh Julie Estelle. Dia juga merupakan otak di balik "Bayi Gaib: Bayi Tumbal Bayi Mati". Namun untuk "Mumun" sendiri, Rizal mengaku baru pertama kalinya menyutradarai horor komedi.

3. Diangkat dari Sinetron Legendaris


Diangkat dari Sinetron Legendaris
Instagram/deecompany_official

Sebelum diangkat ke layar lebar, cerita Mumun sempat populer sebagai sinetron yang berjudul "Jadi Pocong". Sinetron legendaris ini juga dilanjutkan dengan musim kedua yang berjudul "Jadi Pocong 2". Sinetron ini sendiri merupakan karya Mandra dan tayang pada era tahun 2000-an.

Sinetron "Jadi Pocong" dibintangi oleh Eddies Adelia yang memerankan karakter Mumun. Sinetron ini diproduksi oleh Viandra Productions. Ditayangkan dalam dua musim, musim pertama memiliki 13 episode dan musim kedua ditayangkan dalam 20 episode. Dalam sinetron ini, Mandra juga berperan sebagai karakter Husein.

4. Bikin Pemirsa Bernostalgia


Bikin Pemirsa Bernostalgia
Instagram/deecompany_official

Karena diangkat dari sinetron lawas yang cukup melegenda, tak heran jika "Mumun" membuat penonton bernostalgia. Hal itu mengingat sinetron "Jadi Pocong" sendiri telah tayang pada tahun 2002 silam. Karakter hantu pocong dalam sinetron maupun film ini memiliki ciri yang khas, yakni mata bersinar yang menyeramkan.

Dalam unggahan Dee Company di media sosial, para penonton mengaku bernostalgia dengan "Mumun". "Banyak kenangan film ini semoga ada lagi di bioskop," kata salah seorang penggemar. "Terima kasih. Setidaknya sudah buat kita nostalgia ke masa kecil," sahut yang lain. "Terimakasih sudah mengajak nostalgia," kata penggemar yang lain.

5. Nama Karakter Diambil dari Kejadian Nyata


Nama Karakter Diambil dari Kejadian Nyata
Instagram/deecompany_official

"Mumun" yang menceritakan kisah balas dendam dari karakter dengan nama yang sama, rupanya terinspirasi dari kejadian nyata. Mandra mengakui bahwa untuk nama karakter Mumun, itu memang benar adanya namun untuk ceritanya sendiri, itu dibuat sebagai cerita fiktif.

Mumun, dikatakannya memiliki sejarahnya sendiri. "Berkaitan nama ini merupakan sebuah legenda di suatu daerah yang hampir dengan si manis jembatan ancol, tapi ini kan lebih sakral lagi berkaitan dengan nama Mumun itu," kata Mandra dalam video yang diunggah di kanal YouTube RJL 5-Fajar Aditya.

6. Mandra Sempat Takut Pakai Judul 'Mumun'


Mandra Sempat Takut Pakai Judul 'Mumun'
Instagram/deecompany_official

Mandra mengaku sempat kepikiran ketika diputuskan bahwa "Mumun" akan dipakai sebagai judul film. Hal itu lantaran kata Mumun sendiri berhubungan dengan kisah yang benar-benar terjadi di dunia nyata. Dalam konferensi pers, dia mengaku sempat stres ketika produser Dheeraj Kalwani melontarkan ide tersebut.

Tak hanya itu, dia juga mengaku ketakutan. "Pada saat itu judul serial ini adalah 'Jadi Pocong', bukan 'Mumun'. Tiba-tiba dia (Dheeraj) ganti jadi Mumun. Saya terus terang aja, nama disebut dengan judul itu sempat stres tiga hari. Saya yang ketakutan," paparnya.

7. Acha Septriasa Lihat Sosok Hantu yang Diperankannya


Acha Septriasa Lihat Sosok Hantu yang Diperankannya
Instagram/deecompany_official

Saat melakukan syuting untuk film horor, ada kalanya pemeran benar-benar mengalami kejadian mistis. Seperti yang terjadi pada Acha Septriasa saat syuting untuk film "Mumun". Pengalaman horor itu terjadi saat kru melangsungkan syuting di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, pada sekitar pukul 4.30 WIB.

Saat melihat ke arah set rumah untuk syuting, Acha melihat sesuatu yang janggal pada bagian atap. Dia mengaku melihat sosok yang tinggi dan memanjang ke atas. Acha, yang merasa melihat sesuatu tidak beres segera melapor pada asisten sutradara. Dia pun diminta oleh astrada untuk banyak-banyak beristighfar.

8. Mandra Cium Bau Danur Saat Syuting


Mandra Cium Bau Danur Saat Syuting
Instagram/deecompany_official

Bukan hanya Acha, rupanya Mandra sendiri juga mengalami kejadian mistis. Mandra mengaku mencium bau danur. Kejadian mistis itu dialami Mandra saat kru sedang melakukan syuting di sebuah rumah tua yang ada di kawasan Bekasi. Dia melihat sosok pocong. Namun, Mandra tetap bersikap profesional dan tidak ingin memberitahukan kejadian yang dialaminya kepada kru lain.

Sebab, ia khawatir jika dia menceritakan kejadian itu justru bisa mengganggu konsentrasi syuting para kru. Bukan hanya Mandra, sang sutradara pun juga disebutnya ikut melihat penampakan itu. Kejadian ini baru dibagikan Mandra saat proses syuting sudah selesai.

9. Turun Layar Setelah Ditonton Lebih dari 600.000 Orang


Turun Layar Setelah Ditonton Lebih dari 600.000 Orang
Instagram/deecompany_official

Sejak pertama kali tayang pada 1 September lalu, "Mumun" telah ditonton lebih dari 600.000 pasang mata di Tanah Air. Secara total, film ini mendapat perolehan 627.695 penonton. Hal itu diketahui dari unggahan Dee Company di akun Instagram yang mengumumkan bahwa "Mumun" turun layar pada 24 September.

Mereka juga mengucapkan terima kasih kepada para penonton yang sudah bernostalgia dengan "Mumun" setelah sekitar dua dekade. "Terima kasih untuk 627.695 orang yang sudah bernostalgia bersama #MUMUN setelah 20 tahun ini di bioskop! #MUMUN pamit dari bioskop," tulis Dee Company.

10. Banyak Penggemar Mengharapkan Sekuel


Banyak Penggemar Mengharapkan Sekuel
Instagram/deecompany_official

Waktu tayang yang singkat membuat banyak penggemar kecewa. Sebab, ada di antara mereka yang belum sempat menonton film ini di bioskop. Penonton pun mengharap agar "Mumun" segera ditayangkan di layanan streaming. Tak hanya itu, melalui kolom komentar di unggahan yang sama dari Dee Company, penggemar juga mengungkapkan harapannya agar film ini berlanjut ke sekuel.

Terkait sekuel itu sendiri, sutradara Rizal Mantovani mengakui bahwa akhir cerita dalam "Mumun" sifatnya memang open ending, artinya film tersebut masih bisa dikembangkan lagi ke sekuel. Namun demikian, dia mengatakan bahwa hal itu tergantung pada keputusan Dheeraj.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait