Ada Rizky Billar, Ini 8 Artis Berurusan Dengan Polisi hingga Pakai Baju Oranye Sepanjang 2022
Instagram
Selebriti

Mulai dari Rizky Billar hingga Indra Kenz, intip deretan selebriti Tanah Air yang sempat berurusan dengan polisi hingga tampil mengenakan baju tahanan berwarna oranye sepanjang tahun 2022 ini!

WowKeren - Berbagai peristiwa mengejutkan terjadi di dunia hiburan Tanah Air sepanjang tahun 2022. Termasuk adanya sejumlah selebriti yang harus berurusan dengan polisi karena beragam alasan, mulai karena kasus narkoba, dugaan KDRT, hingga pengeroyokan.

Tercatat sedikitnya ada delapan orang selebriti Tanah Air yang harus berurusan dengan polisi sepanjang tahun 2022. Meski demikian, tidak semuanya divonis hukuman penjara. Ada juga yang kemudian dibebaskan meski sudah sempat tampil mengenakan baju oranye khas tahanan polisi.


Sebut saja Rizky Billar yang sudah sempat ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan KDRT namun kemudian dibebaskan lantaran Lesti Kejora mencabut laporannya. Namun ada pula selebriti yang ditetapkan sebagai terdakwa hingga akhirnya divonis hukuman penjara.

Penasaran siapa saja delapan selebriti yang berurusan dengan polisi hingga sempat tampil memakai baju oranye sepanjang tahun 2022? Simak ulasan lengkap yang telah disusun tim WowKeren berikut ini!

(wk/Bert)

1. Indra Kenz


Indra Kenz
Instagram/indrakenz

Nama Indra Kenz sempat ramai dibahas karena terjerat kasus investasi bodong aplikasi binary option Binomo. Kasus ini berawal dari adanya delapan orang korban Binomo yang melaporkan Indra Kenz ke polisi pada 3 Februari 2022 lalu dan mengaku rugi Rp 2,4 miliar dari aplikasi tersebut. Indra Kenz sendiri dilaporkan karena menjadi affiliator Binomo.

Influencer dengan nama asli Indra Kesuma tersebut kemudian ditetapkan sebagai tersangka pada 24 Februari 2022 hingga ditahan. Foto Indra Kenz yang mengenakan baju oranye dan memasang wajah lesu pun tersebar di media sosial. Dalam persidangan, Indra Kenz didakwa tiga pasal sekaligus, yakni melakukan pidana judi online, penyebaran berita bohong (hoaks) melalui media elektronik hingga mengakibatkan kerugian konsumen melalui transaksi elektronik, serta penipuan atau perbuatan curang dan atau tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Pada 15 November lalu, Indra Kenz dijatuhi vonis hukuman 10 tahun penjara dan denda sebesar Rp 5 miliar. Selain itu, majelis hakim juga menyatakan bahwa barang bukti hasil tindak pidana kasus Binomo harus dirampas untuk negara. Terkait vonis tersebut, pihak Indra Kenz berencana untuk mengajukan banding. Brian Praneda selaku kuasa hukum Indra Kenz menegaskan bahwa kliennya tidak menikmati uang para trader Binomo.

2. Rizky Billar


Rizky Billar
Instagram/rizkybillar

Kasus dugaan KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) yang menyeret Rizky Billar sempat menggemparkan publik. Penyanyi dangdut Lesti Kejora awalnya melaporkan Rizky Billar sang suami ke Polres Metro Jakarta Selatan pada 28 September 2022. Dalam laporannya, Lesti Kejora mengaku dicekik hingga dibanting oleh Rizky Billar. Selain itu, Lesti Kejora juga mengaku sempat dilempar bola biliar oleh Rizky Billar namun tidak sampai kena karena sang suami terpeleset.

Setelah sempat mangkir, Rizky Billar akhirnya memenuhi panggilan pemeriksaan polisi pada 12 Oktober 2022. Kala itu, ia dicecar 38 pertanyaan dan sampai harus menginap di kantor polisi. Pada hari yang sama, Rizky Billar langsung ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan KDRT. Pada 13 Oktober 2022, Rizky Billar ditahan dan ditampilkan polisi ke publik dengan mengenakan baju oranye. Rencananya, ia akan ditahan selama 20 hari berikutnya.

Namun pada hari yang sama Rizky Billar resmi ditahan, Lesti Kejora justru mencabut laporannya dan memilih berdamai dengan sang suami. Akhirnya, Rizky Billar mendapat penangguhan penahanan dan dikeluarkan dari tahanan Polres Metro Jakarta Selatan pada 14 Oktober 2022 malam. Penyidikan kasus KDRT tersebut lantas resmi dihentikan pada 18 Oktober 2022. Kini, Rizky Billar dan Lesti Kejora sudah kembali bersama dan beraktivitas normal seperti biasa.

3. Ardhito Pramono


Ardhito Pramono
Instagram/ardhitopramono

Penyanyi tampan Ardhito Pramono sempat membuat geger karena ditangkap polisi terkait kasus penyalahgunaan narkotika berupa ganja. Ia ditangkap polisi pada 12 Januari 2022 di rumahnya di Jakarta Timur. Polisi menemukan barang bukti berupa ganja dan hasil tes urine Ardhito Pramono dinyatakan positif narkoba.

Ardhito Pramono yang mengenakan baju tahanan oranye lantas dihadirkan dalam konferensi pers di gedung Polres Jakarta Barat pada 13 Januari. Pemain film "Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini" itu ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkotika jenis ganja. Setelah menjalani asesmen dengan diperiksa oleh Tim Asesmen Terpadu (TAT) di BNNP DKI Jakarta, Ardhito Pramono disarankan untuk menjalani rehabilitasi selama enam bulan.

Pada 21 Januari, Ardhito Pramono dibawa ke Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur, untuk mulai menjalani rehabilitasi. Dalam kesempatan tersebut, Ardhito Pramono sempat menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Indonesia atas perbuatannya. Ia mengimbau para penikmat musiknya serta masyarakat Indonesia lainnya terus menjauhi narkoba.

Ardhito Pramono resmi menyelesaikan masa rehabilitasinya pada bulan Juni 2022 lalu. Kini ia kembali aktif di dunia musik dan bahkan baru saja merilis album baru bertajuk "Wijayakusuma" pada 14 Juli lalu.

4. Putra Siregar


Putra Siregar
Instagram/putrasiregarr17

Bos PS Store Putra Siregar bersama aktor Rico Valentino ditahan polisi setelah dilaporkan atas dugaan pengeroyokan. Insiden pengeroyokan itu terjadi di sebuah kafe di Jakarta Selatan pada 2 Maret 2022 lalu. Menurut Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budhi Herdi Susianto, M Nur Alamsyah selaku pelapor sempat mengajak Putra Siregar dan Rico Valentino untuk berdamai namun tak ditanggapi. Hingga akhirnya pria tersebut melapor ke polisi pada 16 Maret.

Putra Siregar sendiri langsung mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan sepulang ibadah umrah. Ia menjalani pemeriksaan dan kemudian dinyatakan sebagai tersangka. Putra Siregar sempat menegaskan bahwa saat kejadian, dirinya hanya membela Rico Valentino yang dikeroyok dan ingin melerai.

Pada 18 Agustus, Putra Siregar dan Rico Valentino divonis hukuman penjara 6 bulan. Vonis tersebut dipotong oleh masa tahanan yang telah dijalani keduanya. Hakim menjelaskan bahwa perbuatan Rico Valentino dipicu oleh salah paham karena melihat Chandrika Chika menangis. Sedangkan Putra Siregar didorong oleh keinginan melindungi dan membantu Rico Valentino.

Setelah menjalani proses asimilasi, Putra Siregar bisa bebas lebih cepat. Masa hukuman Putra Siregar seharusnya baru berakhir pada 11 Oktober, namun ia sudah bebas pada bulan September.

5. Roby Satria


Roby Satria
Instagram/parasatria.ofc

Gitaris band Geisha, Roby Satria, diciduk polisi karena kasus dugaan penyalahgunaan narkoba pada 19 Maret 2022 lalu. Ini merupakan kali ketiga Roby Satria berurusan dengan pihak kepolisian karena kasus narkoba.

Roby Satria yang mengenakan baju oranye dihadirkan dalam konferensi pers di Polres Metro Jakarta Selatan pada 21 Maret. Melalui kuasa hukumnya, Roby Satria menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia karena mengulangi perbuatan tak terpuji itu. Disebutkan oleh sang kuasa hukum, Roby Satria kembali terjerumus narkoba salah satunya karena masalah pekerjaan.

Dalam kasus sebelumnya, Roby Satria sempat direbilitasi selama enam bulan. Namun untuk kasus kali ini, ia dijatuhi vonis hukuman 2 tahun penjara. Meski Roby Satria hingga kini masih mendekam di penjara, para personil Geisha masih berkomunikasi dengan gitaris mereka itu melalui adik atau pengacaranya.

6. Fico Fachriza


Fico Fachriza
Instagram/ficofachriza_

Komika Fico Fachriza ditangkap Polda Metro Jaya terkait narkoba jenis tembakau sintetis atau gorila pada 13 Januari 2022. Usai ditangkap, Fico yang telah mengenakan baju tahanan oranye dihadirkan dalam konferensi pers pada 14 Januari. Ia tampak sempat menangis histeris.

Dari penangkapan tersebut, pihak kepolisian menyita gorila seberat 1,45 gram yang disimpan di rumah Fico Fachriza. Ditambah dengan tes urine yang dinyatakan positif narkoba, Fico Fachriza lantas ditetapkan sebagai tersangka. Menurut pihak kepolisian, Fico Fachriza menggunakan barang haram tersebut untuk membantunya mengatasi masalah tidur tidak teratur.

Hasil Tim Asesmen Terpadu (TAT) yang dilakukan pihak BNN terhadap Fico Fachriza menyatakan bahwa komika tersebut harus menjalani rehabilitasi selama 6 bulan. Sama seperti Ardhito Pramono, Fico Fachriza menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), Cibubur. Setelah menyelesaikan masa rehabilitasinya, Fico Fachriza langsung tampil di acara Somasi milik Deddy Corbuzier pada 26 Juni.

7. Randa Septian


Randa Septian
Instagram/randaseptian

Pesinetron tampan Randa Septian menambah panjang daftar selebriti Tanah Air yang ditangkap terkait narkoba di awal tahun 2022. Ia diamankan Polresta Denpasar, Bali karena kedapatan mengonsumsi narkoba jenis ganja pada 7 Januari 2022. Dalam konferensi pers pada 31 Januari, Randa Septian dihadirkan dengan mengenakan baju tahanan oranye dan kepala plontos.

Randa Septian dan temannya diamankan di salah satu hotel di Bali. Kepolisian Denpasar menyita barang bukti berupa satu paket ganja seberat 0,72 gram, dua paket tembakau 1,52 gram, satu buah bong, satu buah alat pelinting rokok, satu bungkus kerta paper, dan satu buah korek api. Ini merupakan pertama kalinya Randa Septian mengkonsumsi ganja dengan alasan ingin coba-coba.

Sebagai informasi, Randa Septian merupakan aktor yang telah membintangi sejumlah sinetron ternama. Di antaranya adalah "Ganteng-Ganteng Serigala" hingga "Kampung Atas Kampung Bawah". Ia juga sudah pernah membintangi film layar lebar, yakni "Ular Tangga" dan "Reuni Z".

8. Andrie Bayuajie


Andrie Bayuajie
Instagram/kahitna

Gitaris band Kahitna, Andrie Bayuajie, ditangkap polisi di tempat kosnya pada 2 Juni 2022 karena kasus dugaan penyalahgunaan narkoba jenis psikotropika golongan IV. Kala itu, ia dinyatakan positif mengkonsumsi Valdimex Diazepam.

Dalam penangkapan tersebut, pihak kepolisian menemukan barang bukti berupa 45 butir obat Valdimex Diazepam atau obat penenang. Menurut pihak kepolisian, Andrie Bayuajie telah mengkonsumsi obat-obatan penenang sejak 2017 hingga 2018 sesuai resep dokter. Namun sepanjang 2020 hingga 2022, ia tak lagi menggunakan resep dokter sebagai aturan konsumsi obat penenang itu.

Dalam rilis yang digelar di Polres Metro Jakarta Barat pada 3 Juni, Andrie Bayuajie dihadirkan dengan baju tahanan narkoba. Berdasarkan hasil asesmen, Andrie Bayuajie harus menjalani rehabilitasi. Gitaris tersebut kemudian resmi menjalani rehabilitasi setelah hari kedua penangkapannya.

Setelah selesai menjalani masa rehabilitasi, Andrie Bayuajie disebut membutuhkan waktu untuk beristirahat sehingga tak bisa langsung berkegiatan bersama Kahitna. Meski demikian, Hedi Yunus sang vokalis memastikan bahwa Andrie Bayuajie tidak akan dikeluarkan dari Kahitna.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait