Kaleidoskop 2022: Pernikahan Hyun Bin-Son Ye Jin hingga Skandal Bullying Kim Garam
Selebriti

Ada skandal, kontroversi hingga berita pernikahan yang terjadi sepanjang tahun ini. Yuk intip kejadian menghebohkan apa saja yang mewarnai industri hiburan Korea selama paruh pertama tahun 2022.

WowKeren - Tahun 2022 akan berakhir dalam waktu dekat. Menjelang berakhirnya tahun 2022, tim redaksi WowKeren telah merangkum sejumlah peristiwa menghebohkan yang mewarnai industri hiburan Korea.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, 2022 juga diwarnai dengan beragam kontroversi, skandal hingga berita bahagia seperti pernikahan sederet artis ternama. Ada juga momen comeback epik yang melibatkan aktor dan aktris besar.

Selain itu, publik juga dikejutkan dengan kabar kecelakaan berujung maut yang melibatkan tim produksi "Poong, The Joseon Psychiatrist". Tak perlu berlama-lama, langsung saja yuk intip kejadian menghebohkan apa saja yang mewarnai industri hiburan Korea selama paruh pertama 2022!

(wk/eval)

1. Januari: Pernikahan Park Shin Hye-Choi Tae Joon dan Rumor Kencan Kang Min Kyung dan G-Dragon


Januari: Pernikahan Park Shin Hye-Choi Tae Joon dan Rumor Kencan Kang Min Kyung dan G-Dragon
Instagram/iammingki/xxxibgdrgn

Tahun 2022 dibuka dengan kabar bahagia dari pasangan selebriti Park Shin Hye dan Choi Tae Joon. Mereka memutuskan mengikat janji pernikahan setelah berkencan selama lima tahun lamanya.

Park Shin Hye dan Choi Tae Joon menikah di sebuah gereja di Seoul pada 22 Januari 2022. Pernikahan mereka disambut bahagia oleh banyak pihak, sebab saat itu Park Shin Hye tengah mengandung buah cintanya dengan Choi Tae Joon.

Empat bulan kemudian, tepatnya pada 31 Mei 2022, Park Shin Hye dan Choi Tae Joon resmi menjadi orangtua. Mereka dikaruniai seorang bayi laki-laki yang sehat.

Selain kabar bahagia pasangan di atas, Januari 2022 juga dihebohkan dengan rumor kencan Kang Min Kyung DAVICHI dan G-Dragon BIG BANG. Rumor ini bermula ketika Kang Min Kyung membagikan postingan G-Dragon ke story Instagramnya.

Postingan tersebut menunjukkan foto selfie G-Dragon saat mengucapkan selamat tahun baru 2022. Dia tampak keren saat memamerkan casing ponsel custom PEACEMINUSONE miliknya. Dia menarik banyak perhatian karena menggunakan grip holder dari merek yang dijalankan oleh Kang Min Kyung.

Setelah itu Kang Min Kyung membagikan postingan G-Dragon ke story Instagram-nya sambil menambahkan emoji wajah dan hati. Meski hal ini cukup wajar, sejumlah netizen mencurigai keduanya sedang berkencan.

2. Februari: Lamaran HyunA dan DAWN serta Diretasnya Instagram Pribadi Ningning aespa


Februari: Lamaran HyunA dan DAWN serta Diretasnya Instagram Pribadi  Ningning aespa
Instagram/hyunah_aa/aespa_official

Bulan Februari 2022 juga diawali dengan kabar bahagia dari HyunA dan E'DAWN. Mereka mengumumkan pertunangannya pada 3 Februari 2022 setelah menjalin hubungan sejak tahun 2016.

HyunA dan DAWN memamerkan cincin lamaran unik yang didesain secara khusus oleh desainer di balik brand perhiasan mewah, Diligems. Cincin tersebut dibuat dari emas putih dengan batu opal sebagai komponen utamanya dan 7 berlian dengan berbagai bentuk dan warna.

Meski sempat melangkah ke jenjang yang lebih serius, pasangan ini mengumumkan perpisahannya pada 30 November lalu. Pengumuman ini sukses mengejutkan publik karena mereka dikenal sebagai salah satu couple goals yang sudah melalui asam garam bersama untuk waktu yang lama.

Selain berita lamaran HyunA dan DAWN, publik juga dikejutkan dengan peretasan akun Instagram pribadi Ningning aespa di bulan Febaruari 2022. Hacker yang meretas Instagram Ningning bahkan mengekspos daftar akun yang difollow sang idol.

Peretasan ini sendiri dicurigai sebagai bentuk kemarahan netizen usai Ningning menyatakan dukungannya atas kemenangan atlet Tiongkok di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Dukungan Ningning memicu kemarahan publik Korea karena Tiongkok diduga mengambil beberapa budaya Korea selama acara pembukaan Olimpiade.

Seorang netizen bahkan berkata, "Pada Upacara Pembukaan Olimpiade di Tiongkok, mereka mengambil budaya Korea seperti hanbok, yutnori, dan tarian pemintalan sangmo. Sementara netizen Tiongkok meneror speed skater jalur pendek Korea melalui DM SNS, seorang member Tiongkok yang bekerja sebagai idol Korea menyemangati para atlet Tiongkok dalam bahasa Mandarin di Bubble. Kalau kamu orang Korea, tentu saja kamu marah."

Meski Ningning berasal dari Tiongkok, netizen Korea merasa bahwa dia harus lebih berhati-hati dengan kata-kata dan tindakannya di platform publik, mengingat statusnya sebagai idol K-Pop. Di sisi lain, sejumlah netizen internasional menganggap perilaku Ningning wajar karena dia hanya memberi selamat kepada negaranya sendiri.

3. Maret: Pernikahan Hyun Bin-Son Ye Jin dan Tim 'Poong, The Joseon Psychiatrist' Alami Kecelakaan


Maret: Pernikahan Hyun Bin-Son Ye Jin dan Tim 'Poong, The Joseon Psychiatrist' Alami Kecelakaan
tvN

Memasuki bulan Maret, publik dihebohkan dengan pernikahan Hyun Bin dan Son Ye Jin. Pasangan ini mengikat janji pernikahan pada 31 Maret 2022 di Aston House Grand Walkerhill Hotel, yang dikenal sebagai salah satu lokasi dengan harga sewa termahal di Korea.

Pernikahan mereka menjadi topik panas selama berhari-hari hingga disebut sebagai "pernikahan abad ini". Bahkan berita honeymoon hingga kehamilan Son Ye Jin terus dibahas selama beberapa bulan oleh publik.

Puncak kebahagiaan pasangan ini terjadi ketika Son Ye Jin melahirkan putra pertamanya dengan Hyun Bin pada 27 November lalu. Persalinan Son Ye Jin terjadi lebih cepat dari perkiraan sebab dia sempat diprediksi akan melahirkan pada bulan Desember.

Di samping kabar bahagia BinJin Couple, bulan Maret 2022 juga menghadirkan kabar duka dari tim produksi drama "Poong, The Joseon Psychiatrist". Pada 31 Maret 2022, media setempat melaporkan bahwa bus yang membawa tim produksi drama tersebut mengalami kecelakaan hingga menewaskan seorang kru.

Kecelakaan terjadi saat bus tim produksi "Poong, The Joseon Psychiatrist" berangkat menuju Paju, Provinsi Gyeonggi, melalui jalan bebas hambatan di pagi hari. Di tengah perjalanan, bus ini ditabrak oleh truk barang hingga mengalami kecelakaan parah.

Mengenai hal ini, tvN berkata, "Truk barang, setelah memompa bensin di pom bensin terdekat, dengan paksa berusaha bergabung ke jalur ketiga, menyebabkan kecelakaan. Seorang anggota staf tewas di tempat kejadian, sementara dua anggota tim produksi lainnya, dan tiga anggota kru peralatan lainnya berada dalam kondisi kritis atau parah."

Kim Hyang Gi dan Kim Min Jae selaku pemeran utama "Poong, The Joseon Psychiatrist" bahkan sempat meminta bantuan publik untuk keperluan donor darah korban selamat. Para anggota staf juga diberikan sesi terapi secara intens guna mencegah gejala stres pasca trauma.

4. April: Pecahnya Skandal Bullying Kim Garam dan Kim Woo Bin Comeback TV


April: Pecahnya Skandal Bullying Kim Garam dan Kim Woo Bin Comeback TV
YouTube/tvN

Di bulan April, publik dihebohkan dengan pecahnya skandal bullying Kim Garam. Pasalnya, skandal ini terungkap sesaat setelah dia diperkenalkan sebagai member LE SSERAFIM, girl grup baru HYBE.

Rumor itu bermula ketika foto masa lalu Kim Garam beredar di berbagai komunitas online. Netizen yang menyebarkannya mengatakan bahwa Kim Garam adalah pelaku kekerasan di sekolah yang suka menggertak teman dan juniornya jika. Dia bahkan disebut suka merokok dan minum-minuman keras meski masih di bawah umur.

Perjalanan skandal ini terbilang cukup panjang. Apalagi, saat itu agensi terus membela Kim Garam meski terduga korban terus bermunculan dan mengaku trauma berat hingga ingin bunuh diri.

Tiga bulan kemudian, tepatnya pada 20 Juli 2022, HYBE dan Source Music akhirnya mengakhiri kontrak eksklusif Kim Garam. Dengan begitu, LE SSERAFIM melanjutkan promosinya dengan lima member.

Bulan April tak hanya dipenuhi dengan berita skandal bullying Kim Garam. Comeback-nya aktor Kim Woo Bin juga sempat menjadi berita utama di Korea Selatan maupun luar negeri.

Sebagaimana diketahui, Kim Woo Bin telah hiatus sejak tahun 2017 karena menderita kanker nasofaring. Kesehatannya benar-benar membaik, sehingga dia siap kembali sebagai artis pada tahun ini.

Di bulan April, Kim Woo Bin comeback televisi dengan muncul di program hiburan tvN "Unexpected Business 2". Dia tampil di program ini dengan sejumlah teman baiknya termasuk Lee Kwang Soo, Lim Ju Hwan, Jo In Sung hingga Cha Tae Hyun.

Selain itu, Kim Woo Bin juga comeback sebagai aktor lewat drama tvN "Our Blues". Dalam drama ini dia beradu akting dengan sejumlah aktor papan atas, termasuk kekasihnya sendiri Shin Min A, Han Ji Min, Lee Byung Hun dan masih banyak lagi.

5. Mei: Kim Sae Ron Terseret Kasus DUI dan Kontroversi Kemenangan LE SSERAFIM di 'Music Bank'


Mei: Kim Sae Ron Terseret Kasus DUI dan Kontroversi Kemenangan LE SSERAFIM di 'Music Bank'
TopStarNews

Pada bulan Mei, aktris cantik Kim Sae Ron menuai kontroversi usai kedapatan menyetir dalam kondisi mabuk. Dia bahkan disebut-sebut berusaha melarikan diri dari tempat kejadian usai insiden itu terjadi.

Berdasarkan laporan media setempat, polisi Gangnam menerima lebih dari 6 panggilan pada pagi hari tanggal 18 Mei yang mengatakan ada sebuah kendaraan "mengemudi dengan tidak stabil" di jalan. Setelah menerima laporan tersebut, polisi bergegas ke tempat kejadian dan melakukan tes breathalyzer pada Kim Sae Ron, tapi dia menginginkan tes darah dan kemudian dibawa ke rumah sakit.

Skandal ini membuat karier Kim Sae Ron hancur berantakan. Dia dikeluarkan dari beberapa proyek akting dan bahkan ditinggalkan oleh agensinya, Gold Medalist. Bahkan saat ini dia harus menghadapi persidangan usai didakwa atas tuduhan melanggar Undang-Undang Lalu Lintas Jalan.

Selain kontroversi DUI Kim Sae Ron, kemenangan LE SSERAFIM atas Lim Young Woong di "Music Bank" juga berhasil menghebohkan publik. Masalah ini bermula ketika Lim Young Woong dan LE SSERAFIM dinominasikan untuk tempat pertama dalam siaran 13 Mei "Music Bank".

Lim Young Woong sebenarnya unggul jauh dalam poin digital dan fisik, namun dia akhirnya kalah karena tidak menerima poin dalam kategori penyiaran. Setelah episode tersebut disiarkan, sejumlah netizen mengeluhkan ketidakadilan dalam penghitungan skor.

Setelah menuai protes, KBS mengklaim bahwa lagu Lim Young Woong "If We Ever Meet Again" tidak disiarkan di TV, radio maupun konten digital mereka. Padahal, lagu tersebut telah diputar di radio KBS selama periode penghitungan suara.

Klub penggemar Lim Young Woong yang tidak terima dengan masalah ini akhirnya menempuh jalur hukum. Mereka meminta polisi untuk menyelidiki kasus ini dengan seadil-adilnya. KBS pun disebut cukup kooperatif selama penyelidikan berlangsung, sehingga polisi akhirnya dapat mengungkap kebenaran dan menetapkan KBS sebagai tersangka.

6. Juni: Seo Ye Ji Comeback Usai Terlibat Skandal dan Jessi Tuai Kontroversi Karena Blokir Penggemar


Juni: Seo Ye Ji Comeback Usai Terlibat Skandal dan Jessi Tuai Kontroversi Karena Blokir Penggemar
Instagram/jessicah_o

Berita comeback-nya Seo Ye Ji lewat drama "Eve" juga berhasil menarik atensi publik di bulan Juni. Sebagaimana diketahui, aktris kelahiran 1990 itu sempat hiatus selama setahun usai terlibat kontroversi gaslighting terkait hubungan asmaranya dengan Kim Jung Hyun.

Dalam drama tersebut, Seo Ye Ji berperan sebagai seorang wanita bernama Lee Ra El yang berbahaya namun memikat. Dia juga rela melakukan berbagai cara untuk membalaskan dendam keluarganya. Sayangnya rencana tersebut diwarnai dengan air mata karena dia jatuh cinta dengan salah satu target balas dendamnya.

Meski "Eve" tidak sesukses yang diharapkan, akting Seo Ye Ji berhasil menarik perhatian Forbes. Dalam artikelnya, Forbes menyatakan, "Seo Ye Ji sangat cantik di 'Eve', sebagai wanita yang menggoda dengan kegilaan sambil mencoba balas dendam jangka panjang yang kompleks. Kamera menyukai Seo ye Ji dan tidak bisa mendapatkan cukup close-up."

"Pakaian, set dan jepretan wajahnya sangat cantik. Mengapa melihatnya? Seo Ye Ji sangat mempesona. Juga, aktor berbakat Park Byung Eun berperan sebagai chaebol yang diam-diam mudah dia bujuk," imbuh majalah tersebut.

Selain itu, berita Jessi memblokir akun Instagram seorang penggemar muda juga cukup menghebohkan publik selama bulan Juni. Kasus ini sendiri dikaitkan dengan kontroversi blackfishing atau istilah modern yang digunakan untuk menunjuk orang kulit putih yang memakai riasan dan berdandan layaknya orang kulit hitam.

Masalah ini bermula ketika Jessi memamerkan kulit cokelatnya saat berlibur dengan sahabatnya. Dia menerima banyak tanggapan positif dari netizen, dan hal itu membuatnya sangat bersemangat.

Namun seorang netizen tiba-tiba berkata bahwa Jessi telah memblokir akun Instagram adiknya yang masih berusia 15 tahun. "Jessi memblokir adik perempuanku!" ujar Hawa, seorang pengguna TikTok.

Dia melanjutkan, "Jadi, ini adalah postingan terbaru Jessi dan adik perempuanku berkomentar di bawahnya dengan mengatakan, 'Oh, kamu terlihat lebih gelap dari biasanya'."

"Beri tahu aku mengapa pengguna tiba-tiba tidak ditemukan. Bagian paling lucu tentang itu adalah bahwa adik perempuanku adalah penggemar berat Jessi. Yah, setidaknya dia diperhatikan olehnya seperti ini..." imbuh netizen tersebut.

Pengakuan Hawa ini akhirnya menuai pro kontra. Di satu sisi, netizen setuju dengannya dan merasa bahwa Jessi tak seharusnya mengambil "tindakan drastis" seperti itu. Namun ada juga yang memberikan pembelaan pada sang penyanyi. Mereka mengatakan bahwa Jessi pernah mendapat komentar menyakitkan tentang warna kulitnya, sehingga dia mungkin sensitif terhadap hal itu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait