Gerhana Matahari Total Pada Maret 2016 Bakal Tarik Turis Asing ke Indonesia
Nasional

Gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 mendatang akan menjadikan Indonesia sebagai pusat sains dunia.

WowKeren - Tahun 2016 ini akan terjadi beberapa peristiwa langit yang menakjubkan. Sebut saja supermoon, hujan meteor dan yang paling ditunggu adalah gerhana matahari total.

Gerhana matahari total tersebut akan terjadi pada 9 Maret 2016 dan dapat disaksikan langsung di beberapa daerah di Indonesia. Fenomena ini termasuk langka karena gerhana matahari total terakhir kali di Indonesia terjadi pada 21 tahun lalu.


Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaludin 11 provinsi di Indonesia akan dilintasi oleh gerhana matahari total. Ke-11 provinsi yang beruntung tersebut adalah Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Paling beruntung adalah kota Palu yang akan menjadi titik terbaik untuk menyaksikan fenomena tersebut.

Sementara daerah lain di Indonesia juga bisa menyaksikan namun penampakan gerhana matahari sebagian. Daerah itu antara lain adalah Jakarta, Surabaya, Padang, Bandung, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makasar, Kupang, Manado dan Ambon.

Fenomena langka tersebut akan menjadi magnet tersendiri yang akan membawa wisatawan asing ke Indonesia. Pasalnya perusahaan seperti Wildland Adventures yang bermarkas di Seattle, Amerika Serikat, berharap bisa membawa turis peminat astronomi (astro-tourist) ke kota Palu.

"Lebih dari 3 ribu ilmuwan dari seluruh dunia akan datang ke Palu untuk mengobservasi gerhana matahari," kata Marsetyo dari Universitas Tadulako di Palu, seperti dikutip dari situs Earth Sky . "Selama 2 menit pada 9 Maret 2016 pagi, Palu akan menjadi pusat sains dunia."

Sejumlah turis asal Perancis juga akan mengunjungi Halmahera untuk menyaksikan gerhana matahari total itu. Bahkan ilmuwan dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) juga tidak akan ketinggalan untuk datang ke Indonesia demi gerhana matahari total tersebut.

(wk/)

You can share this post!

Related Posts