Serba-Serbi Bentuk Jimat yang Ditemukan di Tes CPNS: Dari Garam Bau Kemenyan Hingga Tulisan Arab
SerbaSerbi
Seleksi CPNS 2019

Demi bisa mendapatkan profesi idaman sebagai PNS, beberapa peserta rupanya nekat membawa jimat ke lokasi tes. Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun membagikan foto salah satu jimat tes CPNS.

WowKeren - Proses seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 hingga kini masih terus bergulir di seluruh penjuru Indonesia. Para peserta seleksi CPNS 2019 kini tengah menjalani proses Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebelum bisa melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Demi bisa mendapatkan profesi idaman sebagai PNS, beberapa peserta rupanya nekat membawa jimat ke lokasi tes. Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun membagikan foto salah satu jimat tes CPNS.


Dalam foto yang dibagikan lewat akun Twitter @BKNgoid tersebut, tampak sebuah kalung kain mori berwarna putih. Pihak BKN pun mengimbau agar peserta CPNS 2019 lebih percaya pada diri sendiri dibandingkan bergantung pada jimat.

"Aih... aih... masih ada aja ya yg percaya sama Jimat. Sedih hati mimin kalo tahu ada Peserta SKD #CPNS2019 yang nggak percaya diri begini," cuit akun BKN pada 5 Februari 2020. "Yuk persiapkan diri dengan baik, yakin dan percaya pada kemampuan diri. Kamu Pasti Bisa !!!#TheNewEpicBattle #ASNKiniBeda."

Jimat CPNS

Twitter

Selain itu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY juga mengunggah gambar jimat yang ditemukan di lokasi SKD ke media sosial pada Minggu (9/2). Jimat tersebut berupa taburan garam di sudut gedung lokasi tes.

"Di temukan garam berbau kemenyan di pojok Gedung Wana Bhakti Yasa tempat penyelenggaraan tes SKD," cuit akun Twitter @bkddiy. "Kawans2 yakinlah dgn kemampuanmu. Dan Mintalah pertolongan hanya kepada Tuhan saja. Semangat yaa Genks."

Jimat juga ditemukan oleh panitia seleksi CPNS di Semarang, Jawa Tengah. Dilansir Kompas.com, terdapat 2 jimat yang ditemukan di SKD CPNS di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

Ketua Pelaksana dari Udinus untuk CAT CPNS 7 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah, Mohamad Sidiq, menyebut bahwa jimat pertama ditemukan pada 3 Februari 2020 lalu. Jimat tersebut berupa kain hijau dengan tulisan Arab gundul.

Sedangkan jimat yang kedua ditemukan pada 5 Februari 2020. Jimat tersebut ditemukan oleh panitia yang menggelar razia dan berbentuk ketapel dibalut kain merah.

Temuan jimat-jimat tersebut lantas ramai dikomentari oleh warganet. Banyak yang menyebut jimat terbaik dan paling ampuh adalah doa.

"Jimat terbaik adalah doa orang tua," tulis akun @ze***wa. "Lah, itu mau ujian CPNS tau mau pesugihan? Salah tempat,woi," tambah akun @We***tg. "Jimat nya ga sakti kalo gitu, masih bisa ketahuan...., Yang buat jimat kudu ikut SKD dulu biar sakti," timpal akun @bo***yu.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts