Tak Hanya Bikin Melek, Kafein Ternyata Juga Simpan 7 Manfaat Ini Untuk Kecantikan Kulit
Lifestyle

Di industri kecantikan, kafein sejak lama dipercaya dapat merawat kesehatan kulit wajah dan tubuh. Tak heran jika banyak merk kecantikan memasukan kafein dalam produk perawatan wajah mereka.

WowKeren - Kalian mungkin merupakan salah satu orang yang tak bisa lepas dari kopi atau kafein. Hal ini dikarenakan kafein merupakan senyawa yang dapat meningkatkan konsentrasi serta memicu tubuh untuk lebih berenergi dan semangat. Tak heran jika keberadaannya sebagai pembangkit semangat tak dapat ditinggalkan.

Namun tahukah kalian jika kafein juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Di industri kecantikan, kafein sejak lama dipercaya dapat merawat kesehatan kulit wajah dan tubuh. Tak heran jika banyak merk kecantikan memasukan kafein dalam produk perawatan wajah mereka.

Hasil riset dari Paula’s Choice Research Team dalam situs resminya mengungkapkan bahwa kafein memiliki sifat menenangkan dan kaya akan antioksidan, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Berikut tim WowKeren rangkum 7 manfaat yang bisa kalian dapatkan dari kafein untuk kulit. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Menghilangkan Lingkaran Hitam Mata


Menghilangkan Lingkaran Hitam Mata

Kafein memiliki sifat menenangkan dan kaya akan antioksidan, sehingga dapat membantu meminimalisir penampakan selulit dan puffy eyes. Biasanya, pembuluh darah seseorang dengan kulit tipis akan terlihas seperti tanda berwarna biru keunguan.

Tanda ini biasanya akan semakin terlihat jelas saat kalian kurang tidur atau sedang stres berat. Krim mata yang mengandung kafein membantu mengecilkan pembuluh darah pada area di bawah mata sehingga menyamarkan lingkaran hitam pada dan bengkak pada mata tersebut.

2. Mengurangi Inflamasi


Mengurangi Inflamasi

Kafein memiliki sifat anti inflamasi yang berfungsi mengurangi peradangan pada kulit. Menggunakan produk skincare topikal di area kulit yang bermasalah dapat menyembuhkan kemerahan dan kulit juga menjadi lebih sehat.

Kafein juga kaya akan antioksidan penting yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel-sel. Dengan demikian bahan ini mampu membantu kalian meredakan inflamasi dan kemerahan pada kulit.

3. Mencerahkan Wajah


Mencerahkan Wajah

Warna kulit wajah yang tidak merata bisa disebabkan karena paparan sinar matahari secara berlebihan. Untuk itu, selalu ingat untuk memakai sunscreen/sunblock sebelum memulai aktivitas.

Selain itu, skincare mengandung kafein juga mampu berfungsi mencerahkan wajah dan menyamaratakan warna kulit. Hal tersebut karena kafein mengandung antioksidan yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati akibat radikal bebas.

4. Cegah Penuaan Dini


Cegah Penuaan Dini

Manfaat kafein yang dapat terjadi jika digunakan secara topikal adalah mengurangi garis halus dan kulit yang kendur. Kafein juga berfungsi untuk menyamarkan pori-pori wajah yang terlihat besar dan mengencangkan kulit wajah.

Alhasli kulit wajahmu jadi terlihat sehat dan awet muda. Selain itu, kafein juga dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada kuli. Jadi, kalian bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Kalian bisa mendapatkan manfaat ini dengan menggunakan minyak esensial mengandung kafein.

5. Memperbaiki Kerusakan Akibat Sinar UV


Memperbaiki Kerusakan Akibat Sinar UV

Sebuah studi penelitian menemukan bahwa kafein juga dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet. Hal ini dikarenakan kafein mengandung antioksidan yang sangat tinggi, bahkan melebihi poluphenols dalam teh hijau.

Kafein juga tinggi akan antioksidan, dan kandungan ini dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah faktor utama penyebab tanda penuaan, yang artinya kulit juga akan terlindungi dari masalah penuaan.

6. Menyamarkan Selulit


Menyamarkan Selulit

Kafein diketahui mengandung zat theophylline yang bersahabat dalam merawat selulit. Sejumlah produk masker dan body lotion diciptakan dengan kandungan kafein. Kandungan ini dapat membantu mengembalikan kadar air pada permukaan kulit, lalu bekerja memperbaiki teksturnya menjadi halus.

Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian di Universitas Sao Paulo, bahwa perawatan dengan menggunakan krim kafein mengurangi sel lemak selulit hingga 17 persen. Kalian bisa g unakan campuran kopi dan minyak zaitun untuk mengatasi selulit, scrubbing secara teratur dan menjaga agar sel kulit mati dapat terangkat.

7. Mempertahankan Kelembaban Kulit


Mempertahankan Kelembaban Kulit

Kandungan kafein dalam skincare yang kamu pakai dapat merangsang kulit memproduksi pelembap alami tanpa berlebihan, sehingga kulit dapat terjaga kelembapannya. Fungsi dari kafein ini juga bisa menjaga elastisitas wajah sehingga mencegah penuaan dini.

Tidak hanya untuk kulit wajah, tapi tubuh terjaga kelembapannya. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan body lotion yang mengandung kopi atau cokelat. Selain itu jika kafein dikombinasikan dengan bahan lain seperti ginseng, maka akan terbentuk sebuah campuran yang mampu memberi energi luar biasa pada kulit.

Intip juga yuk artikel ini untuk mengetahui bagaimana caranya mengatasi maske atau jerawat yang timbul akibat terlalu lama menggunakan masker. Simak juga beberapa kebiasaan dalam merawat wajah yang justru bikin jerawat terus bermunculan di sini.

You can share this post!

Related Posts