Prediksi Wajah 2021 di Tengah Bayang-Bayang Pandemi COVID-19
Dunia

Sudah setahun lamanya virus Corona 'menemani' namun belum ada tanda-tanda kapan wabah akan berakhir. Seperti apa perkiraan kondisi 2021 dengan masih dibayangi COVID-19?

WowKeren - Selamat tahun baru 2021!!! Wah tanpa terasa tahun 2020 yang konon isinya cuma Januari, Februari, Maret, dan tiba-tiba Desember sudah berakhir. Saatnya kita menyongsong hari-hari baru tahun 2021 dengan penuh semangat, benar kan?

Tapi jangan lupa, tetap patuh pada protokol kesehatan ya. Sebab sampai sekarang belum ada kejelasan kapan pandemi COVID-19 akan berakhir. Malah Indonesia meminta publik lebih waspada dengan lonjakan kasus mengingat mobilitas yang meningkat saat libur panjang akhir tahun.

Kali ini WowKeren juga sudah merangkum perkiraan situasi tahun 2021 di tengah bayang-bayang pandemi COVID-19. Mulai dari aspek kesehatan sampai agenda-agenda internasional, seperti apa perkembangannya? Yuk simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

(wk/elva)

1. Vaksinasi COVID-19 Jadi Prioritas Program Pengendalian Wabah


Vaksinasi COVID-19 Jadi Prioritas Program Pengendalian Wabah

Vaksinasi masih dianggap sebagai cara terampuh untuk mengatasi pandemi COVID-19. Beberapa negara pun sudah mulai melakukan vaksinasi, sedangkan Indonesia sendiri baru akan memulainya Januari 2021.

Namun pengendalian wabah tidak hanya bisa bertumpu pada vaksinasi. Metode deteksi yang akurat sampai obat-obatan yang diresepkan harus terus dikembangkan demi segera menuntaskan wabah COVID-19.

Indonesia pun baru-baru ini sukses mengembangkan alat deteksi COVID-19 berbasis embusan napas bertajuk GeNose. Dan tentu bukan hanya Indonesia, negara-negara lain juga tengah berlomba untuk mendapatkan metode deteksi sekaligus obat yang benar-benar manjur untuk mengentaskan wabah COVID-19.

Tetapi yang patut diingat, semua ini tak akan berguna kecuali kita patuh pada protokol kesehatan 3M. Jadi, ayo sama-sama kalahkan COVID-19!

2. Ekonomi di Tengah Pandemi, Mulai Pulih atau Malah Makin Ambruk?


Ekonomi di Tengah Pandemi, Mulai Pulih atau Malah Makin Ambruk?

COVID-19 jelas menyebabkan krisis kesehatan, namun sayangnya diikuti dengan ambruknya perekonomian dunia. Sebab virus Corona yang mudah menular di tengah kerumunan memaksa masyarakat untuk lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah.

Namun tampaknya situasi tahun 2021 ini akan lebih berorientasi pada pemulihan ekonomi seiring dengan makin berkembangnya metode pengobatan dan pencegahan wabah COVID-19. Sebagai contoh di Indonesia sendiri yang perlahan-lahan ekonominya kembali tumbuh meski belum maksimal.

Namun tentu tidak ada jaminan bagaimana ekonomi dunia ke depannya selama pandemi COVID-19 belum benar-benar teratasi. Karena itu jangan lengah dan atur keuanganmu dengan baik ya. Sebab tidak ada jaminan resesi yang dialami sejumlah negara akan segera teratasi.

3. Ragam Stimulus Pemerintah untuk Masyarakat Terdampak Wabah


Ragam Stimulus Pemerintah untuk Masyarakat Terdampak Wabah

Di tengah ambruknya ekonomi akibat wabah COVID-19, masyarakat pun berharap uluran tangan pemerintah agar tetap bisa hidup sejahtera. Pemerintah Indonesia pun salah satu di antaranya yang sigap membagikan sejumlah bantuan sosial, meski sayang malah diembat sang nahkoda program.

Tapi jangan khawatir, Menteri Sosial Tri Rismaharini sudah merumuskan beberapa bansos yang akan dibagikan untuk masyarakat terdampak COVID-19. Bedanya kali ini bansos dibagikan dalam format berbeda, mulai dari sembako diganti uang segar sampai pendistribusian via rekening bank.

Negara lain pun ikut memberikan stimulus serupa. Amerika Serikat misalnya, baru-baru ini menyepakati tunjangan untuk para masyarakat terdampak yang sukses mengerek naik harga emas dunia. Di sisi lain, Indonesia tidak hanya akan membagikan bansos, tetapi juga lewat program lain seperti Kartu Pra Kerja sampai subsidi internet untuk para pelajar.

4. Pariwisata Rubuh Imbas Pandemi, Bagaimana Nasibnya di 2021?


Pariwisata Rubuh Imbas Pandemi, Bagaimana Nasibnya di 2021?

Aspek pariwisata jelas menjadi yang paling terguncang oleh wabah COVID-19. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno jelas harus memutar otak berkali-kali demi menyelamatkan industri pariwisata yang bahkan belakangan kian terhimpit dengan kebijakan larang masuk WNA sampai 14 Januari 2021.

Namun tidak ada jaminan bagaimana nasib pariwisata di tahun 2021 mengingat kini dunia malah dibuat heboh dengan adanya varian baru virus SARS-CoV-2 yang jauh lebih menular. Karena itu sejumlah tempat wisata mengakali situasi ini dengan menyediakan paket tur virtual yang mungkin bisa sesekali kamu coba.

Tetapi memang yang terpenting adalah patuh prokes agar wabah cepat berlalu. COVID-19 pergi, pariwisata dan industri hiburan lain akan kembali normal seperti sediakala.

5. Olimpiade sampai Piala Dunia, Event Olahraga Internasional Bakal Ditunda Lagi?


Olimpiade sampai Piala Dunia, Event Olahraga Internasional Bakal Ditunda Lagi?

Sejumlah agenda besar sedianya digelar pada 2020 silam, seperti misalnya Olimpiade Tokyo. Sayangnya perhelatan akbar ini diundur sampai 2021 demi mencegah klaster COVID-19. Perkembangan terkini rencana olimipiade ini pun akan digelar tahun 2021 ini, tentu saja dengan mengadaptasi sejumlah peraturan ketat seperti atlet wajib divaksin.

Selain olimpiade, Indonesia juga seharusnya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang juga ikut ditunda sementara sampai 2023. Hal senada juga terjadi dengan rencana DKI Jakarta menjadi tuan rumah Formula E yang terpaksa ditangguhkan akibat wabah virus Corona.

Tapi jangan khawatir. WowKeren akan selalu menyediakan informasi terkini soal agenda-agenda internasional di tengah pandemi COVID-19. Stay tuned ya!

6. Wajah Politik Indonesia dan Dunia 2021: Reshuffle Kabinet hingga Kebijakan Biden


Wajah Politik Indonesia dan Dunia 2021: Reshuffle Kabinet hingga Kebijakan Biden

Panggung perpolitikan juga ikut gonjang-ganjing mengiringi kehebohan pandemi COVID-19. Seperti misalnya Presiden Jokowi yang sampai me-reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada 23 Desember 2020 kemarin, menggantikan sejumlah menteri strategis seperti Menteri Kesehatan dari Terawan Agus Putranto ke Budi Gunadi Sadikin.

Sejumlah pergolakan politik juga mewarnai beberapa negara lain. Seperti misalnya Thailand yang sampai saat ini masih diwarnai dengan demonstrasi atau, tentu saja yang paling greget, kondisi politik di Amerika Serikat.

Diketahui Donald Trump sudah dinyatakan kalah oleh electoral college sehingga Januari nanti semestinya sang rival, Joe Biden dilantik menjadi presiden baru. Kedua figur ini memiliki pola pikir yang jauh berbeda sehingga sangat besar kemungkinan arah kebijakan AS akan berubah.

Sedangkan di Indonesia sendiri juga rawan terjadi kehebohan lagi. Diketahui tahun ini akan dibahas Omnibus Law sektor Keuangan sementara UU Cipta Kerja pun belum diterima semua kalangan.

Itu sedikit rangkuman perkiraan kondisi 2021 di tengah pandemi COVID-19 yang masih menghantui. Wabah ini sudah berulang tahun yang pertama pada Kamis (31/12) kemarin, jadi ayo bersama-sama cegah agar jangan sampai terjadi ulang tahun berikutnya!

Caranya? Ya jelas cuma patuh protokol kesehatan 3M! Jangan sampai lengah.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru