Jangan Anggap Sepele, Ini 8 Alasan Penting Kamu Harus Mendapatkan Tidur Berkualitas
pexels.com/Andrea Piacquadio
Health

Aktivitas sehari-hari yang super padat terkadang membuat orang lupa untuk mendapatkan jam tidur yang sesuai. Padahal, tidur yang berkualitas sangat penting untuk tubuh.

WowKeren - Saat merasa lelah, otak akan mengirimkan sinyal pada tubuh agar beristirahat. Begitu pula saat pikiran mulai kalut karena seabrek masalah yang dihadapi. Tidur sejenak mampu membuat kita rileks.

Pada dasarnya, tidur adalah salah satu aktivitas yang penting untuk kesehatan. Tak hanya menyegarkan tubuh dan pikiran, tidur yang nyenyak dapat mendatangkan banyak manfaat.

Namun sayangnya, aktivitas sehari-hari yang super padat terkadang membuat orang lupa untuk mendapatkan jam tidur yang sesuai. Padahal, tidur yang berkualitas sangat penting untuk tubuh. Berikut manfaat mendapatkan tidur yang berkualitas setiap hari.

(wk/zodi)

1. Meningkatkan Konsentrasi


Meningkatkan Konsentrasi
pexels.com/Andrea Piacquadio

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan saat mendapatkan tidur yang nyenyak adalah meningkatnya konsentrasi dan daya kerja otak. Mendapatkan tidur yang cukup akan membuat tubuh dan pikiran kembali segar sehingga kamu bisa bekerja dengan lebih produktif.

Selain itu, tidur yang cukup juga bisa meningkatkan daya ingat. Melansir Health Line, tidur yang nyenyak terbukti meningkatkan keterampilan untuk memecahkan masalah dan meningkatkan kinerja memori anak-anak dan orang dewasa.

2. Menjaga Kesehatan Mata


Menjaga Kesehatan Mata
pexels.com/Cole Keister

Tidur akan menjauhkanmu dari gadget maupun layar komputer yang selama seharian telah membuat mata menjadi tegang. Mata yang telah bekerja terus-menerus membutuhkan istirahat agar bisa kembali menjalankan fungsinya dengan baik.

Pastikan saat tidur, lampu kamarmu tidak dalam posisi menyala terang. Sebab lampu yang sangat terang dapat mengganggu kualitas tidurmu karena akan langsung menyinari mata sehingga membuatmu merasa tidak nyaman.

3. Memperkuat Daya Tahan Tubuh


Memperkuat Daya Tahan Tubuh
pexels.com/samer daboul

Tidur yang berkualitas dapat menguatkan daya tahan tubuh. Kurangnya waktu tidur terbukti dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi menemukan jika mereka yang tidur kurang dari 7 jam hampir 3 kali lebih mungkin terkena flu dibandingkan mereka yang tidur 8 jam atau lebih.

Jika kamu merasa akhir-akhir ini sering masuk angin, sariawan, dan batuk pilek, bisa jadi hal itu disebabkan karena sistem imun yang lemah akibat kurangnya waktu tidur.

4. Suasana Hati Lebih Baik


Suasana Hati Lebih Baik
pexels.com/Andrea Piacquadio

Terkadang saat pikiran sudah penat dan lelah dengan masalah yang menggelayuti, tidur bisa menjadi cara untuk menyegarkannya kembali. Tidur yang berkualitas akan membuatmu bangun dengan semangat.

Dengan suasana hati yang baik, kamu bisa menyambut hari esok dengan pikiran positif. Sebaliknya, kurang tidur bisa menyebabkan depresi dan penyakit mental lainnya. Melansir Health Line, sekitar 90 persen orang yang menderita depresi mengeluhkan kualitas tidur mereka.

5. Mempercepat Proses Penyembuhan


Mempercepat Proses Penyembuhan
pixabay.com

Saat berobat, pada umumnya dokter akan selalu menyarankan kepada pasien untuk mendapatkan tidur yang cukup. Anjuran ini tentu saja bukan tanpa alasan. Salah satu manfaat tidur adalah menghasilkan hormon pertumbuhan jaringan untuk memulihkan sakit atau luka.

Otot dan jaringan akan memperbaiki cedera dan meremajakan sel-sel saat kita tidur di malam hari. Sehingga tidur dianggap mampu mempercepat proses penyembuhan.

6. Membantu Makan Lebih Sedikit Kalori


Membantu Makan Lebih Sedikit Kalori
pxhere.com

Tidur lebih awal atau tepat waktu akan menghindarkanmu dari aktivitas ngemil di tengah malam. Aktivitas ngemil di tengah malam, terutama kue atau kerupuk sangat berkontribusi untuk menumpuk lemak dalam tubuh.

Tidur yang cukup akan membuatmu menghasilkan lebih sedikit hormon lapar yang disebut ghrelin. Sebaliknya, tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon leptin yang akan memberikan sinyal kepada otak jika kamu sudah kenyang.

7. Mencegah Penyakit Lever dan Stroke


Mencegah Penyakit Lever dan Stroke
pxhere.com

Kualitas dan berapa lama kita tidur sangat erat kaitannya dengan kondisi kesehatan. Kurangnya tidur yang berkualitas diyakini dapat memicu timbulnya gejala penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

Sebuah kajian dari 15 studi mengungkap perbedaan risiko yang ditimbulkan antara mereka yang mendapat cukup waktu tidur dengan yang tidak. Orang yang kurang tidur memiliki risiko lebih tinggi terpapar penyakit jantung dan stroke, dibanding mereka yang tidur selama 7-8 jam sehari.

8. Mengurangi Risiko Inflamasi


Mengurangi Risiko Inflamasi
pxhere.com

Kurangnya tidur bisa memunculkan tanda inflamasi dan kerusakan sel. Kualitas tidur yang buruk sangat terkait dengan potensi inflamasi atau peradangan jangka panjang di dalam tubuh. Misalnya pada gangguan pencernaan yang dikenal dengan penyakit radang usus. Untuk itu, penting mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas untuk mencegah risiko ini.

Itulah tadi pentingnya mendapatkan tidur yang berkualitas. Untuk bisa mendapatkan tidur berkualitas, kamu harus bisa mengondisikan suasana yang nyaman di dalam kamar. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga kebersihan kamar, terutama seprai. Di artikel ini kamu bisa menyimak pentingnya mengganti seprai secara rutin.

Selain seprai, ada baiknya kamu juga memastikan udara yang ada dalam kamarmu tidak lembap dan apek. Cara-cara ini akan membantumu menjaga udara kamar agar tetap sehat dan segar.

You can share this post!

Related Posts