Get Healthy : Personal Coach Ini Ungkap Kebiasaan Pagi Yang Bikin Badan Cepat Langsing, Apa Saja?
Dokumentasi Dewi
Health
Get Healthy

Perubahan kebiasaan di pagi hari rupanya bisa menjadi salah satu kunci sukses agar cepat dapatkan badan langsing. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Simak ulasan lengkap Dewi Purnama Sari berikut ini!

WowKeren - Salah satu kunci sukses menjalankan diet adalah kuatnya komitmen seseorang dalam mengubah kebiasaannya. Tak perlu terlalu kompleks, perubahan ini bisa dimulai dari hal-hal sederhana yang bisa dilakukan di pagi hari. Seperti yang dilakukan oleh Dewi Purnama Sari. Wanita yang kini aktif sebagai personal coach ini mengakui bahwa kebiasaan yang dimulai di pagi hari dapat membantunya untuk turun berat badan.

Perjalanan diet Dewi bermula saat berat badannya menginjak angka 63 kilogram akibat buruknya pengaturan pola makan. Merasa badannya jadi cepat lelah dan sering sakit, ia pun tergerak untuk melakukan diet. Beragam cara diet yang didapat dari internet sampai menghabiskan banyak waktu untuk olahraga pun sempat dijajalnya. Meski demikian, berat badannya tak kunjung alami penurunan.



Photo-INFO

TikTok/dewipurnamasari79



Perjuangan Dewi untuk menurunkan berat badan tak berhenti sampai di situ. Mengikuti bimbingan dari mantan rekan kerjanya, ia pun bergabung bersama sebuah komunitas. Di sana, ia diajari berbagai ilmu mengenai nutrisi. Wanita yang kini berusia 33 tahun ini akhirnya menyadari bahwa diet dapat dimulai dari mengubah kebiasaan-kebiasaan sederhana di pagi hari.

Berkat komitmen untuk mengubah kebiasaan, Dewi berhasil membuat berat badannya kembali ideal di angka 50-52 kilogram. Bahkan, kini ia pun sukses mengantongi tiga sertifikasi sebagai personal trainer, instruktur zumba serta aerobik sekaligus.

Kepada WowKeren untuk rubrik Get Healthy, Dewi secara khusus mengungkap beberapa kebiasaan-kebiasaan pagi hari yang membantunya mendapatkan tubuh langsing. Apa saja? Ini dia ulasan Dewi selengkapnya.

(wk/yoan)

1. Awali Pagi Hari dengan Afirmasi Positif


Awali Pagi Hari dengan Afirmasi Positif
TikTok/dewipurnamasari79

Afirmasi positif yang dilakukan secara rutin dapat mengubah pikiran dan perilaku menjadi lebih positif. Selain itu, afirmasi positif juga dapat membuat kepercayaan diri dan imunitas tubuh meningkat, mencegah depresi, memberikan kebahagiaan dan kenyamanan hati. Hal ini membuat seseorang jadi lebih yakin dan sukses meraih mimpi dan tujuannya. Saat mengungkap rasa syukur, kita tidak boleh lupa bahwa pengalaman tertinggi bukanlah pada kata-kata tapi bagaimana menerapkannya dalam hidup.

"Untuk kebiasaan pagi hari, hal yang perlu dilakukan salah satunya bersyukur. Lalu, dilanjutkan dengan afirmasi dan meditasi. Mulailah menyediakan dan meluangkan waktu untuk melakukan hal ini," jelas Dewi. "Ketika mempraktikkan syukur sebagai cara hidup setiap pagi, kita akan bangun dengan sangat gembira karena masih hidup. Syukur akan meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan ke level yang lebih tinggi daripada sebelumnya."

Menurut Dewi, semua ini perlu dilatih setiap hari jadi segeralah mulai di esok pagi. Memulai pagi dengan afirmasi posistif akan membuat kamu merasakan hal-hal baik secara ajaib sepanjang hari. Selain itu, energi positif yang kamu pancarkan akan menjadi magnet untuk sekitar kamu sehingga hari-harimu jadi lebih bersemangat dan berwarna.

2. Minum Air Setelah Bangun Tidur


Minum Air  Setelah Bangun Tidur
TikTok/dewipurnamasari79

Setelah bersyukur dan berafirmasi positif, lanjutkan rutinitas pagi hari dengan minum air putih 1-2 gelas. Hal ini bisa memberikan manfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain mengeluarkan racun, minum air putih juga dapat membantu tubuh pulih dari dehidrasi akibat semalaman berpuasa (waktu tidur).

"Selama malam hari, otomatis tubuh berpuasa sepanjang waktu tidur. Kondisi kosong ini membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi saat bangun tidur karena tubuh menyerap air lebih cepat. Sehingga, penting untuk segera minum air putih saat bangun tidur," terang Dewi. "Dehidrasi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Jadi, perlu mendapatkan rehidrasi dengan minum air sesegera mungkin. Minum air putih juga membantu kita dalam membangun rutinitas yang sehat."

Menurut Dewi, kebiasaan minum di pagi hari juga dapat membantu seseorang lebih mudah mencukupi kebutuhan cairan harian. Seperti diketahui, kebutuhan air setiap orang rata-rata mencapai 8 gelas. Dengan minum air 1-2 gelas di pagi hari, seseorang akan lebih mudah menyesuaikan waktu minum di waktu selanjutnya. Ditambah, minum air di pagi hari juga dapat membantu mengendalikan nafsu makan sehingga mengurangi risiko makan berlebihan saat siang hari.

"Anjuran minum air putih sedikitnya 8 gelas sehari pun sudah ada dalam aturan Permenkes No.41 tahun 2014 tentang pedoman gizi seimbang. Menkes saja sudah menyarankan minum 8 gelas setiap hari. Tapi, kebutuhan setiap orang dengan berat badan yang berbeda itu beda," tambah Dewi. "Kalau saya, saya bagi jadi setiap bangun tidur 1-2 gelas. Kemudian sebelum dan sesudah sarapan satu gelas. Jadi, setiap kita mau memasukkan kalori, minum dulu. Dengan itu, kebutuhan air putih kita akan tercapai. Sebenarnya mudah, tergantung kita mengaturnya gimana."

3. Lakukan Peregangan dan Olahraga Ringan


Lakukan Peregangan dan Olahraga Ringan
TikTok/dewipurnamasari79

Tak berhenti sampai minum air putih saja, Dewi juga menyarankan untuk melakukan peregangan pada pagi hari. Peregangan ini bertujuan untuk membantu melenturkan otot-otot yang kaku setelah bangun tidur. Setelah peregangan, lanjutkan dengan melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan. Membiasakan olahraga ringan di pagi hari akan membantu seseorang lebih produktif saat menjalani hari

"Setelah minum segelas air putih, biasanya saya melakukan peregangan otot dan olahraga kecil seperti stretching untuk memperbaiki postur tubuh dan melancarkan aliran darah. Membiasakan melakukan pose-pose yoga seperti cat and cow pose, child pose dan gerakan lainnya yang biasa saya tonton dari YouTube," beber Dewi. "Kemudian, dilanjutkan dengan workout untuk menaikkan suhu tubuh, memberikan energi dan semangat saya menjalani aktivitas lebih produktif di hari itu."

Kebiasaan berolahraga ringan ini pun akhirnya membuat Dewi merasa ketagihan. Ia akhirnya mempelajari beragam jenis olahraga hingga sukses mendapatkan 3 sertifikasi sekaligus. Dengan ketiga sertifikasi inilah, Dewi pun bisa membagi rutinitas olahraga paginya jadi lebih beragam agar hasilnya lebih maksimal.

"Karena saya sudah punya 3 lisensi yaitu personal trainer, aerobik dan zumba, jadi olahraganya pasti tidak jauh dari itu. Tinggal dibagi dan dibikin program. Misalnya, hari Senin latihan beban, Selasa aerobik, Rabunya zumba, Kamis latihan beban lagi, dan Sabtunya aerobik, jadi balance," lanjut Dewi.

4. Usahakan Tidak Melewatkan Sarapan


Usahakan Tidak Melewatkan Sarapan
TikTok/dewipurnamasari79

Kebiasaan penting lainnya yang kerap diabaikan para pejuang diet adalah sarapan. Hal inilah yang kerap dialami Dewi saat awal-awal diet. Saat itu, ia berfikir tidak masalah melewatkan sarapan dan cukup makan satu kali saja. Kenyataannya, hal ini malah membuat produktivitas menurun hingga nafsu makan yang tak terkendali. Akibatnya, berat badannya jadi tak kunjung turun.

"Dulunya saya pagi enggak sarapan. Saya pikir, kan enggak usah sarapan karena kenyang, jadi makannya sekali saja, ternyata salah. Melewatkan sarapan itu bisa mengurangi produktivitas, sulit fokus, dan enggak bisa kontrol mood. Setelah itu, pasti kita akan makan berlebihan di jam makan siang. Kalau gitu, sudah pasti susah kontrol berat badan," ungkap Dewi. "Jadi strategi untuk menjaga berat badan tetap ideal adalah dengan sarapan."

Dewi juga menyebutkan bahwa penting untuk memerhatikan nilai nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan lemak saat sarapan. Menu sarapan dengan nutrisi tercukupi ini akan memberikan sensasi rasa kenyang yang lebih lama.

5. Sempatkan Berjemur 5-10 Menit


Sempatkan Berjemur 5-10 Menit
Dokumentasi Dewi

Selain asupan makronutrisi yang sudah disebutkan, para pejuang diet hendaknya juga memerhatikan asupan vitamin untuk tubuh. Cara ini bisa dilakukan dengan mulai membiasakan berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 5-10 menit. Dewi menyebutkan bahwa di samping meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh, ada manfaat lain dari paparan sinar matahari pagi bagi kesehatan dan sangat baik untuk kesehatan.

"Sempatkan untuk berjemur sekitar 5-15 menit setiap pagi mungkin terlihat mudah dan ringan tapi justru banyak yang terlewat melakukannya. Paparan sinar matahari dapat merangsang produksi vitamin D dalam tubuh yang dapat memperkuat sistem pertahanan dan kekebalan tubuh," papar Dewi. "Kebutuhan sinar matahari ini juga yang bisa membuat tubuh kita lebih sehat dan bahagia karena produksi hormon serotonin dapat meningkat sehingga risiko stres dan depresi bisa diminimalisir."

Dengan pola hidup sehat aktif diimbangi nutrisi yang tercukupi dan melakukan kebiasaan baik setiap pagi, akan semakin mendekatkan seseorang dengan impiannya mendapatkan tubuh yang langsing, proporsional dan tubuh menjadi lebih sehat bugar.

6. Kunci Sukses Dapatkan Badan Langsing


Kunci Sukses Dapatkan Badan Langsing
Instagram/panduandietlangsing

Menurut Dewi, kunci sukses mendapatkan badan langsing adalah kesungguhan untuk melakukannya secara konsisten dan dibutuhkan komitmen. Pasalnya, untuk merubah dan membiasakan diri dengan hal dan rutinitas baru memang tidak mudah dan membutuhkan waktu. Bagaimana hal ini berproses sampai berhasil kepada setiap orang pasti akan berbeda.

"Satu, jangan menyerah, semangat. Kedua, tetap konsisten. Ketiga, pahami jika diet itu butuh proses yang tidak instan. Karena perubahan kecil yang kita lakukan secara konsisten, mampu membentuk kita di masa depan. Kalau punya impian, mau enggak mau harus ada usaha," ujar Dewi. "Sebenarnya, diet itu artinya mengatur pola makan. Jadi, semua bisa kita lakukan selagi bisa mengatur. Kita yang bisa mengatur mulut kita, bukan mulut yang mengatur kita. Meskipun itu hal kecil, setidaknya kita bergerak untuk menjadi lebih positif. Dengan niat, konsisten, dan komitmen, insya Allah berhasil."

Dewi juga mengungkapkan bahwa diet dasarnya adalah sebuah pengaturan pola makan. Saat seseorang sudah berhasil menjalankan kebiasaan-kebiasan diet dengan konsisten, maka impian untuk mendapatkan tubuh langsing tentunya bukan hal yang mustahil untuk didapatkan.

7. Tips Agar Konsisten Diet


Tips Agar Konsisten Diet
Dokumentasi Dewi

Konsisten adalah kunci, tapi mempraktikkannya adalah kunci keberhasilan sesungguhnya. Konsisten dapat mudah dijalani jika kita merubah mindset. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pemula, contoh bergabung dengan komunitas dan lingkungan yang tepat, menggunakan bantuan aplikasi yang bisa men-track kebiasaan atau cari personal coach untuk membimbing dan mengontrol agar tetap fokus kepada target dan tujuan.

"4 tips supaya konsisten, pertama buat impian yang jelas dan terukur kemudian catat, foto dan tempel di tempat yang sering kita lihat. Kedua, bikin kebiasaan menjadi enjoy dan menarik. Misalnya punya target olahraga, kita bisa sambil mendengarkan musik yang kita sukai sehingga tanpa sadar target bisa tercapai," saran Dewi. "Ketiga, buat menjadi mudah. Walau merubah kebiasaan pasti susah, tapi jika kita terus menunda, waktu tidak akan menunggu kita. Jadi, lakukan perlahan, tidak perlu langsung. Terakhir, bikin kebiasaan baru kita itu menjadi rewarding, ada hadiahnya saat kita berhasil. Jadi, kita bisa rasakan kenikmatannya."

Sebagai penutup, Dewi juga berpesan untuk tidak melewatkan lebih dari dua kali kebiasaan baik saat bangun tidur. Pasalnya, kunci dari keberhasilan adalah pengulangan atau repetisi. Jika kita sudah melewatkan lebih dari dua kali, akan sangat mudah untuk kembali ke kebiasaan lama. Jadi, yuk segera perbaiki kebiasaan pagimu mulai dari sekarang.



You can share this post!