Penting Diperhatikan Demi Kesehatan Ibu dan Janin, Simak 8 Tips Ini Jika Anda Berpuasa Saat Hamil
Health

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memutuskan berpuasa dalam kondisi hamil. Hal ini diperlukan demi menjaga kesehatan ibu dan janin Untuk itu, simak tips berikut ini agar Anda tetap sehat dan fit saat berpuasa meski tengah hamil.

WowKeren - Wanita yang sedang hamil memiliki dua pilihan di bulan Ramadan. Mereka boleh berpuasa atau meninggalkannya jika tidak mampu. Bagi mereka yang tak berpuasa, diwajibkan untuk membayar fidyah yakni memberi satu porsi makan untuk orang miskin dengan standar lingkungan tempatnya tinggal.

Jika Anda memutuskan untuk menjalani ibadah puasa saat hamil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebab ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi terbaik demi mendukung tumbuh kembang janin. Sedangkan saat berpuasa, pola makan akan mengalami perubahan sehingga dibutuhkan pengawasan ekstra agar ibu tetap sehat dan bugar.

Kalau perlu, konsultasikan dulu dengan dokter maupun bidan Anda sebelum memutuskan untuk berpuasa. Dan jika ibu yakin untuk berpuasa selama hamil, sebaiknya simak artikel berikut ini. Sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa tips agar ibu hamil bisa berpuasa dengan lancar tanpa membahayakan janin. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Cukupi Kebutuhan Cairan


Cukupi Kebutuhan Cairan

Tips pertama yang harus Anda perhatikan agar bisa berpuasa dengan lancar saat hamil adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan. Jika kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi, Anda akan selalu bertenaga dan tidak mudah kehausan saat berpuasa.

Usahakan untuk mengkonsumsi minimal 8 gelas air setiap harinya. Anda bisa menerapkan pola 2-4-2, yakni 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas air sebelum tidur dan 2 gelas air saat sahur. Dengan begitu, tubuh akan selalu bugar meski Anda berpuasa saat hamil.

2. Konsumsi Makanan Bernutrisi


Konsumsi Makanan Bernutrisi

Seperti yang dijelaskan sebelumya, penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi demi tumbuh kembang janin. Karena itulah usahakan untuk selalu makan makanan bergizi saat sahur maupun berbuka. Pastikan Anda mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup dari nasi maupun makanan berbahan dasar tepung.

Selain itu, penuhi juga kebutuhan protein dari daging ayam atau ikan dan dapatkan kebutuhan serat dari sayur dan buah-buahan. Sebaiknya seimbangkan porsi makan dan hindari makan secara berlebihan pada saat berbuka puasa. Anda bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa makanan mengenyangkan yang cocok dikonsumsi saat sahur agar lebih kuat berpuasa sepanjang hari.

3. Hindari Makanan Pedas Berlemak dan Manis


Hindari Makanan Pedas Berlemak dan Manis

Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari agar tetap aman berpuasa saat hamil. Di antaranya adalah makanan pedas dan berlemak yang bisa menimbulkan dampak buruk pada kondisi tubuh. Makanan pedas dapat mempengaruhi perubahan hormon, menimbulkan rasa mulas serta memicu rasa mual dan muntah. Sedangkan makanan berlemak dapat mempengaruhi daya tahan tubuh ibu dan janin yang dikandungnya. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang kaya akan karbohidrat berkualitas tinggi.

Selain itu, sebaiknya hindari juga makanan yang terlalu manis. Perlu diketahui bahwa makanan manis dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Kondisi ini akan membuat ibu hamil merasa pusing bahkan pingsan jika kadar gulanya terlalu banyak.

4. Minum Susu Kehamilan dan Konsumsi Vitamin


Minum Susu Kehamilan dan Konsumsi Vitamin

Selama berpuasa, jangan lewatkan untuk meminum susu kehamilan yang bermanfaat baik untuk perkembangan janin dan mengurangi risiko anemia pada ibu hamil. Jika biasanya Anda meminumnya saat pagi dan malam, saat berpuasa konsumsilah susu tersebut pada waktu sahur dan berbuka.

Selain itu, sebaiknya konsumsi juga vitamin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil selama berpuasa. Tapi ingat, sebaiknya berkonsultasi dulu pada dokter Anda untuk memutuskan vitamin apa yang tepat untuk dikonsumsi. Jangan mengkonsumsi sembarang vitamin karena takutnya malah akan membahayakan kesehatan Anda dan janin.

5. Kelola Stres dengan Baik


Kelola Stres dengan Baik

Penelitian menunjukkan bahwa kadar kortisol atau hormon penyebab stres pada ibu hamil lebih tinggi daripada orang dalam kondisi normal. Jika stres tidak dikelola dengan baik, maka kesehatan ibu dan janinnya akan terganggu. Beberapa masalah akan muncul, seperti gangguan mental pada janin di kemudian hari, berdampak pada tumbuh kembang janin dan berkurangnya pasokan oksigen untuk janin.

Karena itulah penting bagi ibu hamil untuk mengelola stresnya dengan baik, termasuk pada saat berpuasa. Fokuslah untuk melakukan kegiatan yang tidak terlalu membebani pikiran, hibur diri Anda sebanyak mungkin misal dengan melakukan hobi hingga curhat dengan orang terdekat. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa meningkatkan mood ini saat sahur dan berbuka.

6. Melakukan Aktivitas Sewajarnya


Melakukan Aktivitas Sewajarnya

Jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga, Anda mungkin tidak bisa lepas dari berbagai tugas rumah. Karena itulah memutuskan berpuasa saat hamil bukan hal yang mudah dilakukan. Sebab Anda tetap harus membersihkan rumah, mengurus keperluan suami, memasak dan masih banyak lagi. Apalagi saat hamil ada banyak perubahan atau gejala yang terkadang cukup mengganggu.

Karena itulah penting untuk mengontrol aktivitas harian agar Anda tidak sampai kelelahan selama berpuasa dalam kondisi hamil. Jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat karena bisa memicu stres. Lakukan aktivitas sewajarnya saja, berhentilah jika Anda sudah merasa kelelahan dan minta pengertian suami demi kesehatan Anda dan janin.

7. Istirahat yang Cukup


Istirahat yang Cukup

Perhatikan juga waktu istirahat Anda jika ingin berpuasa dengan lancar meski tengah mengandung. Kurangi aktivitas Anda dan simpan energi dengan beristirahat. Sebaiknya Anda tidur lebih awal setelah melaksanakan ibadah salat Isya' atau tarawih karena Anda harus bangun lebih dini untuk makan sahur.

Jika Anda tidak bekerja, sebaiknya jangan lewatkan tidur siang untuk mengganti kebutuhan tidur yang kurang di malam hari. Selain itu, usahakan untuk merencanakan aktivitas harian Anda dengan mencantumkan jadwal istirahat di jam-jam tertentu. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan waktu tidur yang teratur dan bisa menjalani puasa dengan lancar.

8. Jangan Paksakan Diri dan Ketahui Waktu Untuk Berhenti Puasa


Jangan Paksakan Diri dan Ketahui Waktu Untuk Berhenti Puasa

Tips berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah soal waktu kapan harus berhenti berpuasa. Jangan paksakan diri untuk tetap berpuasa saat Anda mengalami berbagai gangguan seperti muntah lebih dari 3 kali, mengalami diare yang disertai rasa mulas dan melilit, mimisan, lemas, pusing, muncul keringat berlebih hingga dehidrasi. Jika mengalami berbagai kondisi tersebut, pilihan terbaik adalah membatalkannya saja untuk menjaga kesehatan Anda dan janin di kandungan.

Demikian delapan tips berpuasa bagi ibu hamil yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips berpuasa bagi ibu menyusui. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa cara mencegah asam lambung naik saat berpuasa.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru