Jangan Makan Berlebihan, Ikuti 8 Tips Ini Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar Saat Lebaran
Reuters/Kholood
Health
Idul Fitri 2020

Saat lebaran, ada banyak orang yang makan secara berlebihan yang tentunya bisa berpengaruh buruk pada kesehatan. Karena itu, penting bagi kita untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dengan beberapa tips berikut ini.

WowKeren - Lebaran menjadi momen yang paling dinanti setelah berpuasa selama sebulan penuh. Untuk merayakan lebaran, biasanya keluarga di rumah menyediakan berbagai macam makanan yang lezat dan nikmat. Mulai dari makanan berat seperti ketupat dan opor ayam, hingga camilan ringan dan berbagai minuman manis.

Karena banyaknya makanan yang disediakan, tidak sedikit dari kita yang kalap dan makan secara berlebihan di Hari Raya Idul Fitri. Padahal tindakan ini tidak sepenuhnya tepat. Pasalnya saat puasa, metabolisme tubuh mendapat jeda dan kembali ke sistem semula. Karena itulah penting bagi kita untuk menjaga pola makan saat hari raya tiba, bukannya balas dendam dan makan secara berlebihan.

Nah agar tetap sehat di Hari Raya Idul Fitri, ada beberapa tips yang sebaiknya kamu lakukan. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Jangan Makan Berlebihan


Jangan Makan Berlebihan
123rf/Evgeny Atamanenko

Tips pertama yang harus kamu perhatikan agar tetap sehat saat lebaran adalah dengan mengkonsumsi makanan sewajarnya. Makanan lezat yang banyak tersedia di meja memang menggoda, namun kamu harus ingat jika makan dengan porsi berlebih bisa membuat tubuh jadi tidak sehat.

Karena itu, usahakan untuk makan saat lapar dan berhenti saat kenyang. Ambil makanan secukupnya dan jangan lupa untuk minum air putih. Jika kebetulan kamu sedang berkunjung ke rumah saudara, tak ada salahnya untuk makan dengan porsi kecil. Ambil saja 2-3 suap agar tidak sampai mengecewakan tuan rumah.

2. Perhatikan Asupan Gula dan Lemak


Perhatikan Asupan Gula dan Lemak
Shutterstock/Margouillat

Selain tidak makan secara berlebihan, kamu juga harus memperhatikan asupan gula dan lemak. Saat lebaran kita sering menemui camilan manis serta makanan yang bersantan dan berlemak. Jenis makanan ini memang menggoda, namun kamu juga harus bijak dalam mengkonsumsinya.

Aneka makanan manis memang lezat, namun kadar gulanya cukup tinggi. Begitupun dengan makanan bersantan dan berminyak yang bisa membuat kalori dan kolesterol dalam tubuh meningkat tajam. Karena itu, usahakan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak makanan manis dan berminyak agar tetap sehat saat lebaran.

3. Jangan Lupa Konsumsi Buah dan Sayur


Jangan Lupa Konsumsi Buah dan Sayur

Tidak sedikit orang yang melupakan konsumsi buah dan sayur karena terlalu banyak makan makanan manis dan berlemak saat lebaran. Padahal tubuh kita juga membutuhkan asupan serat yang akan mengimbangi kolesterol dan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, konsumsi serat juga bisa menanggulangi lemak yang menumpuk di tubuh.

Maka dari itu, sebaiknya masukkan sayur-sayuran ke dalam menu utama makan siang dan malam. Sedangkan buah bisa kamu gunakan sebagai pengganti snack saat sedang merasa lapar. Selain itu, perbanyak juga konsumsi oatmeal, roti gandum dan juga nasi merah agar kebutuhan serat senantiasa terpenuhi.

4. Perbanyak Minum Air Putih


Perbanyak Minum Air Putih

Saat puasa, tubuh cenderung tidak terhidrasi dengan baik. Karena itu, pastikan untuk minum banyak air saat lebaran tiba. Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sebanyak delapan gelas setiap harinya untuk mengembalikan kelembapan tubuh.

Di samping air putih, kamu juga bisa mengimbanginya dengan infused water yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Selain itu, sebaiknya hindari konsumsi soft drink dan minuman manis secara berlebihan. Hal ini dikarenakan kandungan gula di dalamnya dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes hingga serangan jantung.

5. Konsumsi Probiotik


Konsumsi Probiotik

Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi probiotik agar tubuh tetap sehat saat lebaran. Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat mendukung sistem pencernaan, sistem kekebalan tubuh serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, probiotik juga berguna untuk menyehatkan usus manusia.

Ada beberapa makanan sehat yang tinggi akan probiotik. Di antaranya adalah yoghurt, kimchi, asinan kubis, acar, teh jamur, tempe hingga miso. Perlu diketahui bahwa makanan probiotik merupakan pilihan yang lebih baik daripada suplemen yang mungkin hanya mengandung lebih sedikit probiotik.

6. Konsumsi Penawar Lemak


Konsumsi Penawar Lemak

Pada dasarnya lemak dibutuhkan oleh tubuh karena ia menyumbangkan energi sebesar 9 kalori per gram. Selain itu, lemak juga berperan dalam melarutkan vitamin A, D, E dan K serta menyediakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Namun, lemak bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan kematian akibat jantung koroner.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, saat lebaran kita cenderung mengkonsumsi banyak makanan berlemak. Karena itu, sebaiknya siasati dengan mengkonsumsi makanan penawar lemak. Di antaranya adalah jus jeruk, kopi hitam, teh hijau, air lemon, oatmeal hingga alpukat karena dapat menetralisir lemak dalam tubuh.

7. Lakukan Aktivitas dan Olahraga Ringan


Lakukan Aktivitas dan Olahraga Ringan

Setelah mengkonsumsi banyak makanan, sebaiknya jangan langsung tidur atau bermalas-malasan ya. Agar tetap sehat, lakukan berbagai aktivitas ringan seperti berjalan-jalan di halaman rumah, bermain dengan keponakan atau membantu membersihkan rumah yang berantakan. Usahakan untuk terus aktif bergerak karena sangat bermanfaat dalam membakar kalori dalam tubuh.

Selain itu, usahakan juga untuk melakukan olahraga ringan di pagi atau sore hari. Kamu bisa sekedar melakukan yoga, senam aerobik hingga sit up di dalam rumah. Dengan begitu, metabolisme tubuh bisa berjalan dengan semestinya dan lemak tidak semakin menumpuk.

8. Istirahat yang Cukup


Istirahat yang Cukup

Pola makan yang sehat akan sia-sia saja jika tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup. Tidak dapat dipungkiri jika tenaga kita akan banyak terkuras saat lebaran. Namun kamu mungkin melupakan rasa lelahnya karena bahagia bisa berkumpul dengan keluarga.

Agar tubuh tetap sehat dan tidak sampai drop, usahakan untuk memenuhi kebutuhan istirahat selama 6-8 jam per hari. Jangan terlalu sering begadang dan jika memungkinkan, curi waktu untuk tidur di siang hari agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Demikian delapan tips agar tubuh tetap sehat saat lebaran. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan lezat dan nikmat yang cocok disantap bersama keluarga saat lebaran. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kue kering yang populer saat lebaran.



You can share this post!


Related Posts