Ada Maudy Ayunda, Deretan Artis Ini Sukses Jadi Penulis Sampai Terbitkan Lebih Dari Satu Judul Buku
Instagram/maudyayunda
Selebriti

Ternyata, banyak artis Tanah Air yang mengepakkan sayapnya sampai ke dunia penulisan buku. Selain Maudy Ayunda, berikut ini deretan artis yang sukses terbitkan lebih dari satu judul buku!

WowKeren - Menjadi seseorang yang sibuk melanglang buana di dunia hiburan rupanya tak menghalangi langkah para artis untuk terus produktif. Selain aktif di layar kaca dan layar lebar, beberapa artis juga memutuskan untuk melebarkan sayap hingga ke dunia tarik suara dan mencoba menjadi konten kreator.

Selain dunia tarik suara dan konten kreator, para artis juga mulai mencoba mengekspresikan kemampuannya di bidang lain. Masih termasuk dalam dunia kreatif, beberapa memilih menjajal menjadi seorang penulis buku. Bahkan, ada yang sampai sukses dan memiliki lebih dari satu judul buku.


Salah satu artis Indonesia yang dikenal aktif menulis buku adalah Maudy Ayunda. Dikenal lewat beragam prestasi di dunia seni peran, Maudy juga berhasil membuktikan eksistensi sebagai seorang penulis buku.

Tak hanya Maudy Ayunda, melalui artikel ini, tim WowKeren secara khusus merangkum beberapa artis-artis Indonesia yang sukses jadi penulis dengan menerbitkan lebih dari satu judul buku. Siapa saja? Intip artikel selengkapnya berikut ini.

(wk/yoan)

1. Maudy Ayunda


Maudy Ayunda
Instagram/maudyayunda

Dikenal sebagai artis yang multitalenta, wanita bernama asli Ayunda Faza Maudya ini ternyata sudah menggeluti dunia penulisan buku sejak berusia 10 tahun. Pada tahun 2005 silam, Maudy Ayunda debut dengan buku kumpulan dongeng satwa bertajuk "A Forest of Fables".

Setelah lama vakum dalam dunia penulisan buku, baru pada tahun 2018 Maudy Ayunda akhirnya meluncurkan karya keduanya. Berjudul "#Dear Tomorrow: Notes to My Future Self", karya artis yang kini berusia 27 tahun ini bergenre self improvement yang ditulis berbahasa Inggris.

Di sisi lain, kecintaan Maudy pada dongeng rupanya tak pernah surut. Terbukti, ia akhirnya menerbitkan buku cerita anak bertajuk "Kina's Story". Hingga kini, buku yang pertama kali terbit pada 2019 lalu ini sudah memiliki seri berjudul "Kina's Story: Kina and Her Fluffy Bunny" dan "Kina's Story: Kina Makes a New Friend".

2. Prilly Latuconsina


Prilly Latuconsina
Instagram/prillylatuconsina96

Ditengah kesibukannya, Prilly Latuconsina ternyata juga aktif sebagai penulis. Pada tahun 2017 lalu, Prilly debut sebagai penulis setelah merilis buku pertamanya yang berjudul "5 Detik dan Rasa Rindu". Dalam buku ini, ia menuangkan beberapa kumpulan puisi tulisannya.

Kecintaan Prilly pada puisi pun membuat dirinya kembali melahirkan buku kumpulan puisi berikutnya. Diterbitkan pada tahun 2020 lalu, antologi bertajuk "Ruang Tengah Ingatan" ini berisi puisi-puisi personal Prilly yang belum pernah ditunjukkan kepada siapapun.

Tak hanya kumpulan puisi, wanita yang kini berusia 26 tahun ini juga sempat merilis sebuah novel pada tahun 2018 silam. Berjudul "Fatamorgana", novel karya Prilly ini berkisah tentang kisah cinta Via yang harus merelakan perasaan cintanya pada Gana.

3. Ayudia Bing Slamet


Ayudia Bing Slamet
Instagram/ayudiac

Memiliki kisah asmara yang menarik, Ayudia Bing Slamet bersama sang suami, Ditto Percussion pun menuangkan perjalanan cinta mereka dalam sebuah buku. Diberi judul "#TemanTapiMenikah", buku yang pertama kali terbit pada tahun 2016 ini pun banyak menyita perhatian.

Tak puas sampai di situ, Ayudia pun kembali merilis buku sekuel dengan judul "#TemanTapiMenikah 2". Berbeda dengan buku pertama yang mengisahkan tentang perjalanan dirinya dan sang suami sampai ke jenjang pernikahan, buku kedua Ayudia ini banyak bercerita kehidupan pasca pernikahan.

Menariknya kisah asmara Ayudia yang ia tuliskan dalam buku "#TemanTapiMenikah" ini akhirnya diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul yang sama. Dibintangi Vanesha Prescilla dan Adipati Dolken, film #TemanTapiMenikah sudah sukses mewarnai bioskop kesayangan pada tahun 2018 lalu.

4. Natasha Riski


Natasha Riski
Instagram/natasharizkynew

Mengawali kariernya di bidang akting, Natasha Rizki ternyata juga aktif sebagai penulis. Baru-baru ini, istri dari presenter Desta ini bahkan merilis buku keduanya yang bertajuk "Catatan Kronik". Dalam buku ini, Natasha menuliskan ragam puisi tentang kehidupan serta instropeksi diri.

Tak hanya sekedar puisi, Natasha juga melengkapi isi bukunya dengan catatan aktivitas. Catatan aktivitas ini dikemas sedemikian rupa dalam bentuk jurnal untuk keseharian. Sebagai pendukung, "Catatan Kronik" juga dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi yang menarik.

Sebelum sukses dengan "Catatan Kronik", wanita yang kini berusia 28 tahun ini terlebih dahulu menerbitkan buku berjudul "Katanya Nikah Mudah". Pada buku yang sudah diterbitkan di tahun 2018 ini, Natasha banyak berbagi pengalaman serta suka dukanya menjalankan pernikahan di usia yang terbilang muda.

5. Oki Setiana Dewi


Oki Setiana Dewi
Instagram/okisetianadewi

Oki Setiana Dewi mulai dikenal publik sejak debut sebagai aktris dalam film "Ketika Cinta Bertasbih" pada 2009 silam. Selanjutnya, sederet judul film hingga sinetron bertema religi juga sempat dibintanginya. Namun, tak banyak yang tahu bahwa kakak kandung Ria Ricis ini ternyata punya segudang judul buku yang sudah diterbitkan, lho.

Aktif menerbitkan buku sejak tahun 2011, Oki mulai menulis catatan pengalaman hijrahnya dengan judul "Melukis Pelangi". Di tahun selanjutnya, ia pun secara produktif merilis dua judul buku religi yakni "Cahaya Di Atas Cahaya" dan "Sejuta Pelangi". Tak berhenti sampai di situ, pada tahun 2013 dan 2014 wanita yang kerap disapa ustazah ini juga pernah menerbitkan buku berjudul "Hijab, I'm In Love" dan "Dekapan Kematian".

Sempat absen menerbitkan buku selama beberapa waktu, Oki akhirnya kembali meluncurkan karya teranyarnya. Pada tahun 2018, ia akhirnya bisa menerbitkan buku kembali dengan judul "Sebentang Kearifan Dari Barat". Dalam buku ini, Oki menuliskan bagaimana Islam dipandang di negara-negara yang pernah dikunjunginya.

6. Mona Ratuliu


Mona Ratuliu
Instagram/monaratuliu

Artis Indonesia selanjutnya yang juga sukses menjadi seorang penulis buku adalah Mona Ratuliu. Wanita bernama asli Margaretha Veronica Ratuliu ini memular karier kepenulisannya sejak 2015 lalu. Berkisah tentang pengalamannya saat awal-awal menjadi orangtua, Mona menuliskannya dalam buku bertajuk "ParenThink".

Tak hanya berbagi seputar pengalaman, dalam “ParenThink” Mona juga menyisipkan beragam tips dan dan trik bagi para orangtua. Seperti belajar untuk kecewa, memilih, berjuang, bersepakat hingga mengambil keputusan yang rasional dan terbaik.

Setelah sukses dengan buku pertama, di tahun selanjutnya Mona merilis buku kedua yang berjudul "Digital ParenThink". Masih seputar dunia orangtua, buku yang pertama kali terbit tahun 2017 ini berisi pengalaman serta tips dan trik mengasuh anak-anak dengan memanfaatkan internet secara positif.

7. Nadine Chandrawinata


Nadine Chandrawinata
Instagram/nadinelist

Nadine Chandrawinata pertama kali dikenal publik setelah memenangkan ajang Putri Indonesia 2005. Melanjutkan karier sebagai aktris dan model, tak banyak yang tahu jika wanita kelahiran 1984 ini juga sempat produktif terbitkan beberapa judul buku. Judul buku pertamanya adalah "Diary of Nadine Chandrawinata: Pantaskah Aku Mengeluh" yang terbit pada tahun 2007 silam.

Tak hanya itu saja, di sekitar tahun 2008-2009, Nadine kembali membuktikan eksistensinya di dunia kepenulisan dengan menerbitkan buku kedua bertajuk "Nadine: Labour of Love". Dalam buku ini, ia banyak menceritakan tentang keindahan alam bawah laut di Bali dan Bunaken.

Sempat vakum beberapa lama dari dunia penulisan, Nadine akhirnya kembali merilis buku ketiganya di tahun 2012 lalu. Buku berjudul "Nadrenaline" ini berisi pengalaman dan suka dukanya saat tengah melakukan perjalanan ke Gunung Everest.

8. Happy Salma


Happy Salma
Instagram/happysalma

Baru-baru ini, Happy Salma meluncurkan buku cerita anak pertamanya yang berjudul "Cerita Kina". Berkisah tentang cerita seorang gadis kecil bernama Kina, buku ini didukung dengan ilustrasi-ilustrasi gambar yang menarik.

Sebelum menulis buku cerita anak, sebelumnya Happy Salma sudah pernah menuliskan buku berjudul "Pulang" pada tahun 2006 silam. Tak berhenti hanya sampai di situ, Happy juga sempat bekerjasama dengan penulis novel kondang Pidi Baiq berjudul "Hanya Salju dan Pisau Batu" di tahun 2010. Pada tahun 2015, Happy juga sempat menulis buku biografi kreatif berjudul "The Warrior Daughter: Biografi Kreatif Desak Nyoman Suarti".

Nah, itu tadi beberapa artis yang ternyata sudah sukses jadi penulis dengan menerbitkan lebih dari satu buku. Dari semua buku tersebut, ada buku yang sudah kalian baca belum nih?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait