6 Cara Menghindari Konsumsi Gula Berlebihan untuk Penderita Diabetes
Health

Ada banyak cara bagi penderita diabetes untuk tidak harus sepenuhnya menghindari gula, ketahui di sini.

WowKeren - Penyakit diabetes melitus atau diabetes merupakan sebuah penyakit yang kerap dikaitkan dengan konsumsi gula. Beberapa tanda-tandanya termasuk gula darah yang meningkat drastis atau jauh di atas normal. Oleh karena itu, banyak orang mencoba menghindari gula sepenuhnya jika sudah terserang diabetes.

Menjadi sumber energi utama pada manusia, gula sebenarnya tidak bisa dihindari sepenuhnya. Ya, meskipun kamu terserang diabetes. Lantas, seberapa banyak jumlah gula yang bisa dikonsumsi oleh para penderita diabetes?


Dilansir dari Hello Sehat, jumlah konsumsi gula yang disarankan oleh Kementrian Republik Indonesia untuk penderita diabetes adalah 50 gram gula. Hal ini setara dengan 4 sendok makan gula saja per hari.

Kendati demikian, menghindari gula sepenuhnya tentu saja bukan hal yang mudah. Namun, beberapa cara ini bisa coba diterapkan. Selain itu, ada juga lho beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk pengganti gula.

(wk/silm)

1. Mengetahui Makanan-Makanan dengan Kandungan Gula Terselubung


Mengetahui Makanan-Makanan dengan Kandungan Gula Terselubung

Ada beberapa makanan yang sepertinya tidak mengandung gula, namun justru memiliki jumlah gula yang berlebihan. Makanan-makanan tersebut tampaknya ada pada produk-produk olahan. Untuk menghindari konsumsi gula yang berlebihan, para penderita diabetes harus mengenali betul beberapa produk dengan kandungan gula yang terselubung ini.

Banyak produk-produk olahan yang harus kamu waspadai keberadaannya. Produk-produk seperti sereal, roti, protein bar, yogurt, saus tomat, buah kering, bahkan minuman rendah kalori pun harus kamu waspadai. Meski terlihat tak banyak mengandung gula atau bahkan terasa manis, kandungan gula dalam produk-produk tersebut cukup membahayakan jika banyak dikonsumsi penderita diabetes.

2. Batasi Jumlah Konsumsi Nasi dan Karbohidrat Lain


Batasi Jumlah Konsumsi Nasi dan Karbohidrat Lain

Hal lain yang harus segera kamu lakukan untuk mengakali jumlah konsumsi gula agar tak berlebihan adalah dengan jalan mengurangi jumlah konsumsi nasi. Selain nasi, makanan-makanan yang mengandung karbohidrat lainnya juga harus diperhatikan.

Menghilangkan nasi dari menu makanan mungkin menjadi hal yang susah, terutama mungkin bagi orang Indonesia. Nasi yang menjadi makanan pokok ini seolah sudah menjadi kewajiban hadir di setiap kali makan.

Namun, bagi para penderita diabetes, nasi putih yang biasa dikonsumsi bisa diganti dengan nasi yang berasal dari beras merah. Selain itu, pilihan oatmeal juga bisa dimasukkan dalam daftar makanan sehari-hari.

3. Buat Trik untuk Tetap Bisa Mengonsumsi Makanan Favorit


Buat Trik untuk Tetap Bisa Mengonsumsi Makanan Favorit

Mengurangi jumlah konsumsi gula tak melulu menghentikan makanan favoritmu. Makanan-makanan lezat seperti cokelat, donat dengan gula yang meleleh, atau berbagai kudapan manis lainnya masih bisa kamu konsumsi.

Hanya saja, kamu harus pandai mengatur jadwal konsumsinya. Tetapkan hanya satu hari saja dalam seminggu untukmu menyantap makanan bergula tersebut. Akan tetapi, tetap ingat untuk tidak memakannya dengan berlebihan.

4. Menambahkan Banyak Rempah-Rempah Pada Makanan


Menambahkan Banyak Rempah-Rempah Pada Makanan

Mengurangai konsumsi gula bukan berarti membuat makananmu menjadi terasa hambar. Kamu masih bisa menambahkan beragam rasa lain untuk menutupi rasa manis yang mungkin kurang terasa karena harus dibatasi jumlah konsumsinya tersebut.

Sebagai gantinya, kamu bisa menambahkan beberapa rempah-rempah sebagai bumbu masakan yang kamu konsumsi. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan seperti bubuk kakao atau vanila. Sementara itu, bubuk seperti pala, jahe, dan kayu manis juga bisa kamu tambahkan pada makanan agar terasa lebih sedap. Hal ini juga sekaligus bisa kamu lakukan untuk menghindari konsumsi gula berlebihan tentunya.

5. Lebih Banyak Konsumsi Protein dan Lemak


Lebih Banyak Konsumsi Protein dan Lemak

Mengurangi karbohidrat sebagai sumber gula bisa harus dilakukan bagi para penderita diabetes. Sayangnya, jika kadar gula sudah terlampau rendah dalam darah, bisa jadi rasa lapar juga meningkat secara drastis. Akibatnya, kamu malah mengonsumsi banyak makanan tanpa mempertimbangkan kadar gulanya.

Demi mencegah hal ini, kamu wajib mengombinasi makananmu dengan beberapa yang mengandung protein dan lemak. Kombinasi karbohidrat, protein, serta lemak yang pas akan membantu memperlambat pelepasan gula darah ke dalam tubuh. Kabar baiknya, kamu akan jadi kenyang lebih lama tanpa harus mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang berlebihan.

6. Jangan Berbelanja Saat Perut Lapar


Jangan Berbelanja Saat Perut Lapar

Tips yang satu ini bukan hanya mencegahmu terhindar dari pemborosan belanja, namun juga menghindarkanmu dari konsumsi gula berlebihan. Ya, tidak berbelanja saat lapar adalah salah satu solusi untuk menghindari konsumsi gula berlebihan. Kok bisa?

Berbelanja saat lapar hanya akan membuatmu gusar dan tak terlalu peduli dengan makanan yang kamu pilih. Bisa jadi kamu justru memilih makanan-makakan dengan kandungan yang kurang sehat dan tentunya kaya akan gula. Penelitian sudah membuktikan hal ini. Orang-orang yang berbelanja dalam keadaan lapar disinyalir banyak memilih makanan-makanan dengan kandungan kalori tinggi.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru