9 Kontroversi Paling Heboh 2023 yang Melibatkan Artis Indonesia
Instagram/oklinfia/gitasav
Selebriti

Masyarakat Tanah Air sempat dibuat heboh dengan sejumlah kontroversi yang melibatkan para selebriti. Beberapa di antaranya adalah Keisya Levronka, Gita Savitri, Kiky Saputri, Boy William, Alshad Ahmad, dan masih banyak lagi.

WowKeren - Tinggal menghitung hari, tahun baru 2024 akan segera dimulai. Bila berkilas balik di sepanjang tahun 2023, masyarakat dikejutkan dengan berbagai macam kontroversi yang melibatkan selebriti Tanah Air. Kontroversi para artis ini dipicu karena beragam faktor, mulai dari karier , perilaku sampai opini yang mereka sampaikan kepada publik.

Sejumlah kontroversi artis ini biasanya menjadi perbincangan warganet selama berbulan-bulan. Bahkan ada pula yang mengalami cancel culture akibat kontroversi yang mereka timbulkan. Namun, tak sedikit pula yang mampu bertahan dan kembali bangkit.


Sebut saja, penyanyi cantik Keisya Levronka yang sempat dihujat habis-habisan lantaran dituding tak beretika. Keisya juga kerap disorot karena kualitas suaranya. Meski begitu, penyanyi asal Malang ini menghadapi segala hujatan dengan tegar dan mampu bangkit untuk berkarya lagi.

Selain Keisya, masih ada 8 selebriti lagi yang sempat menuai kontroversi sepanjang tahun 2023. Penasaran siapa saja? Tak perlu khawatir lantaran tim WowKeren telah merangkumnya dalam ulasan berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Childfree Gita Savitri


Childfree Gita Savitri
Instagram/gitasav

Influencer Indonesia yang kini tinggal di Jerman, yakni Gita Savitri sempat menuai kontroversi hebat imbas opininya soal childfree alias keputusan untuk tidak memiliki anak. Gita sekitar bulan Februari 2023 berani terang-terangan mengumumkan ia dan sang suami, Paul Partohap memilih jalan childfree.

YouTuber 31 tahun asal Palembang ini kemudian menjelaskan alasan dirinya mantap tak ingin memiliki momongan. Beberapa alasan yang disampaikan Gita itu kemudian menuai kontroversi hebat. Pasalnya, Gita dinilai seakan menormalisasikan childfree. Narasi yang dibangun oleh Gita juga dianggap seperti mengajak masyarakat untuk mengikuti jejaknya.

Imbas opininya soal childfree itu, Gita mendapat banyak kritikan tajam. Bahkan Gita sempat dituding mandul dan disarankan untuk pergi ke psikiater. Wanita yang pernah mengenyam pendidikan di Berlin ini sampai meradang dan melontarkan balasan tajam untuk netizen. Gita juga sempat kehilangan beberapa pengikut imbas kontroversi childfree itu.

2. Gibahan Boy William & Kiky Saputri Soal Jennie BLACKPINK


Gibahan Boy William & Kiky Saputri Soal Jennie BLACKPINK
YouTube/Kiky Saputri Official

Dua selebriti papan atas Boy William dan Kiky Saputri sempat menuai kontroversi di sepanjang bulan Maret sampai April 2023. Keduanya sempat ramai menuai kritik imbas salah satu konten mereka, di mana Boy dan Kiky bergibah soal penampilan Jennie kala konser BLACKPINK di Indonesia yang digelar 11 dan 12 Maret 2023 lalu.

Kiky dan Boy sepakat menilai jika penampilan Jennie saat konser kurang bersemangat. Jennie juga disebut terlihat lemas, tak seperti penampilan Lisa, Rose, dan Jisoo yang tampak energik. Hal itu diutarakan Boy dan Kiky lantaran keduanya ikut menyaksikan konser BLACKPINK.

Mendapati komentar Boy dan Kiky, banyak fans BLACKPINK dibuat tak senang. Alhasil, dua artis itu ramai dihujat. Bahkan akun Instagram Boy sempat menghilang imbas kontroversi ini. Tak lama, Boy muncul dan meminta maaf atas kegaduhan yang ia timbulkan akibat komentarnya sol Jennie.

3. Kritikan Bad Attitude Keisya Levronka


Kritikan Bad Attitude Keisya Levronka
Instagram/keisyalevronka

Keisya Levronka sempat menjadi perbincangan hangat di jagat dunia maya. Keisya mendapat kritikan hebat imbas sikapnya saat podcast bersama presenter Marlo Randy Ernesto Noya di YouTube Volix Media. Karena sikap dan ucapan Keisya di sana, penyanyi 20 tahun kelahiran Malang itu dituding minim akan attitude.

Serupa dengan Boy William, akun Instagram Keisya juga sempat hilang diduga karena kontroversi yang ia timbulkan. Keisya juga sempat hilang sementara waktu di tengah hebatnya kritikan yang ia terima. Alhasil, akun media sosial ibu dan keluarga Keisya ikut diserbu netter.

Syukur, kontroversi sikap Keisya ini perlahan mulai mereda. Akun Instagram sang penyanyi juga sudah kembali. Keisya kemudian kembali muncul dan merilis sejumlah karya. Ia berhasil membuktikan mampu bangkit meski sudah dicaci oleh banyak orang.

4. Kematian Anak Harimau Alshad Ahmad


Kematian Anak Harimau Alshad Ahmad
Instagram/alshadahmad

Alshad Ahmad sepupu Raffi Ahmad sempat disalahkan usai salah satu anak harimau peliharaannya yang bernama Cenora mati. Alshad dituding tak becus dan dituduh tak layak memelihara salah satu hewan buas yang dilindungi oleh pemerintah. Bahkan nama Alshad sampai trending di Twitter (X) imbas kontroversi tersebut.

Pasalnya, terkuak pula jika Cenora bukanlah satu-satunya anak harimau yang pernah mati di tangan Alshad. Dari pengakuan pria asli Bandung itu, total sudah ada 7 harimau yang mati. Alhasil, pacar Tiara Andini makin mendapat hujatan hebat dari netizen.

Banyak yang menyarankan agar izin Alshad untuk memelihara hewan buas dicabut. Namun, Alshad membantah jika kematian Cenora disebabkan karena kelalaian atau ketidakbecusannya merawat harimau. Ia kemudian membeberkan laporan medis yang menjelaskan secara rinci penyebab kematian Cenora. Sayangnya, Alshad masih saja mengantongi reaksi sinis netizen.

5. Konten Oklin Fia Jilat Es Krim


Konten Oklin Fia Jilat Es Krim
Instagram/oklinfia

Seleb TikTok Oklin Fia sempat menjadi salah satu perbincangan hangat masyarakat Tanah Air sepanjang tahun 2023. Sekitar bulan September 2023, Oklin membuat netizen marah karena konten tak senonoh yang ia bagikan ke media sosial. Oklin dipermasalahkan karena konten jilat makan es krim .

Konten Oklin itu dinilai tak mendidik dan terlalu vulgar. Bahkan banyak pula yang menyebut sikap Oklin itu layaknya bentuk penistaan agama. Beberapa selebriti Tanah Air juga dibuat resah dengan sikap Oklin, seperti Abidzar Al-Ghifari, Marissya Icha, Fairuz A. Rafiq, Pipik Dian Irawati, dan masih banyak lagi.

Karena kontennya itu, Oklin sampai dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri. Selebgram berkerudung itu lantas ketakutan dan sempat menghilang sementara waktu. Tak lama, Oklin muncul didampingi pengacara guna mengutarakan permintaan maaf secara terbuka kepada publik.

6. Kisruh Farida Nurhan Vs Codeblue


Kisruh Farida Nurhan Vs Codeblue
Instagram/farida.nurhan/YouTube/Codeblu

Sesama food vlogger Farida Nurhan dan Codeblu sempat berseteru imbas kisruh seputar review warung makan milik Nyak Kopsah. Keduanya bahkan terlibat aksi saling sindir di media sosial. Masyarakat akhirnya terpecah belah menjadi kubu Farida dan Codeblu.

Persoalan keduanya makin serius usai Codeblu resmi melaporkan Farida ke polisi. Pasalnya, Codeblu merasa Farida sudah melakukan doxing lantaran menyebarkan identitas aslinya pada publik. Karena perseteruan itu pula, Codeblu memutuskan untuk muncul dan memperlihatkan wajahnya ke publik, usai sebelumnya eksis dengan nama samaran.

Sejauh ini, belum diketahui pasti seperti apa kelanjutan dari kasus Farida dan Codeblu. Pasalnya, pertikaian mereka perlahan mulai anyep dan tak lagi menjadi perbincangan hangat. Namun, Codeblu diketahui sudah berdamai dengan Nyak Kopsah setelah pemilik warung itu murka dengan review jujur yang dilontarkan sang food vlogger.

7. Nominasi FFI 2023 Oscar Lawalata


Nominasi FFI 2023 Oscar Lawalata
Instagram/oscarlawalata

Oscar Lawalata atau kini yang akrab disapa Asha Smara Darra sempat memicu kontroversi usai berhasil dinominasikan sebagai Pemeran Utama Perempuan Terbaik Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023. Kabar ini sontak memunculkan pro kontra di masyarakat, mengingat Asha menjadi satu-satunya transpuan diantara para nominator.

Asha dinominasikan dalam kategori tersebut berkat aktingnya di film "SARA". Reza Rahadian selaku Ketua Komite FFI 2022/2023 sampai angkat bicara imbas banyaknya ketidaksetujuan publik. Ia menegaskan bahwa nominasi tersebut bukanlah ketentuan dari para dewan juri, melainkan merupakan usul dari produser film itu sendiri.

Usai menuai kontroversi, Asha tetap gagal membawa pulang piala FFI 2023 pertamanya untuk kategori Pemeran Utama Perempuan. Meski begitu, Asha menerima kekalahannya dengan lapang dada. Kakak Mario Lawalata ini justru menyampaikan pesan bijak yang berisi ajakan untuk melawan stigma sosial dan penghakiman yang sempat menyerangnya karena ia dinominasikan untuk kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik, padahal dirinya seorang transpuan.

8. Tudingan Artis Pro Israel


Tudingan Artis Pro Israel
Pexels/cottonbro studio

Dunia belakangan ini dibuat miris dengan perang antara Israel dan Palestina. Namun, mayoritas penduduk dunia menunjukkan dukungan ke Palestina lantaran aksi Israel disebut sudah terlalu kejam. Yang mana, ribuan nyawa orang, bahkan akan kecil melayang karena sikap keji mereka.

Meski begitu, beberapa orang masih berpihak pada Israel. Sejumlah selebriti bahkan dihujat imbas dikira pro pada Israel. Hal itu juga yang dirasakan oleh beberapa artis Indonesia. Raline Shah menjadi salah satu selebriti Tanah Air yang sempat dihujat lantaran disangka bersikap netral, dengan tidak memperlihatkan dukungan untuk Palestina.

Tak cuman Raline, aktris Felicya Angelista juga terkena amuk netizen usai disangka lebih pro ke Israel. Felicya sampai muncul sambil menangis saat mengutarakan klarifikasi serta permintaan maafnya. Selain Raline dan Felicya, Tara Budiman juga membuat publik geram usai dikira pro pada Israel karena terciduk menyukai postingan milik Gal Gadot.

9. Tuduhan MCI 11 Settingan


Tuduhan MCI 11 Settingan
Instagram/masterchefina

Kemenangan “MasterChef Indonesiaseason 11 sempat menuai kontroversi hebat. Pasalnya, keluarnya finalis bernama Belinda sebagai juara “MCI” 11 sempat mengejutkan publik. Hal itu lantaran lawan Belinda, Kiki dinilai lebih layak menang. Alhasil, muncullah tudingan jika “MCI” hanyalah settingan.

Masyarakat juga menyoroti juara “MCI” musim pertama sampai 11 yang dinilai selalu berasal dari finalis keturunan Chindo. Netter pun makin curiga jika ajang pencarian bakat memasak ini tidaklah adil. Bahkan kredibilitas ketiga juri “MCI”, yakni Chef Juna, Chef Arnold, dan Renatta Moeloek sempat diragukan.

Mendapati banyaknya tudingan miring soal “MCI”, Chef Juna sampai ikut angkat bicara. Ia memastikan jika tak ada settingan dalam acara “MCI”. Chef Juna juga membantah jika ia dan kedua juri yang lain didikte oleh tim acara “MCI”. Juna menegaskan bahwa tidak ada namanya pemenang direncanakan seperti yang dituduhkan publik kepadanya dan pihak “MCI”.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait